Membesarkan anak yang sehat memang terdengar cukup sederhana. Tapi, ketika dalam praktiknya, hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Karena, lingkungan memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan anak.

Lalu, sebagai orangtua apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatannya? Berikut tipsnya.

1. Penuhi asupan nutrisi anak

Credit: Kildokter

Memberikan asupan nutrisi yang tepat merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan anak secara keseluruhan. Mengatur nutrisi dalam makanan sebenarnya tidak sulit. Kamu bisa memulainya dengan menerapkan pola makan seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik dari buah dan sayuran.

Ketika memasak, hindari menggunakan metode seperti memanggang, menumis, dan mengukus yang memerlukan banyak minyak. Selain itu, kurangi konsumsi gula dan garam, serta ganti menu camilan tidak sehat dengan buah yang kaya akan vitamin.

2. Ajarkan untuk aktif bergerak

Credit: Hello Sehat

Banyak anak- anak yang suka sekali menonton TV. Pada umumnya, mereka bisa menghabiskan banyak waktu untuk menonton serial kartun favoritnya. Hal ini bisa membuat anak jadi malas bergerak, dan akhirnya dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit.

Kamu bisa mengajak anak untuk membiasakan aktif berolahraga sejak dini. Olahraga dapat membantu jaringan tubuh untuk berkembang, dan melatih tubuh agar dapat berkoordinasi dengan baik.

3. Memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan

Credit: Lifestyle Kompas

Kamu bisa memberikan penjelasan pada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti bahwa ia harus menjaga tubuhnya agar selalu sehat, bersih dan terjaga.  Hal ini penting ditanamkan sejak dini, agar ia selalu terbiasa untuk menjaga kesehatannya.

4. Lakukan imunisasi

Credit: Uzone.id

Vaksinasi atau imunisasi merupakan langkah awal untuk mencegah anak dari bahaya penyakit. Di Indonesia ada 5 jenis imunisasi wajib yang diberikan pada bayi sejak lahir, yaitu hepatitis A, BCG, pollo, campak, dan Pentavalen (DPT-HB-HiB). Selain itu, saat ini juga telah diterapkan vaksinasi MR (Campak dan Campak Jerman).

Sedangkan, jenis imunisasi anak lainnya yang juga sebaiknya dilakukan adalah vaksin flu, vaksin HPV, vaksin varisela, dan vaksin pneumokokus (PCV).

5. Jadi contoh dan panutan yang baik

Credit: Hanoverfoods.com

Selain keempat tips diatas, hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan menjadi panutan yang baik. Karena, perilaku anak mencontoh dari orangtua. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menerapkan hidup sehat secara keseluruhan. Jadikan dirimu sebagai contoh yang baik untuk anak- anakmu kelak.

 

Featured Image - Parenthink.id