Cuti bersama selama momen libur Natal dan Tahun Baru memang dihapus oleh pemerintah. Ya, hal ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat, mengingat penyebaran virus corona masih masif, terutama varian Omicron sudah terdeteksi di Indonesia.

Akibatnya, tak sedikit pekerja yang masih harus work from office, nih. Apakah kamu termasuk salah satunya? Bekerja dengan suasana liburan tentu bisa menjadi tantangan tersendiri. Bahkan, rasa malas kerap menghantui, lho!

Untukmu yang masih harus bekerja – berikut ini 6 tips menjaga produktivitas, sehingga pekerjaan pun bisa diselesaikan dengan maksimal.

 

 

#1 – Tulis Pekerjaan di Sticky Notes        

Credit Image - cnnindonesia.com

Pastikan semua kewajiban yang kamu miliki selesai sesuai dengan deadline yang ditentukan, ya. Terkadang, bekerja di tengah momen liburan bisa menghambatmu menyelesaikan semua tugas, lho.

Untuk memudahkannya, buatlah to-do list sederhana. Tulis semua tugas — baik tugas rumah maupun kantor, yang tiba-tiba muncul di kepala pada sticky notes. Kemudian tempel di meja kerja sebagai pengingat dan agar kamu termotivasi untuk lebih produktif.

Jadi, jangan sampai rasa malasmu malah menghambat produktivitas, ya. Alih-alih mager, manfaatkan momen ini sebagai motivasimu untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik dan cepat. Dengan begitu, hasil kerja bakal makin maksimal, kan?

 

#2 – Manfaatkan Waktu Istirahat

Memang sih, momen libur Nataru seharusnya jadi waktu tepat untuk bermalas-malasan. Namun, apa daya kalau masih harus bekerja? Daripada mengeluh – dan bisa bikin produktivitas menurun, yuk tetap manfaatkan waktu istirahatmu, sehingga tetap rileks.

Agar semua tetap terkendali dan kamu tetap produktif, manfaatkan waktu istirahat atau makan siang untuk menyelesaikan semua urusan lainnya, seperti hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan rumah – atau menyusun kegiatan yang akan kamu lakukan nanti.

 

#3 – Rapikan Meja Kerja

Credit Image - kompasiana.com

Seringkali kurang produktifnya kamu dalam bekerja dipengaruhi oleh suasana lingkungan yang tidak mendukung, seperti meja kerjamu sendiri, lho. Sempatkan waktu untuk merapikan meja kerja di pagi hari sebelum mulai bekerja.

Rapikan kertas-kertas yang berserakan, pilih mana yang sudah tidak terpakai, kemudian masukkan ke paper shredder. Singkirkan alat-alat tulis seperti pulpen yang sudah habis dan tidak bisa digunakan lagi. Cuci gelas kopi sisa kemarin dan kembalikan ke pantry.

Kalau ingin lebih menarik, beli hiasan meja yang sesuai dengan kepribadianmu. Selain itu, masih banyak lagi hal-hal lain yang kamu bisa lakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman agar kamu bisa produktif!

 

#4 – Hindari Dulu Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Twitter memudahkan kamu untuk keep in touch dengan orang-orang yang kamu sayangi. Tapi di sisi lainnya, media sosial seringkali membuat kamu terlena dengan pekerjaan dan malah menjadi kontra-produktif.

Belum lagi jika kamu menyalakan fitur notifikasi, di mana tiap menitnya kamu bisa mendapatkan update terbaru dari bermacam sosial media yang kamu miliki. Kamu makin tidak produktif karena waktu kerja akan diganggu oleh notifikasi tersebut.

Sebaiknya kamu menyimpan gadget untuk sementara di saat bekerja. Jangan sampai bermain media sosial malah menjadikan kamu tidak produktif, ya.

 

#5 – Konsumsi Makanan Sehat

Credit Image - ipapa.co.id

Badan yang sehat dan bugar pastinya akan mendukung kamu agar tetap produktif dalam bekerja. Namun, terkadang godaan makanan enak – apalagi kalau ada promo memang sering sulit dihindari. Kalau begini, nafsu makan jadi sulit terkontrol, hingga jadi jajan berlebihan, kan?

Sebenarnya menikmati makanan enak boleh-boleh saja, kok. Terutama di momen liburan seperti ini. Ya, hitung-hitung dijadikan sebagai mood booster. Tapi, alangkah baiknya tetap memilih jenis makanan bergizi seimbang, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga dan tak gampang lemas, ya.

Jika tubuh sudah mudah lemas, wah hal ini bisa mengganggu produktivitasmu. Dan, jangan lupakan untuk mengonsumsi sayur dan buah – yang dapat menjaga asupan vitamin serta serat. Selain itu, cobalah untuk menahan nafsu makan dari menambah makanan dari porsi yang biasa kamu makan.

 

#6 – Konsumsi Multivitamin Untuk Jaga Stamina Tubuh

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kamu pun akan semakin semangat dan produktif saat bekerja, kan? Untuk tips yang satu ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Lantas, apakah kamu masih harus bekerja selama momen liburan Nataru? Jangan khawatir, yuk tetap jaga produktivitas dengan menerapkan sejumlah tips di atas!

 

 

Featured Image – greenhub.co.id