Jika kamu merasa butuh penghasilan tambahan karena semakin banyaknya kebutuhan yang harus kamu penuhi dan gaji dari pekerjaan utama belum bisa mencukupi, kerja sampingan dengan buka usaha bisa jadi jawabannya.

Saat ini, banyak sekali jenis usaha yang bisa menghasilkan keuntungan. Sayangnya, banyak orang terkendala oleh modal yang tidak dimiliki. Tapi jangan khawatir, ini dia 5 usaha yang bisa kamu jalani hanya bermodalkan handphone.

1. Menjadi seorang reseller atau dropshipper

Credit: Tokodistributor.blog

Jika kamu familiar dengan online shop yang banyak ditemui di mesia sosial, bisa jadi mereka merupakan reseller yang sedang menjual produk milik orang lain. Jika kamu menjalani usaha ini, kamu tidak memerlukan modal apapun, karena kamu tidak harus selalu menyetok barang.

Kamu hanya perlu menawarkan produk dari online shop tertentu lewat media sosial dengan harga yang sudah ditambah dengan keuntungan yang akan diambil.

2. Bisnis tiket pesawat murah

Credit: Lifestyle Sindo

Menjual tiket pesawat bisa dilakukan melalui handphone. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang suka travelling dan sering membeli tiket dengan harga murah. Kamu hanya membutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi dengan sistem penjualan tersebut.

Saat kamu menemukan tiket murah dengan tujuan yang kira- kira akan jadi incaran banyak orang, kamu bisa booking terlebih dahulu, lalu kamu bisa menawarkan tiket tersebut ke teman- temanmu. Selain tiket pesawat, kamu juga bisa menjual tiket kereta dan voucher hotel.

3. Menjual barang preloved

Credit: Marketeers.com

Barang preloved atau barang bekas mungkin terdengar kurang menarik. Padahal, banyak orang yang justru mencari barang bekas karena harganya jauh lebih mudah. Selain itu, terkadang barang bekas memiliki kondisi yang antik dan menjadikannya diminati banyak orang.

4. Jual jasamu sebagai customer service atau admin lapak jualan orang lain

Credit: Kumparan

Untuk menjadi seorang customer service atau admin online shop, kamu hanya membutuhkan kesigapan dan jiwa untuk melayani dengan baik. Dalam hal ini, kamu hanya membantu konsumen yang ingin menanyakan produk hingga keputusan untuk membelinya. Selain itu, kamu juga hanya perlu membantu konsumen jika memiliki keluhan.

5. Menawarkan jasa orang lain atas nama kamu

Credit: Toriolo.com

Jika kamu tidak terlalu tertarik untuk menawarkan produk, jangan khawatir, kamu masih bisa menawarkan jasa. Kamu bisa memilih jasa yang tidak banyak orang bisa lakukan, seperti menjahit. Coba untuk mencari penjahit dengan kualitas bagus, dan jika memungkinkan dengan harga yang bersahabat.

Banyak orang yang telah sukses dengan memanfaatkan handphone sebagai media promosi dalam usahanya. Yang paling penting dalam memulai usaha ini adalah dengan mindset yang tepat dan kerja keras.

 

Featured Image - Glints.com