Kenali Tiamin, Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh yang Penting Dipenuhi!

Kenali Tiamin, Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh yang Penting Dipenuhi!

font size A Ǎ

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, tentu saja kamu perlu memenuhi sejumlah kebutuhan vitamin dan mineral. Hal ini tidak terlepas dari vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1 – atau tiamin. Sayangnya, vitamin untuk daya tahan tubuh ini seringkali terlewatkan, lho.

Vitamin B1 memiliki manfaat mengubah karbohidrat dari makanan menjadi energi. Dengan energi yang cukup, maka kesehatan tubuh pun tetap terjaga, termasuk sistem imunitas tubuh. Lantas, apa sih manfaat dari vitamin untuk daya tahan tubuh ini?

Berikut 6 di antaranya. Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Menjaga Kekebalan Tubuh

Kenali Tiamin, Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh yang Penting Dipenuhi!

Credit Image - halodoc.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin B1 juga termasuk asupan nutrisi yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho. Namun sayangnya, masih banyak yang sering melewatkan vitamin untuk daya tahan tubuh yang satu ini.

Vitamin B1 pun memiliki manfaat lainnya yang berkaitan dengan sistem imunitas, seperti membantu meringankan berbagai penyakit, mulai dari sariawan, diabetes, penyakit jantung, gangguan penglihatan – salah satunya, glaukoma.

 

#2 – Membantu Membentuk Energi

Makanan yang kamu makan akan dicerna dalam lambung menjadi bentuk yang paling kecil. Setelah itu, barulah usus halus bisa menyerap karbohidrat, lemak, dan protein. Vitamin B1 kemudian membantu mengubah semua zat gizi tersebut menjadi ATP.

ATP – atau adenosin trifosfat, yaitu molekul yang membawa energi ke dalam sel sehingga sel dapat menjalankan fungsinya. Ketika kehabisan ATP, tubuh akan lemas dan tidak berenergi. Ini berarti tubuhmu perlu makanan untuk membuat ATP yang baru.

 

#3 – Menjaga Fungsi Otak

Kenali Tiamin, Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh yang Penting Dipenuhi!

Credit Image - tintahijau.com

Vitamin B1 tampaknya memiliki manfaat untuk memperbaiki fungsi otak, terutama pada penderita penyakit Alzheimer. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Vietnamese American Medical Research Foundation pada tahun 2011 silam.

Penelitian tersebut melaporkan bahwa asupan vitamin B1 dapat meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer. Fungsi kognitif adalah fungsi otak yang mencakup kemampuan berpikir, mengambil keputusan, belajar, dan sejenisnya.

 

#4 – Mengurangi Rasa Stres

Menurut dr. Sherry Ross, seorang spesialis kandungan sekaligus ahli kesehatan wanita di Providence Saint John’s Health Center, AS, asupan tiamin mungkin bisa membantu mengendalikan suasana hati – dan gangguan fisik akibat stres.

Ini sebabnya tiamin sering disebut sebagai vitamin antistres. Dengan asupan vitamin B1 yang cukup, orang yang mudah stres akan terbantu untuk merasa lebih tenang, berpikir positif, dan lebih sanggup melawan stres yang mengganggu pikirannya.

 

#5 – Menjaga Kesehatan Bagi Penderita Penyakit Jantung

Kenali Tiamin, Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh yang Penting Dipenuhi!

Credit Image - health.kompas.com

Penderita penyakit jantung biasanya rutin mengonsumsi pil diuretik untuk mengeluarkan kelebihan air. Namun, obat diuretik juga dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin B1 karena vitamin ini mudah terbuang bersama urin.

Beberapa penelitian kecil menyarankan konsumsi suplemen vitamin B1 guna mengatasi hal ini. Dengan begitu, penderita penyakit jantung yang meminum obat diuretik secara rutin bisa tetap mencukupi kebutuhan tiaminnya sehari-hari.

 

#6 – Mengurangi Risiko Katarak

Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kecukupan vitamin B1 dibarengi zat gizi lainnya bisa menurunkan risiko mata katarak. Orang yang banyak mengonsumsi protein, vitamin A, B1, B2, dan B3 juga memiliki risiko yang lebih rendah lagi.

Para ahli menyebutkan bahwa asupan vitamin C, E, dan B kompleks yang cukup dapat melindungi lensa mata dari kemungkinan mengalami katarak. Pada penderita katarak, lensa memang merupakan bagian mata yang paling terdampak.

Nah, vitamin untuk daya tahan tubuh yang satu ini ternyata punya beragam manfaat lainnya. Kalau begitu, jangan sampai kamu melewatkan asupannya, ya. Vitamin B1 bisa ditemukan dari beragam jenis makanan, namun agar lebih mudah, disarankan pula mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Jadi, itulah keenam manfaat vitamin B1 – yang juga termasuk vitamin untuk daya tahan tubuh. Mulai sekarang, pastikan kamu memperoleh asupan nutrisi yang satu ini!

 

 

Featured Image – magazine.x115.it


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!