Yuk Ketahui Cara Mendidik Anak Yang Baik Di Sini!

Yuk Ketahui Cara Mendidik Anak Yang Baik Di Sini!

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Sebagian orangtua mungkin berpikir bahwa Pendidikan anak hanya didapatkan oleh si kecil saat di sekolah saja. Padahal, pembelajaran yang benar tidak hanya tentang menghafal pelajaran saja seperti yang anak lakukan di sekolah. Belajar merupakan proses menganalisa, bertanya, dan juga mendiskusikan sesuatu secara interaktif.

4 Hal yang harus ditanamkan pada anak

Anak- anak harus diajari perilaku yang baik agar bisa hidup dengan baik di masyarakat ketika mereka tumbuh dewasa nanti. Berikut ini beberapa hal mendasar yang harus kamu tanamkan pada si kecil sejak usia dini, yaitu:

1. Cinta

Yuk Ketahui Cara Mendidik Anak Yang Baik Di Sini!

Credit: Popmama

Orangtua cenderung berpikir bahwa anak- anak secara alami bisa mencintai, bersikap murah hari, dan penuh kasih sayang. Hal ini memang benar, tetapi sebagai orangtua kamu juga harus tetap mengajarinya. Biarkan si kecil melihatmu menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada orang- orang yang ada di dalam lingkunganmu.

2. Kejujuran

Yuk Ketahui Cara Mendidik Anak Yang Baik Di Sini!

Credit: Orami Parenting

Nilai kejujuran penting kamu ajarkan pada anak. Cara terbaik untuk mengajarkannya yaitu dengan menjadi orang yang jujur. Biarkan ia mengetahui sikap jujurmu, baik pada pasangan, tetangga, atau orang dewasa lainnya. Dan kamu juga bisa membantu anak untuk mengatakan sesuatu hal dengan jujur, sehingga nantinya ia akan terdorong untuk selalu berkata jujur.

3. Keadilan

Yuk Ketahui Cara Mendidik Anak Yang Baik Di Sini!

Credit: Orami Parenting

Ketika anak iri pada mainan temannya sehingga merusak mainan tersebut, kamu dapat menggunakan kejadian ini dengan mengajarkannya untuk bersikap adil. Kamu harus mendengarkan terlebih dahulu apa alasan anak melakukan hal tersebut, dan nasehati ia agar mau meminta maaf atas kesalahannya. Hal ini dapat mengajarkan anak untuk bersikap adil dan belajar untuk menebus kesalahan.

4. Sopan santun

Yuk Ketahui Cara Mendidik Anak Yang Baik Di Sini!

Credit: Alodokter

Ajarkan anak tentang sopan santun. Tunjukkan bahwa dia harus berkata “tolong” saat meminta bantuan kepada siapapun, dan mengucapkan “terima kasih” ketika telah ditolong. Hal ini bisa membantunya untuk jadi anak yang bersikap sopan, terutama pada orang yang berusia lebih tua.

Hal yang harus kamu lakukan pada anak

Yuk Ketahui Cara Mendidik Anak Yang Baik Di Sini!

Credit: The Asian Parent

Anak merupakan peniru yang handal. Ia akan meniru segala perilaku baik dan buruk yang orangtua contohkan. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan, agar anak bisa memiliki sikap yang baik:

  • Berikan hadiah atau sekedar pujian ketika anak berperilaku baik.
  • Selalu dukung kebaikan yang dilakukan anak dan berikan banyak kasih sayang kepadanya.
  • Anak-anak akan meniru segala hal darimu. Oleh karena itu, bertindaklah dan berbicaralah padanya seperti apa yang kamu inginkan pada anak kamu.
  • Bersikaplah baik, namun tetap tegas.
  • Waspadai perbuatan yang bisa membahayakan dirinya atau orang lain, perilaku seperti ini harus diperbaiki.
  • Bersikaplah konsisten terhadap suatu hal. Usahakan kamu dan pasangan konsisten terhadap suatu hal yang diperbolehkan atau tidak pada anak.
  • Berikan aturan-aturan yang jelas dan sesuai usia anak. Ingatlah bahwa anak yang belum sekolah atau balita, cenderung tidak mengerti tentang arti peraturan. Sedangkan anak yang sudah berada di bangku sekolah, sudah mengerti apa itu peraturan yang ada.
  • Hindari terlalu sering mengomel dan mengkritik si kecil.
  • Hindari memukul anak ketika ia melakukan kesalahan. Dengan memukul, kamu mengajarkan bahwa memukul orang lain diperbolehkan untuk menyelesaikan masalah.

 

Featured Image - Dreamstime.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!