Yuk, Kurangi Pakai Gadget! Sebagai Alternatif, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini

Yuk, Kurangi Pakai Gadget! Sebagai Alternatif, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini

font size A Ǎ

Ketika rasa bosan menghampiri, tak sedikit orang yang memilih untuk mengisi waktu jenuh tersebut dengan menggunakan ponsel pintar, tab¸ maupun laptop. Setelah berjam-jam menatap layar gadget, sayangnya kebosanan tersebut pun masih terus terasa. Tak jarang pula suasana hati malah menjadi buruk, lho.

Apakah kamu pernah merasakannya? Jika iya, kalau begitu sudah waktunya untuk rehat sejenak dari aktivitas screen time, nih. Sebagai gantinya, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan di bawah ini. Tanpa perlu berlama-lama, berikut informasi lengkapnya!

 

 

Mengobrol Dengan Orang Lain

Yuk, Kurangi Pakai Gadget! Sebagai Alternatif, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini

Credit Image - kumparan.com

Dilansir Medical News Today, Prof. Matthias Mehl, di University of Arizona mengungkapkan, bahwa manusia sangat memerlukan percakapan, ringan atau pun deep talk. 

Semakin banyak percakapan yang dilakukan atau semakin banyak seseorang terpapar interaksi sosial, semakin baik dampaknya. Ini berlaku untuk introvert sekalipun. Namun lebih baik lagi, jika memiliki percakapan yang lebih dalam dan substantif akan membuat manusia memiliki hidup yang lebih bahagia dan bermakna.

Jika selama ini kamu lebih sering berbicara dengan orang lain melalui media sosial. Coba deh, kamu keluar sejenak dari rutinitas digital kamu, dan mulai menyapa orang lain. Bertemu dan melakukan percakapan di dunia nyata, akan membuat perasaanmu jauh lebih baik. 

 

Berolahraga

Ketika kamu merasa bosan, tentu saja suasana hati akan berubah menjadi buruk. Nah, kalau begitu coba lakukan olahraga. Tak perlu waktu lama, kamu cukup lakukan selama 10 sampai 15 menit.

Dikutip Anxiety & Depression Association of America, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, terbukti menurunkan ketegangan, menstabilkan suasana hati, kualitas tidur yang lebih baikBahkan, berolahraga 5 menit saja bisa menstimulasi efek anti-kecemasan, loh!

Kamu bisa melakukan jenis olahraga apa saja, seperti berlari, aerobicstrength training, atau apa pun jenis olahraga yang kamu sukai. Cobalah untuk bersenang-senang dan menikmatinya, dengan begitu kamu pun mengisi waktu kebosanan dengan hal yang positif.

 

Berbenah Rumah atau Melakukan Dekorasi Ulang

Yuk, Kurangi Pakai Gadget! Sebagai Alternatif, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini

Credit Image - voi.id

Rumah yang berantakan bisa membuat penghuninya merasa suntuk. Karena sebenarnya, barang-barang di rumah kita menyita perhatian dan menyedot emosi dari pemiliknya. Dalam buku Marie Kondo, "The Life-Changing Magic of Tidying Up", menyebutkan, berbenah mampu mengubah hidup seseorang, loh! 

Kamu bisa mulai berbenah rumah atau mendekorasi sedikit ruanganmu. Mengubah posisi atau letak beberapa barang. Sesimpel, memindahkan atau mengurangi jumlah foto di dinding saja, bisa membuat tampilan kamar dan rumah jadi berbeda. Tidak hanya mengisi waktu bosan, namun setelahnya rumahmu akan lebih nyaman dari sebelumnya.

 

Melakukan Hobi

Terlalu terhubung dengan perangkat digital, bisa membuat minat dan hobi kamu berkurang drastis, loh. Mungkin dulu kamu suka sekali menggambar, melukis, berkebun, membaca, menulis, bermain musik atau apa pun itu. Namun saat ini, minat dan hobi tersebut lenyap begitu saja. Atau jangan-jangan kamu yang lahir di generasi Z dan Millennial, malah tidak memiliki hobi, nih?

Dalam sebuah artikel Elite Daily, berjudul, "Why Don't Millennials Have Hobbies Anymore", menyebutkan, banyak generasi milenial yang sudah tidak lagi memiliki hobi. Selain bermain game, scrolling media sosial, watching movie dan lainnya. Hmm, cukup mengerikan ya!

Yuk, coba mulai detox screen time, untuk melakukan hobi lama atau mempelajari hal baru. Banyak manfaat dengan melakukan hobi, antara lain, meningkatkan fungsi otak dan energi positif, mencegah burnoutmelatih kreatifitasmu dan masih banyak lagi. 

 

Berjalan Kaki

Yuk, Kurangi Pakai Gadget! Sebagai Alternatif, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini

Credit Image - popbela.com

Dalam buku "Going Offline" karya Desi Anwar, disebutkan, bahwa berjalan kaki adalah salah satu terapi, suatu penyembuhan pribadi. Dengan berjalan di ruang terbuka, kkamu menyatu dengan tanah dan menjadi bagian dari alam sekitar. Kamu pun menjadi diri yang paling utuh.

Menikmati udara dan juga langit, melihat ayam betina dan anak-anaknya mencari makan, menyaksikan pengendara motor yang terburu-buru, juga para pedagang yang sedang melayani pembelinya, atau melihat seekor kucing yang tengah tertidur nyenyak, di antara rumput-rumput basah. Semua terasa menyenangkan dan membuat bibir kita tersungging melihatnya. 

Membiarkanmu lepas sejenak dari rutinitas digital, membuat dirimu kembali terhubung dengan alam. Hanya dengan berjalan kaki – cara yang sederhana dapat membuat kamu merasakan suka cita.

Melakukan sejumlah aktivitas di atas dapat membantumu mengurangi waktu screen time, sekaligus meningkatkan produktivitas. Nah, namun biar seluruh kegiatan tersebut bisa makin lancar, pastikan kamu sudah memiliki energi – dan stamina tubuh yang cukup.

Energi yang baik bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi makanan kaya akan sumber vitamin dan mineral, lho. Selain itu, direkomendasikan juga buat minum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Jadi, menghabiskan waktu luang tidak hanya sekedar menggunakan gadget saja, kan? Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba menerapkan sejumlah aktivitas di atas, ya. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image – orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!