Kompensasi Adalah Hal Penting, Lho! Ini 5 Alasannya

Kompensasi Adalah Hal Penting, Lho! Ini 5 Alasannya

font size A Ǎ

Enervoners, kamu pasti sudah mengetahui bahwa kompensasi merupakan hal yang lumrah, bahkan sering ditemui dalam kehidupan. Ini juga termasuk dunia kerja, lho. Namun, memangnya apa sih arti dari hal tersebut?

Kompensasi adalah sesuatu yang berkaitan dengan imbalan yang diterima oleh seseorang atas kerja yang sudah dikerjakan. Nah, bentuk kompensasi pun beragam, seperti bersifat finansial, non-finansial, atau keduanya. Sistem kompensasi yang baik akan memberi kepuasan bagi kedua belah pihak, seperti pekerja dan perusahaan.

Memang, kompensasi adalah hal yang penting. Tak hanya sekedar menghargai jerih payah pekerja saja, namun lebih dari itu, lho. Berikut ini 5 alasan mengapa setiap perusahaan wajib memberikan kompensasi.

Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis, ya!

 

 

Mampu Mempertahankan Karyawan Qualified

Kompensasi Adalah Hal Penting, Lho! Ini 5 Alasannya

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Pemberian kompensasi adalah salah satu cara perusahaan untuk memperoleh dan mempertahankan karyawan yang memenuhi kualifikasi. Hal ini karena sistem kompensasi yang baik, akan menarik masuknya karyawan terbaik juga.

Sebaliknya, kompensasi yang buruk justru dapat membuat karyawan yang berkualitas justru keluar dan mencari perusahaan lain yang lebih baik. Perlu diingat bahwa rekrtumen membutuhkan biaya lebih mahal dibandingkan dengan mempertahankan karyawan, lho!

 

Mengendalikan Biaya

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang menanggap bahwa memberikan kompensasi bagi karyawan hanya akan merugikan pihak kantor saja. Tapi, hal tersebut salah. Mungkin, secara jangka pendek, kompensasi terlihat akan memperbesar biaya.

Namun, cobalah liat dalam jangka panjangnya, ya. Sebaliknya, kompensasi adalah termasuk cara yang dapat membantu mengendalikan biaya-biaya kurang penting. Mengapa demikian? Sebab, kompensasi akan    embuat karyawan bekerja lebih efektif dan efisien sehingga mempengaruhi produktivitas.

Rendahnya produktivitas kerja karyawan, kerap menjadi pemicu harusnya perusahaan mengeluarkan uang lebih. Secara sederhana, produktivitas yang baik artinya membuat produk perusahaan juga baik sehingga pendapatan perusahaan akan meningkat.

Sebaliknya, produktivitas yang rendah membuat produk perusahaan menjadi tidak optimal serta memerlukan waktu dan biaya lagi untuk mencapai target yang diinginkan.

 

Administrasi Menjadi Lebih Efisien

Kompensasi Adalah Hal Penting, Lho! Ini 5 Alasannya

Credit Image - gamasemesta.com

Kompensasi pun menyangkut urusan administrasi – alias pengendalian biaya. Perusahaan yang mampu mengelola kompensasi dengan baik, maka hal tersebut akan membuat biaya administrasi menjadi lebih hemat dan efisien, lho.

Hal tersebut terjadi sebagai efek pekerjaan karyawan yang efektif, sekaligus semakin produktif. Dengan demikian, berbagai macam aspek, termasuk masalah biaya pun dapat dijalankan sesuai keinginan perusahaan.

 

Sebagai Bentuk Penghargaan Bagi Karyawan

Berkaitan dengan poin pertama, kompensasi dari perusahaan menunjukkan penghargaan dan dorongan dari perusahaan akan kinerja karyawannya. Besar kecilnya kompensasi juga biasanya didasarkan pada kepuasaan perusahaan akan kinerja karyawan.

Artinya, karyawan akan bekerja sebaik mungkin, karena mereka tahu kerjanya dinilai dan akan dihargai. Hal ini juga akan meningkatkan loyalitas karyawan, sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan manajemen sumber daya manusia.

 

Menjamin Keadilan

Kompensasi Adalah Hal Penting, Lho! Ini 5 Alasannya

Credit Image - sleekr.co

Kompensasi adalah sesuatu yang penting, pasalnya hal tersebut juga berkaitan dengan keadilan bagi para pekerja. Tak bisa dipungkiri, keadilan merupakan kunci stabilitas sebuah perusahaan, lho. Pastinya kamu menyetujui hal yang satu ini, ya.

Bentuk keadilan ini terdiri atas 2 maca, yaitu internal equity yang berarti kompensasi harus mempunyai nilai yang sesuai dan tidak boleh ada perbedaan antar pegawai yang menangani pekerjaan yang sama. Kemudian, ada external equity yang berarti pekerjaan yang sama harusnya mendapat kompensasi yang sama dibandingkan kompensasi di perusahaan lain.

 

Gimana, Enervoners? Dari penjelasan di atas, bisa dipastikan bahwa kompensasi adalah hal penting, bahkan tergolong esensial dalam suatu perusahaan. Untuk itu, setiap perusahaan diharapkan bisa memberi pekerjanya kompensasi yang layak, tetapi karyawan juga harus punya kompetensi – dan pengalaman yang mumpuni, ya!

 

 

Featured Image – harmony.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!