Deretan Ciri Pemimpin yang Baik, Kamu Sudah Memilikinya Belum?

Deretan Ciri Pemimpin yang Baik, Kamu Sudah Memilikinya Belum?

font size A Ǎ

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi sosok pemimpin. Kalau sudah tiba waktunya untukmu, maka kamu sebaiknya sudah memiliki sejumlah ciri-ciri pemimpin yang baik, lho.

Memangnya, apa pentingnya menjadi sosok pemimpin yang baik? Jangan salah, hal tersebut bisa memberikan banyak manfaat, termasuk anggota tim yang menjadikanmu sebagai teladan. Jadi, mereka pun punya seseorang yang bisa dicontoh.

Dengan menjadi pemimpin yang baik, kinerja anggota tim juga dapat semakin maksimal, sehingga bisa mencapai hasil pekerjaan yang optimal pula. Lalu, sudah menjadi pemimpin yang baik? Ini bisa dilihat dari 6 ciri-ciri berikut, ya.

Yuk, simak informasinya, jangan sampai ada yang terlewat, Enervoners!

 

 

Mampu Mengatasi Masalah

Deretan Ciri Pemimpin yang Baik, Kamu Sudah Memilikinya Belum?

Credit Image - ekrut.com

Perlu diketahui, setiap orang bisa memiliki kinerja yang baik di perusahaan. Namun, ternyata tidak semua orang memiliki kemampuan problem solving – alias mampu memecahkan masalah dengan baik dan maksimal.

Dalam rangka menjadi sosok pemimpin yang baik, maka kamu diharuskan memiliki ciri-ciri yang satu ini, lho. Kamu mesti bisa menganalisis masalah, sekaligus menentukan solusi yang akan dipilih guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

 

Berani Mengambil Risiko

Selanjutnya, ciri-ciri pemimpin yang baik dapat dilihat dari keberaniannya dalam mengambil risiko. Coba pikirkan, apa jadinya kalau sosok pemimpin hanya terus mencari aman saja? Ya, alih-alih berkembang, anggota tim menjadi kurang mengeksplor berbagai pilihan di luar pekerjaan sehari-harinya.

Yang perlu kamu ketahui, padahal dengan berani mengambil risiko, seseorang dapat keluar dari zona nyamannya. Meski tidak mudah dilakukan, namun hal tersebut akan membantu anggota tim – dan dirimu sendiri untuk menemukan hal-hal lainnya.

 

Bersedia Mendengarkan

Deretan Ciri Pemimpin yang Baik, Kamu Sudah Memilikinya Belum?

Credit Image - pintaria.com

Tanggung jawab pemimpin tidak hanya memberikan perintah pada tim – dan berharap mereka semua mendengarkannya, lho. Lebih dari itu, pemimpin yang baik harus mendengarkan pendapat, serta kritik dari orang lain.

Kamu perlu bersedia mendengarkan rekan dan anggota timmu. Siapa tahu pendapat mereka justru lebih baik dari keputusanmu. Benar, kan? Ingatlah, kerja sama tidak hanya dilakukan satu arah dari pimpinan ke anggota saja, namun harus dilakukan secara dua arah.

 

Bersikap Komunikatif

Untuk kamu yang ingin menjadi sosok pemimpin yang baik, maka ciri-ciri yang satu ini pun juga harus dimiliki, lho. Pastikan kamu sudah menjadi seorang yang komunikatif, ya. Tak bisa dipungkiri, komunikasi merupakan aspek terpenting dalam bekerja sama.

Selain itu, kamu juga mesti bisa menyampaikan pesan secara jelas – dan memastikan bahwa pesan tersebut sudah diterima dengan baik oleh anggota tim. Karena, miskomunikasi kerap menjadi salah satu hambatan terbesar dalam bekerja sama. Untuk itu, tak heran kalau komunikasi dianggap sebagai soft skill yang penting.

Nah, buatmu yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasi guna menjadi sosok pemimpin yang baik, silahkan baca tips dari Enervon yang satu ini, ya!

 

Mampu Mengapresiasi Anggota Tim

Deretan Ciri Pemimpin yang Baik, Kamu Sudah Memilikinya Belum?

Credit Image - einsistant.com

Tugas seorang pemimpin tidak berhenti pada menyampaikan pekerjaan pada tim saja. Tetapi, kamu pun perlu membangun tim yang solid. Untuk mencapai hal tersebut, tidak terlalu sulit, lho. Kamu bisa memulainya dengan mengapresiasi kinerja tim.

Memang, memberikan kritik terhadap kinerja anggota tim bukanlah hal yang salah sama sekali, kok. Tapi, jangan sampai kamu melupakan memberi pujian, apresiasi, maupun ungkapan terima kasih atas segala pekerjaan yang sudah mereka lakukan dengan baik, ya.

 

Peduli Terhadap Anggotanya

Menurut hasil studi Gallup, 23% karyawan sering atau selalu merasa burned out saat bekerja. Sementara itu, 44% karyawan lainnya kadang-kadang merasa burned out. Hal ini sering luput dari perhatian pemimpin, lho. Banyak leader yang merasa bahwa karyawannya selalu senang ketika bekerja.

Oleh karena itu, sebagai pemimpin yang baik, kamu perlu memiliki ciri-ciri yang satu ini. Tunjukkan kepedulianmu dengan mereka. Ini dapat mulai dari hal-hal sederhana, seperti menanyakan kabar, mengucapkan selamat ulang tahun, dan menanyakan apakah mereka sudah istirahat.

Memang, melatih menjadi sosok pemimpin yang baik bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, namun agar kegiatan belajar tersebut semakin maksimal, pastikan kamu sudah selalu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang sakit. Ini juga penting biar semakin produktif.

Untuk itu, kamu disarankan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih. Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah keenam ciri-ciri pemimpin yang baik. Jadi, apakah kamu sudah memiliki sejumlah kriteria di atas?

 

 

Featured Image – qubisa.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!