Suka Mabuk Saat Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Trik Jitu Ini

Suka Mabuk Saat Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Trik Jitu Ini

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, selama pandemi Covid-19, aktivitas berlibur menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan setelah keseharianmu dipenuhi dengan kegiatan bekerja. Apakah kamu setuju? Ya, tentu saja kegiatan tersebut terasa seru dan menyenangkan, ya.

Mencapai destinasi liburan pun bisa ditempuh dengan berbagai cara, termasuk pesawat – yang sering menjadi pilihan banyak orang. Memang, pesawat terasa lebih nyaman dan cepat, namun bagaimana kalau mengalami mabuk perjalanan ketika menggunakan transportasi tersebut?

Biar tak lagi mabuk ketika naik pesawat, ada 5 trik jitu yang bisa dilakukan. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

#1 – Makan Sebelum Berangkat

Suka Mabuk Saat Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Trik Jitu Ini

Credit Image - theconversation.com

Menjaga kondisi perut tetap terisi sebelum berangkat dapat mencegah kamu terkena mabuk saat naik pesawat. Perut yang terisi membuat nyaman dan mengurangi gejala mabuk saat perjalanan udara. Jadi, jangan lewatkan tips yang satu ini!

Pilih makanan ringan, seperti buah atau sayur. Hindari pula makan makanan dengan karbohidrat atau kadar gula tinggi karena dapat meningkatkan adrenalin sehingga memicu mual dan pusing saat perjalanan.

 

#2 – Hindari Membaca Selama Perjalanan

Apakah kamu termasuk yang gemar membaca selama perjalanan? Wah, coba hentikan kebiasaan yang satu ini. Membaca buku atau media sosial dapat memperparah gejala mabuk saat naik pesawat. Ini terjadi karena adanya gerakan-gerakan kecil selama pesawat berada di udara.

Perbedaan fokus antara otak dan tubuh menimbulkan reaksi pusing yang kamu rasakan selama perjalanan udara. Untuk mengurangi gejala ini, kamu bisa mengalihkan perhatianmu dengan melihat pemandangan di luar jendela.

 

#3 – Sedia Jajanan Ringan

Suka Mabuk Saat Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Trik Jitu Ini

Credit Image - eatingglutenanddairyfree.com

Jajanan atau makanan kecil dapat membantu mengurangi kemungkinan mabuk saat perjalanan udara. Dengan memakan jajanan, tubuh kamu akan melakukan gerakan mengunyah yang membantu tubuh lebih rileks.

Sebagai pilihan, kamu bisa mengonsumsi jajanan dengan rasa mint – atau segar yang dipercaya mengurangi gejala mabuk lebih baik. Salah satu jajanan yang mudah dibawa adalah permen. Selalu sedia di dalam sakumu, ya.

 

#4 – Pilih Tempat Duduk yang Nyaman

Pemilihan tempat duduk juga berpengaruh untuk menghindari mabuk saat naik pesawat. Tempat duduk di dekat jendela membuatmu bisa melihat pemandangan, namun kamu juga dapat merasakan lebih jelas gerakan pesawat.

Sebaliknya, tempat duduk pada bagian tengah cenderung lebih stabil, namun kamu tidak bisa melihat ke luar jendela. Intinya, pilihlah tempat duduk yang sesuai kebutuhan agar perjalanan udaramu semakin nyaman.

 

#5 – Istirahat Selama Perjalanan

Suka Mabuk Saat Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Trik Jitu Ini

Credit Image - bbc.com

Untuk menghindari gejala mabuk seperti mual dan pusing, kamu bisa coba untuk rileks selama perjalanan. Istirahat terbukti ampuh untuk menghilangkan gejala mabuk karena tubuh akan berada dalam kondisi tenang selama perjalanan.

Tidur dalam perjalanan udara memang tak mudah bagi sebagain orang. Namun, kalau kamu punya mabuk akut saat perjalanan udara, tidur bisa jadi jalan keluar yang tepat, lho.

 

Jadi, itulah kelima tips jitu mengurangi rasa mabuk ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Jika kamu akan segera bepergian dengan transportasi udara, yuk coba sejumlah langkah di atas!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!