Bagi kamu pecinta makanan pedas, mungkin kamu merasa kurang lengkap jika makan tanpa ditemani dengan cabe atau sambal. Rasa pedas memang memiliki rasa nikmat yang tiada tara. Sayangnya, selain nikmat, makanan pedas juga bisa membuat perut menjadi mulas.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, berikut ini ada tips yang bisa jadi cara ampuh untuk mengurangi efek samping dari makanan pedas.

1. Hindari makan pedas saat perut kosong

Credit: Alodokter

Jika kamu ingin makan makanan pedas, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tersebut saat perut sedang kosong. Perut yang kosong akan kaget jika tiba- tiba diisi dengan makanan pedas. Hal ini akan menyebabkan asam lambung naik dan membuatmu sakit perut. Terutama, jika kamu memiliki gangguan pencernaan.

Dalam beberapa kasus, mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong dapat memperburuk kondisi pencernaanmu, dan akan meningkatkan gangguan pencernaan yang kamu miliki.

2. Perhatikan porsi makan

Credit: Lifestyle Okezone

Untuk sebagian besar orang, makanan pedas bisa membuat selera makannya jadi meningkat. Tidak jarang, hal ini sering membuat banyak orang mengonsumsi makanan pedas dengan kalap tanpa memperhatikan porsi makannya. Bagi kamu yang memiliki riwayat gangguan pencernaan, penting untuk memperhatikan porsi makanmu saat mengonsumsi makanan pedas.

Meski begitu, kamu yang dalam kondisi sehat pun juga tetap harus memperhatikan porsi makan. Karena, segala hal yang berlebihan pasti tidak baik. Itu sebabnya, makanlah secukupnya. Jangan berlebihan atau kekurangan.

3. Hindari makan pedas sebelum tidur

Credit: Hello Sehat

Konsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang bisa mengganggu tidurmu. Hal ini disebabkan karena senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai dapat mempengaruhi tidurmu melalui perubahan suhu tubuh.

Selain itu, makan pedas sebelum tidur juga akan meningkatkan risiko refluks asam lambung di malam hari, karena isi perut akan lebih banyak mengalir ke kerongkongan saat kamu berbaring. Hal ini lah yang akan mengganggu tidurmu.

4. Minum susu

Credit: Benefit Bridge

Senyawa capsaicin dalam cabai dapat mengaktifkan pelepasan zat yang dapat memicu rasa nyeri dan sensasi terbakar di mulut serta pencernaanmu. Sayangnya, air saja tidak bisa mengurangi sensasi pedas dengan baik. Dan sebagai gantinya, cobalah minum susu.

Susu mampu mengikat capsaicin  dan mengeluarkan senyawa penghasil panas dari mulut, sehingga membantu tubuhmu jadi lebih dingin. Minum susu merupakan cara tercepat untuk meredakan kepedasan dan sensasti terbakar yang muncul di mulut.

5. Gosok gigi setelah makan pedas

Credit: Bustle.com

Gosok gigi setelah mengonsumsi makanan pedas tidak hanya ampuh untuk meringankan rasa kepedasan, tapi juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Makanan pedas dapat membuat mulutmu panas dan napas pun jadi tidak segar. Oleh karena itu, jangan biarkan sensasi pedas tersebut mengganggu aktivitasmu.

 

Featured Image - Healthy Eating