Banyak karyawan yang merasa nyaman dengan aestetika ruangan kerja mereka. Entah itu karena dekor yang minimalis atau ruangan yang dihiasi oleh deretan action figure atau poster band favorit. Tapi, tidak banyak yang peduli soal pencahayaan lampu ruang kerja.

Baik atau buruknya penerangan di kantor sebenarnya berdampak pada konsentrasi dan produktivitas kerjamu. Pencahayaan ruang kerja yang baik telah diyakini dapat mengurangi depresi dan memperbaiki suasana hati, energi, dan kewaspadaan.

Berikut ada tiga cara mengatur pencahayaan ruang kerjamu.

1. Maksimalkan sinar alami matahari

Credit: IDN Times

Jika kantormu memberi kebebasan untuk memilih ruang atau kursi kerja, pilihlah tempat yang baik sering terpapar sinar matahari, atau pilih ruangan yang memiliki jendela. Sinar matahari alami dapat memberikan kesan hangat di ruang kerja.

Karyawan yang terpapar sinar matahari lebih banyak selama jam kerjanya lebih mungkin untuk memiliki jam tidur malam yang lebih lama, tubuhnya jadi lebih sehat, dan memiliki suasana hati yang lebih baik daripada karyawan yang berada di ruang kerja minim cahaya. Tapi, pastikan bahwa ada peneduh matahari untuk mencegah pantulan cahaya yang dapat menyilaukan layar komputermu.

2. Gunakan pencahayaan tidak langsung (indirect lighting)

Credit: Hadessocial.club

Kebanyakan sistem pencahayaan di kantor menggunakan direct lighting atau menempatkan titik lampu pada titik tengah ruangan atau pada beberapa titik yang dipasang secara simetris dan merata. Teknik ini digunakan untuk menghasilakn sumber cahaya terang yang menyeluruh.

Padahal, bekerja dengan terlalu banyak cahaya langsung dapat membuat mata jadi cepat lelah karena silau, menurunkan produktivitas, dan berdampak negative pada kesehatan. Ditambah lagi, konsep pencahayaan seperti ini boros energi.

Kamu bisa menciptakan suasana ruang kerja yang terang dengan konsep pencahayaan tidak langsung dengan lampu tersembunyi yang memanfaatkan bias cahayanya saja. Pencahayaan seperti ini dapat membuat suasana lebih hangat tanpa harus membuat mata silau.

3. Pakai lampu LED

Credit: Smallbiztrends.com

Lampu neon sudah sejak lama jadi pilihan di kantor karena harga yang murah dan memiliki cahaya yang cukup terang. Namun, sayangnya umur lampu neon tergolong singkat dan memiliki kualitas cahaya lampu yang tidak konsisten.

Alternatifnya kamu bisa memakai lampu LED. Lampu ini jauh lebih hemat energi daripada lampu neon dan jenis lampu lainnya. Selain itu, cahaya dari lampu LED ini dapat membantu menghilangkan silau, dan meningkatkan kenyamanan serta produktivitas kerja di kantor.

 

Featured Image - Sewakantorcbd.com