Di era modern, tak bisa dipungkiri lebih banyak aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan, sehingga paparan sinar matahari pun jarang ditemui. Selain orang dewasa yang merasakan hal tersebut, anak-anak pun mengalami kondisi serupa, moms.

Tentu saja, hal ini sangat disayangkan, padahal sinar matahari memiliki vitamin D yang bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh anak. Vitamin yang satu ini memiliki khasiat paling populer, yaitu menjaga kesehatan tulang.

Tapi lebih dari itu, vitamin D juga bermanfaat untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh Si Kecil, serta memberikan dampak baik lainnya, lho.

Yuk, segera simak informasi lengkapnya di bawah ini, moms!

 

 

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Credit Image - parenting.co.id

Dikutip dari Kompas, sebenarnya tidak hanya pada anak-anak saja, tetapi manfaat vitamin D untuk menjaga – dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa dirasakan pada semua kelompok, termasuk remaja, dewasa, sampai lansia, moms.

Untuk manfaat vitamin yang satu ini terbagi menjadi dua, yaitu secara klasik maupun non-klasik. Apakah hal tersebut? Secara klasik, manfaat vitamin D berfungsi untuk memaksimalkan proses pembentukan tulang anak, moms.

Sementara itu, manfaat vitamin D secara non-klasik berperan dalam menjaga fungsi homeostatis imunitas – atau sistem kekebalan tubuh.

Dalam fungsinya sebagai homeostatis imunitas, vitamin D mengambil peran dalam memudahkan proses penyerapan kalsium dan fosfat, sehingga tulang tetap sehat. Nah, nantinya proses modulasi sistem kekebalan tubuh akan mendatangkan manfaat, seperti:

  • Meningkatkan respons terhadap anti-bakteri dalam sistem kekebalan tubuh alamiah
  • Efek imunomodulasi, yaitu meningkatkan respons imun tubuh
  • Ekspresi reseptor vitamin D (VDR) dalam aktivasi CD4 dan CD8 limfosit T, serta antigen presenting cell
  • Efek anti-inflamasi dalam sistem kekebalan tubuh yang adaptif
  • Meningkatkan jumlah dan fungsi sel T regulator yang berfungsi untuk menekan sel-sel yang sudah rusak – atau mati
  • Sebagai agen anti-kanker yang akan memberikan efek anti-proliferatif, merangsang apoptosis – kematian secara normal, dan menghambat angiogenesis – atau pembentukan pembuluh darah yang baru

Untuk itu, pastikan selalu menjaga keseimbangan pemenuhan vitamin D, sehingga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, kalau anak tidak mendapatkan cukup vitamin D, maka bukan tidak mungkin ada risiko gejala lain yang dapat dialaminya.

 

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Tubuh manusia membutuhkan vitamin D untuk penyerapan kalsium – yang merupakan nutrisi utama penyusun tulang sehingga membuat tulang kuat dan mengurangi risiko patah tulang. Tanpa adanya vitamin D yang cukup, anak tidak bisa membentuk hormon kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan.

Dalam keadaan ini, tubuh akan mengambil persedian kalsium dari tulang dan berakibat tulang menjadi lemah dan berakibat pada penyakit tulang seperti osteoporosis dan rakitis. Agar tidak terjadi, penuhilah kebutuhan asupan vitamin D. Bersama dengan kalsium, vitamin ini akan menurunkan risiko Si Kecil terkena patah tulang.

 

Membantu Cegah Penyakit Autoimun

Ccredit Image - klikdokter.com

Akhir-akhir ini sudah banyak penelitian yang menghubungkan vitamin D dan perannya pada berbagai macam penyakit, alias tidak untuk tulang dan otot saja, lho. Penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis, yang lebih banyak terjadi pada wanita diketahui berkaitan dengan kadar vitamin D rendah, moms.

Selain itu, vitamin D juga berperan sebagai imunosupresan pada rheumatoid arthritis (rematik). Dan, vitamin D juga bermanfaat agar sistem imun dalam tubuh Si Kecil agar berfungsi secara normal untuk melawan beberapa macam penyakit.

 

Mencegah Penyakit Kronis Lainnya

Manfaat lain dari vitamin D untuk kesehatan anak, yakni mengurangi risiko ia terhadap penyakit kronis di kemudian hari, moms. Salah satunya, dengan memenuhi kebutuhan vitamin D, hal ini bisa membantu mengurangi risiko kanker, karena vitamin tersebut memiliki efek anti karsinogenik.

Hubungan antara status vitamin D yang cukup dan risiko kanker yang lebih rendah telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Selain itu, banyak juga penelitian yang melaporkan adanya hubungan antara defisiensi vitamin D dan peningkatan risiko beragam penyakit jantung seperti hipertensi, gagal jantung, dan penyakit jantung iskemik.

 

Mengurangi Risiko Gangguan Suasana Hati

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Ternyata, vitamin D juga dapat membantu mencegah gejala yang terkait dengan gangguan suasana hati. Memang, kaitan antara vitamin D dan depresi bukan berupa sebab-akibat. Meski demikian, keduanya bisa saling berpengaruh.

Manfaat vitamin D untuk kesehatan mental ini sudah banyak dibuktikan. Salah satunya, penelitian yang pernah diterbitkan pada 2008 yang menunjukkan bahwa orang-orang depresi yang menerima asupan vitamin D mengalami perbaikan pada gejala mereka.

Dalam studi lainnya, ditunjukkan bahwa defisiensi vitamin D banyak ditemui pada orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan dan depresi. Dengan alasan tersebut, pasien yang memiliki gangguan suasana hati kerap disarankan untuk beraktivitas di luar rumah agar bisa mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari.

Perlu diketahui, mudahnya, kebutuhan vitamin D anak dapat kamu penuhi dengan mengajaknya rajin berjemur setiap pagi. Namun, bagaimana kalau cuaca sedang mendung, sehingga tak bisa berjemur? Tenang, vitamin D masih bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan, kok.

Vitamin D dapat ditemukan dalam kuning telur, ikan laut – berupa salmon, tuna, dan makarel, makanan sereal, margarin, serta produk susu dan olahannya, ya. Biar manfaat vitamin D semakin terasa, kamu juga dapat berikan multivitamin anak dengan kandungan lengkap yang dapat menjaga kesehatan Si Kecil, apalagi di masa pertumbuhannya.

Untuk multivitamin, moms direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan dalam multivitamin Enervon-C Plus Sirup dapat membantu anak tetap aktif selama masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, serta membantu pembentukan tulang dan gigi. Dan yang pasti, rutin mengonsumsi multivitamin ini dapat menjaga daya tahan tubuh Si Kecil, sehingga ia pun tak mudah sakit!

 

Itulah deretan manfaat memenuhi kebutuhan vitamin D harian Si Kecil, moms. Jadi, pastikan anak sudah mendapatkan asupan vitamin tersebut secara cukup, ya!

 

 

Featured Image – ruparupa.com