6 Cara Bangkitkan Mood, Cukup 30 Detik Saja Nih!

6 Cara Bangkitkan Mood, Cukup 30 Detik Saja Nih!

font size A Ǎ

Suasana hati yang tak menentu memang kerap kali membuatmu kesal. Bukan hanya menyebabkanmu tak nyaman melakukan berbagai aktivitas, namun hal tersebut juga menyita banyak energi. Apalagi, di masa pandemi, kemunculan varian Omicron tentunya bikin khawatir, hingga akhirnya tidak mood melakukan apa-apa.

Jangan dibiarkan begitu saja, mood yang memburuk harus segera diatasi agar tidak merusak kegiatan harianmu. Tak perlu butuh waktu yang lama, kok. Kamu bisa memperbaiki suasana hati hanya dalam waktu 30 detik saja – dengan melakukan 6 hal berikut ini.

Apa saja? Simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Tersenyum

6 Cara Bangkitkan Mood, Cukup 30 Detik Saja Nih!

Credit Image - nationalgeographic.grid.id

Cara pertama untuk memperbaiki suasana hati dalam waktu 30 detik saja, yaitu mencoba tersenyum. Kalau kamu butuh alasan melakukannya, ingatlah berbagai hal bahagia yang pernah kamu lalui. Atau, bisa juga tersenyum berkat tugas yang dapat selesai tepat waktu, serta berbagai alasan baik lainnya.

Perlu kamu ingat, tidak ada alasan khusus untuk tersenyum, lho. Hal ini bisa membuatmu bahagia – dan juga membangkitkan mood yang sedang menurun. Tersenyum bisa mengaktifkan saraf dan otak untuk meningkatkan hormon bahagia.

 

#2 – Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Siapa sangka kalau kegiatan berjemu juga bisa menjadi pembangkit mood? Ya, kamu cukup keluar ruangan sebentar, lalu biarkanlah tubuhmu terkena sinar matahari pagi. Sesudahnya, dijamin kamu dapat merasa lebih baik lagi.

Dilansir dari Eating Well, paparan sinar matahari mampu meningkatkan produksi serotonin – dan juga vitamin D. Nah, keduanya dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jadi, jika kamu sedang bete, tak ada salahnya mengatasi dengan cara yang satu ini!

 

#3 – Menuliskan Hal yang Disyukuri

6 Cara Bangkitkan Mood, Cukup 30 Detik Saja Nih!

Credit Image - ajaib.co.id

Meski terdengar klise, namun bersyukur di tengah sibuknya aktivitas harian memang hal yang tak boleh dilewatkan. Rasa syukur akan berbagai hal pun bisa kamu tuliskan di jurnal, lho. Studi menunjukkan menuliskan hal-hal yang disyukuri bisa meningkatkan mood dan menjaga kesehatan mental.

Tertarik mencobanya? Yuk, segera buka buku jurnal – atau ambil kertas, kemudian tuliskan semuanya yang kamu syukuri. Secara perlahan, cara ini akan membuatmu memiliki perspektif berbeda ketika melalui masa sulit, serta membantu mengapresiasi sesuatu yang sebelumnya tidak disadari.

 

#4 – Nyalakan Musik

Kemudian, untuk membangkitkan kembali suasana hati, kamu juga bisa memutar musik sembari bersantai. Perlu diketahui, musik mampu membuat seseorang yang sedang sedih, gelisah, bahkan galau mampu kembali tersenyum, lho.

Biasanya, beragam musik dengan tempo sedang sampai cepat mampu menaikkan suasana hatimu. Tak perlu repot-repot mencari, sebab umumnya layanan streaming musik sudah memberikan rekomendasi playlist sesuai suasana hati yang kamu inginkan.

 

#5 – Minum Air Putih

6 Cara Bangkitkan Mood, Cukup 30 Detik Saja Nih!

Credit Image - nrdc.org

Menjaga hidrasi tubuh juga mampu memengaruhi pada suasana hati, lho. Studi menunjukkan sebanyak 120 perempuan sehat menunjukkan ketegangan, depresi, dan juga kebingungan ketika kekurangan asupan cairan.

Selain itu, studi lainnya menemukan bahwa kekurangan cairan berakibat negatif terhadap emosi positif, termasuk pada tingkat kepuasan dan ketenangan. Sementara, ketika asupan cairan sudah cukup, maka hal ini bisa mengurangi rasa kantuk, kelelahan, dan kebingungan.

 

#6 – Konsumsi Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks sejatinya terdiri dari 8 jenis vitamin, yaitu vitamin B1 (tiamin)vitamin B2 (riboflavin)vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Lebih spesifik – gabungan vitamin tersebut memang dapat meningkatkan suasana hati dan energi dalam tubuh. Tapi, dari kedelapan vitamin B kompleks, terdapat empat jenis vitamin yang benar- benar berpengaruh pada mood seseorang, lho.

Dimulai dari vitamin B3 atau niasin yang memiliki peran dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Kemudian, ada juga vitamin B6 yang dikenal perannya untuk fungsi tubuh, fisik, dan psikologis. Vitamin B6 sangatlah penting, karena vitamin ini juga dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi.

Vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang. Sehingga, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Kemudian, vitamin B9 juga tidak kalah pentingnya dalam produksi sel baru di dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi.

Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Yang terakhir, vitamin B12 juga berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu mendongkrak mood, sekaligus membentuk energi positif di dalam tubuh.

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin B Kompleks harian, termasuk vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Untuk memperoleh sejumlah asupan vitamin B kompleks tersebut, kamu direkomendasikan untuk meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta berperan sebagai mood booster.

Dan, kandungan vtamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah keenam cara mudah meningkatkan kembali suasana hati. Tak perlu waktu lama, kamu cukup luangkan waktu 30 detik saja, lho. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – khub.istyle.id

Source – cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!