Tahukah kamu bahwa ice breaking seru bisa menjadi kegiatan pencair suasana yang menyenangkan? Ya, hal ini pun bisa membuat momen pertemuan berubah lebih hangat, lho. Game ice breaking memiliki kekuatan untuk mempererat ikatan, meningkatkan komunikasi, hingga menciptakan atmosfer yang lebih santai.

Selain digunakan dalam kegiatan pengakraban kantor, organisasi, maupun kelompok – namun, ice breaking seru juga bisa digunakan ketika sedang berkumpul dengan keluarga. Dengan demikian, suasana berkumpul pun tidak terlalu tegang.

Setidaknya, ada 5 ice breaking seru yang dapat dilakukan ketika sedang kumpul keluarga, termasuk bersama anak-anak. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

#1 – Strip Seven

Credit Image - happinest.id

Ice breaking seru pertama yang bisa dilakukan, yaitu strip seven. Atur peserta dengan membentuk sebuah lingkaran. Satu peserta ditunjuk secara acak untuk memulai berhitung mulai dari angka 1 kemudian diikuti temannya searah jarum jam. Sampai pada hitungan ke 7, peserta tidak boleh mengucapkan 7 tetapi diganti dengan tepuk tangan oleh peserta yang bersangkutan.

Setelah tepuk tangan kemudian dimulai lagi dari angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Pengucapan angka-angka tersebut semakin lama harus semakin cepat. Hukuman diberikan jika: terlambat bersuara, mengucapkan kata yang dilarang (angka 7), bertepuk tangan pada angka biasa dan salah mengucapkan urutan angka.

Jika sudah mahir maka tingkat kesulitan ditambah secara bertahap misalkan berhitung untuk mencapai angka 30 dengan syarat kelipatan 7 yaitu 7, 14, 21 dan 28 tidak boleh diucapkan tapi harus diganti dengan tepuk tangan.

Berikutnya tingkat kesulitan ditingkatkan dengan ditambah syarat kelipatan tujuh dan yang ada angka 7 nya yaitu 7, 17, 27 tidak boleh diucapkan tapi diganti dengan tepuk tangan. Terakhir arah putaran berhitung menjadi berlawanan dengan arah jarum jam. Selanjutnya, fasilitator menggali pelajaran dari permaian tadi dari peserta.

 

Adu Panjang

Bagilah peserta menjadi beberapa kelompok yang maisng-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 orang. Setiap orang berbaris dalam masing-masing kelompok, berderet satu baris dari depan ke belakang.

Lalu instruksikan pada semua peserta untuk berlomba untuk membentuk barisan yang paling panjang. Barisan tidak boleh terputus, satu sama lain harus saling berhubungan. Kuncinya adalah peserta boleh menggunakan apa saja, khususnya barang-barang yang melekat di badannya untuk membentuk barisan yang terpanjang. Tapi kunci ini jangan diungkapkan ke peserta.

Cukup instruksikan: “Berlombalah untuk membuat barisan terpanjang“. Biarkan para peserta berkreativitas sendiri. Kemudian, ajak peserta untuk berdiskusi apa yang terjadi saat proses beradu panjang berlangsung, kenapa hal itu terjadi.

Apakah kamu tertarik mencoba ice breaking seru yang satu ini?

 

Menyebut Objek

Credit Image - limone.id

Ice breaking seru berikutnya yang bisa dicoba adalah permainan menyebut objek. Untuk melakukannya, peserta cukup membentuk lingkaran dan pemateri berada di dalamnya. Pemateri menentukan kriteria objek yang bisa disebut seperti nama hewan, nama burung dan lain-lain.

Kemudian, peserta harus menyebut nama objek sesuai huruf akhiran yang disebut peserta sebelumnya seperti orang pertama menyebut kuda maka orang kedua harus menyebut nama buah yang awalannya huruf A seperti angsa.

Setelah peserta paham maka mentor memulai aksinya dengan memulai menyebut objeknya adalah buah lalu pemateri menyebut anjing atau yang lain lalu menunjuk salah satu peserta. Peserta tersebut harus melanjutkannya dengan menyebut nama buah yang awalannya huruf G lalu dilanjutkan oleh peserta di sebelahnya mengikuti putaran lingkaran. Peserta yang salah dalam permainan ini akan dianggap kalah.

 

Ekor Naga

Untuk melakukan ice breaking seru yang satu ini, peserta harus dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari 9-10 orang terlebih dahulu, ya. Nantinya, kedua kelompok harus membentuk barisan yang panjang dan saling menyambung satu sama lain. Hadapkan kelompok satu dan kelompok dua.

Peserta paling depan bertindak sebagai kepala naga dan peserta paling belakang sebagai ekor naga. Kepala naga harus memakan ekor naga kelompok lain dan begitupun sebaliknya. Ekor naga harus menghindar dari kepala naga yang mengintainya. Saat pemateri memulai permainan, maka peserta harus bergerak secepat mungkin untuk menjalankan misinya.

 

Jika-Maka

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Yang terakhir, ada pula ice breaking bernama Jika-Maka. Dalam permainan ini, peserta akan dibagi menjadi dua kelompok. Peserta menyiapkan kertas dan pena. Satu kelompok dinamai jika dan bertugas menuliskan kalimat yang diawali kata jika, kelompok lain dinamai maka dan ditugaskan menulis kalimat yang diawali dengan kata maka.

Pemateri memerintahkan tiap kelompok untuk menuliskan kalimat yang diawali dnegan kata jika maka sebanyak 4 kali. Setelah selesai, tiap kelompok mengutus satu peserta untuk membacakan kalimat yang telah dibuat. Tulisan dibaca bergiliran anatar tulisan jika maka.

Setelah kelompok jika membacakan satu kalimatnya maka kelompok maka harus segera menyambung kalimatnya dengan apa yang sudah ditulis bersama. Maka biasanya akan terjadi kerancuan yang lucu.

Nah, agar kegiatan ice breaking semakin menyenangkan, pastikan juga kamu sudah menjaga stamina tubuh, sehingga makin fokus ketika melakukan sejumlah kegiatan tersebut. Dalam hal ini, kamu bisa mengonsumsi sejumlah vitamin dan mineral – yang dapat diperoleh dari multivitamin dari Enervon, lho.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Pastinya, kandungan vitamin C dan viitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan fungsi otakmu, ya. Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks pada  membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Dan untuk anak-anak, moms bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tambuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu ya berbagai ice breaking seru yang dapat dilakukan ketika kumpul bersama keluarga – apalagi di momen libur Natal dan Tahun Baru. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – limone.id