Siapa di sini yang masih sulit untuk menerima kritik maupun saran yang membangun dari orang lain? Yuk, segera hilangkan kebiasaan tersebut. Bukan tanpa alasan, pasalnya kritik dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi diri, sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, lho.

Meski demikian, tetaplah bijaksana dalam menerima kritik yang kamu dapatkan, ya. Seleksi kembali perkataan orang lain – apakah kritik tersebut ditujukan untuk membangun atau hanya ingin menjatuhkan kamu saja.

Nah, bagi kamu yang masih suka emosi kalau memperoleh kritik, termasuk saran yang membangun, berikut ini 5 tips yang bisa dilakukan. Alih-alih bikin down, kamu pun bisa menjadikan kritik tersebut untuk membangun potensi diri, nih.

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

#1 – Tetap Tenang

Credit Image - chicmanagers.com

Sepedas apa pun kritik yang diberikan oleh orang lain padamu, berusahalah untuk tetap tenang agar situasi bisa terkendali. Wajar jika kamu merasa sakit hati, tapi jangan membalasnya dengan meluapkan emosi yang berlebihan, ya.

Cobalah menahan diri untuk gak langsung bereaksi yang gak menyenangkan. Ingatkan diri sendiri untuk tetap tenang. Kamu bisa menyendiri dulu sejenak atau sekadar menepi dari keramaian, kemudian tarik napas dalam-dalam agar bisa menenangkan diri. Dengan begitu, suasana tidak akan semakin buruk.

 

#2 – Dengarkan dengan Baik

Ketika diberi kritik, tak sedikit orang yang justru membantahnya. Apakah kamu juga termasuk? Sebelum melakukan hal tersebut, alangkah baiknya dengarkan dahulu kritik yang diberikan.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa melakukan introspeksi terhadap diri. Oleh karena itu, ketika mendapat kritik jangan langsung menerimanya secara mentah-mentah. Belajarlah untuk mengatur emosimu agar mampu mendengarkan dengan baik.

Setelah kamu berhasil mengatur emosi diri, selanjutnya cobalah untuk mengubah sudut pandang sebuah kritik tersebut menjadi sudut pandang dari diri kamu sendiri. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengoreksi kekurangan dan menjadi lebih mawas diri. Percayalah, jika berhasil melakukannya, maka ini akan mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri, lho.

 

#3 – Ajukan Pertanyaan

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Berbeda dengan sikap mengelak – bahkan membantah, namun mengajukan pertanyaan menjadi hal yang bisa membantumu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sikap bertahan dengan melakukan bantahan merupakan situasi di mana kamu tak mau menerima segala kritik yang datang dan seolah-olah merasa bahwa semua yang kamu lakukan itu adalah sesuatu yang paling benar.

Sedangkan, apabila kamu mengajukan pertanyaan atas tanggapan dari kritik tersebut sebagai langkah tepat agar dapat mengoreksi diri lagi. Itu artinya, kamu tidak membantah atau mengelak kritik tersebut. Namun, justru dirimu ingin melakukan introspeksi lagi agar bisa menjadikannya sebagai sebuah pembelajaran untuk masa depan.

 

#4 – Tanggapi Kritik Secara Positif

Menanggapi atau memberikan respons yang positif saat sedang dikritik merupakan salah satu cara yang cerdas dan bijaksana. Bukan berarti malah menerimanya secara mentah-mentah, karena sebenarnya kamu pun juga bisa menolak – dan mengatakan tak pernah melakukan sesuatu seperti apa yang orang kritik kepadamu. Akan tetapi, sampaikanlah hal tersebut dengan cara yang baik, sopan dan santun.

Sebagai contoh, saat mendapatkan kritik dari orang lain, tanggapi dengan mengucapkan kata maaf terlebih dulu. Kemudian, sampaikan kalau kamu selama ini tidak menyadari perbuatan tersebut – dan katakan siap untuk memperbaikinya.

Dengan mendengar tanggapan yang baik dan sopan seperti itu, orang yang mengkritikmu pasti akan memahami dan suasana juga akan menjadi lebih terkendali, nih.

 

#5 – Meminta Saran

Credit Image - wowkeren.com

Alih-alih memberikan respons mengelak, ada baiknya kamu meminta saran dari orang yang memberikan kritik. Hal tersebut akan membantu dan mempermudah untuk melakukan perbaikan terhadap diri dan sikapmu selama ini yang dirasa kurang tepat.

Namun, tetaplah berusaha cermat dalam menerima saran dari orang yang bersangkutan, ya. Perhatikan baik-baik, jika saran yang diberikan positif dan berguna untuk masa depanmu serta kamu juga sanggup melakukannya, maka lakukanlah dengan bersungguh-sungguh.

Hal ini bertujuan agar kamu gak akan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Nah, menerima kritik bukanlah hal yang buruk, kok. Dengan bisa menerima saran tersebut, maka kemungkinan besar kamu bisa menjadi seseorang yang lebih baik lagi, lho. Tentu saja, hal ini akan meningkatkan produktivitas, kan?

Biar kamu makin produktif, jangan lupakan memperoleh asupan vitamin dan mineral harian yang bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

 

Wah, daripada kamu terus mengelak dan memberi pembelaan ketika mendapat kritik, ada baiknya kamu mencoba belajar untuk menerimanya – kemudian memperbaiki diri agar menjadi lebih baik lagi. Mulai sekarang, yuk coba mendengarkan saran dari orang di sekitarmu!

 

 

Featured Image – kalibrr.com