Kemunculan varian terbaru Covid-19, yaitu varian Omicron memang memicu kekhawatiran berbagai belah pihak. Dengan kondisi ini, bukan tak mungkin rasa cemas semakin menjadi-jadi, bahkan semakin parah.

Sudah terdeteksinya varian Omicron dapat menyebabkan kecemasan dan ketakutan di kalangan masyarakat. Apalagi, varian tersebut juga telah ditemukan di berbagai negara di Asia – bahkan, termasuk Indonesia beberapa waktu silam.

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut psikiater dari Narayana Superspeciality Hospital, Gurugram Dr. Rahul Rai Kakkar, setiap transformasi baru yang tidak terduga dalam situasi atau lingkungan membawa ketidaknyamanan dan memengaruhi pola perilaku seseorang.

Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa kecemasan tersebut? Intinya, kamu disarankan menjauhi pikiran negatif, rasa cemas, dan masalah kesehatan mental lainnya. Selain itu, ada empat cara lainnya yang dapat dilakukan.

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Mengatur Waktu Tidur

Credit Image - wolipop.detik.com

Apakah kamu juga tengah merasakan cemas akibat adanya varian terbaru ini? Untuk mengatasinya, disarankan untuk mengatur waktu tidur secara konsisten. Kekurangan istirahat dapat menyebabkan meningkatnya rasa stres, lho.

Atur waktu yang tetap untuk tidur dan bangun, hindari tidur siang, hindari asupan kafein setelah jam 5 sore. Selain itu, kurangi paparan layar atau penggunaan telepon menjelang tidur, kurangi jangan makan makanan berat di malam hari dan jangan minum air sebelum tidur.

 

#2 – Lakukan Manajemen Waktu

Memiliki jadwal aktivitas yang baik juga dapat mengatasi rasa cemas. Selain itu, manajemen waktu yang baik dapat membiasakan dirimu untuk melakukan berbagai aktivitas positif. Tentunya, hal tersebut akan membawamu pada kehidupan yang lebih positif pula.

Untuk melakukannya, pastikan kamu sudah menetapkan tujuan yang cerdas, buat daftar tugas, tetapkan tenggat waktu, prioritaskan tugas Anda. Kemudian, setelahnya ambil istirahat terkontrol – dan buatlah menjadi rutinitas.

 

#3 – Miliki Pengalihkan

Credit Image - suara.com

Mengurangi gangguan kecemasan ketika menghadapi varian Omicron, yaitu memiliki pengalihan. Dengan adanya hal tersebut, maka kamu tak menghabiskan waktu untuk memikirkan rasa cemas yang tengah dialami.

Cari tahu cara mengurangi gangguan saatmu melakukan pekerjaan dengan konsentrasi tinggi, misalnya dengan lakukan latihan fisik secara rutin dan sebisa mungkin membatasi paparan berita. Kamu membatasi membaca berita yang menimbulkan kecemasan, maksimal dua kali sehari.

 

#4 – Mengonsumsi Vitamin B Kompleks

Tak hanya melakukan ketiga hal tersebut, untuk mengurangi rasa cemas stres – sekaligus membantu memperbaiki suasana hati, kamu dapat mengonsumsi vitamin B kompleks.

Pertama, ada vitamin B6. Jenis nutrisi yang satu ini dapat membantu memelihara kesehatan fungsi saraf – yang sering dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi. Vitamin ini punya peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang.  Sehingga, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Kemudian, vitamin B9 juga tidak kalah pentingnya dalam produksi sel baru di dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi. Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Yang terakhir, vitamin B12 juga berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu mendongkrak mood, sekaligus membentuk energi positif di dalam tubuh. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin B Kompleks harian, termasuk vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Untuk memperoleh sejumlah asupan vitamin B kompleks tersebut, kamu direkomendasikan untuk meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta berperan sebagai mood booster.

Dan, kandungan Vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah keempat tips mengatasi rasa cemas ditengah ancaman varian Omicron. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – rukita.co

Source – cnnindonesia.com