Ada Omicron! Ini 7 Cara Mengajak Anak Untuk Tetap Liburan di Rumah

Ada Omicron! Ini 7 Cara Mengajak Anak Untuk Tetap Liburan di Rumah

font size A Ǎ

Penyebaran varian virus Covid-19 terbaru, yakni Omicron kerap menjadi sorotan selama beberapa waktu terakhir. Pasalnya, Omicron pun sudah berhasil masuk ke Indonesia – dan angka kasus positifnya juga terus meningkat!

Perlu diketahui, varian Omicron memiliki 50 mutasi yang bisa memengaruhi kecepatan penularan virus untuk menghindari antibodi, baik yang dibentuk dengan vaksin maupun yang dihasilkan secara natural oleh infeksi virus tersebut.

Bertepatan dengan momen liburan akhir tahun, sayangnya bepergian sangat tidak direkomendasikan, karena tingginya risiko penularan varian Omicron. Apalagi, jika moms mengajak anak-anak yang juga bisa terpapar virus tersebut.

Jika Si Kecil rewel dan tetap memaksa untuk pergi berlibur, moms tak perlu khawatir. Ada 7 strategi yang bisa diterapkan, sehingga ia mau menghabiskan waktu liburan di rumah saja.

Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

#1 – Menerima Situasi

Ada Omicron! Ini 7 Cara Mengajak Anak Untuk Tetap Liburan di Rumah

Credit Image - berkeluarga.id

Ternyata, anak sebetulnya akan baik-baik saja. Namun, orangtua juga perlu merasa baik-baik saja terlebih dahulu. Melansir Time, hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima fakta bahwa kita masih perlu menahan diri untuk tidak banyak beraktitas di luar rumah.

Sebab, semakin melawan kenyataan tersebut, maka akan semakin frustrasi dan kecewa. Kondisi emosional anak juga akan mengikuti orangtuanya. Jika moms merespons situasi secara buruk, anak juga akan menerimanya dengan cara yang tidak baik, lho.

 

#2 – Ciptakan Ide Kreatif

Wajar saja kalau Si Kecil meminta untuk bepergian ketika ia sudah bosan di rumah, moms. Untuk itu, pastikan membuat perencanaan kreatif tentang bagaimana akan menghabiskan liburan di rumah. Misalnya, membuat liburan tematik, seperti hari khusus piyama, hari menghubungi kakek dan nenek lewat Zoom, hari berburu harta karun.

Jika merasa sulit menemukannya, cukup pikirkan aktivitas yang berbeda dari hari-hari biasanya sehingga anak merasa bahwa hari-hari tersebut adalah hari libur. Percayalah, anak juga punya banyak ide kreatif. Ketika orangtua mengajak untuk menemukan sesuatu yang seru, tak jarang anak juga mengeluarkan ide-ide kreatifnya.

 

#3 – Perbanyak Mengobrol

Ada Omicron! Ini 7 Cara Mengajak Anak Untuk Tetap Liburan di Rumah

Credit Image - happinest.id

Jika anak masih sulit dibujuk untuk mau di rumah saja selama liburan, pastikan orangtua meluangkan lebih banyak waktu untuk ngobrol bareng dengan anak dan mendengarkan keinginannya. Berikan anak perhatian yang mungkin sebelumnya tidak ia dapatkan.

Menurut perawat teregistrasi dan pekerja sosial yang bekerja bersama Scholastic and Yale University on First Aid for Families, Denise Daniels, awali dengan menanyakan pada anak tentang situasi apa yang ia dengar, ketahui, dan anak duga akan terjadi.

Orangtua tak perlu bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi, tapi perlu mendengarkan apa yang dirasakan anak dan memvalidasi perasaan anak yang mungkin merasa kehilangan tradisi liburannya. Kemudian, bicaralah dengannya tentang bagaimana perasaanmu – kemudian, biarkan anak tahu bahwa liburan akan ada setiap tahun, tapi tahun ini mungkin akan sedikit berbeda.

Anak kemungkinan akan lebih memahami, apalagi pandemi Covid-19 sudah terjadi selama hampir dua tahun. Sampaikan pada anak gambaran yang jelas tentang apa saja yang akan berbeda dan kapan anak akan melakukan apa.

Nah, nantinya, perencanaan yang sudah sibuat bisa dipajang di tempat yang bisa dilihat anak, misalnya ditempel di pintu kulkas. Sampaikan pada anak bahwa yang terpenting saat liburan adalah kebersamaan dan saling berbagi.
 

#4 – Sediakan Ruang untuk Liburan

Libatkan anak untuk memilih aktivitas seru untuk mengisi liburannya meski di rumab saja. Aktivitas itu bisa berupa menggambar bersama, melukis, atau membuat kerajinan. Menurut Little Londin, sediakan "ruang liburan" untuk anak agar mereka merasakan sesuatu yang berbeda.

Dalam hal ini, moms bisa mengajak anak untuk menghias ruang tamu. Atau, bisa juga menciptakan area bermain seru untuk anak dan orangtua bisa bersantai di area lain. Dan, kamu pun dapat membangun tenda di dalam rumah untuk tempat anak bermain – yang tentunya membuat kegiatan makin seru, lho.

 

#5 – Melakukan Aktivitas di Luar Rumah

Ada Omicron! Ini 7 Cara Mengajak Anak Untuk Tetap Liburan di Rumah

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Untuk moms dan anak yang menginginkan suasana berbeda, maka hal yang satu ini bisa menjadi alternatif tepat. Buatlah jadwal untuk berakitivitas di luar ruangan selama liburan, tapi tentunya tanpa harus pergi ke tempat yang berkerumun.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak anak untuk mengunjungi taman kota terdekat, ya. Namun, kalau tidak memungkinkan, moms dapat menghadirkan suasana luar ruangan di rumah dengan menanam banyak tanaman.

 

#6 – Menyediakan Sajian Liburan

Salah satu hal yang ditunggu dari liburan adalah menikmati makanan lokal di tempat liburan. Untuk menciptakan suasana itu, kamu bisa merencanakan mengonsumsi makanan tertentu di rumah dan menghadirkan tema hidangan berbeda setiap malamnya.

Kalau moms gemar memasak, maka cobalah mengajak anak untuk terlibat dalam eksperimen membuat hidangan, seperti membuat sushi, pasta, atau gelato. Apapun menu masakan yang dipilih, kuncinya adalah kreatif.

 

#7 – Jangan Lupa, Tetap Jaga Asupan Gizi Si Kecil

Ada Omicron! Ini 7 Cara Mengajak Anak Untuk Tetap Liburan di Rumah

Credit Image - phunutoday.vn

Selama pandemi, semua masyarakat – tanpa terkecuali, diminta untuk lebih menjaga kesehatan dari sebelumnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memerangi virus, karena hal yang dikonsumsi anak juga memiliki pengaruh terhadap ketahanan daya tahan tubuhnya. 

Tidak hanya itu, sebisa mungkin orangtua menuntun anak untuk tidak jajan sembarangan sebagai upaya menghindari adanya varian Omicron. Kondisi tubuh anak memang dianggap lebih rentan dan memiliki peluang yang cukup tinggi untuk terkena virus. Agar tetap terhindarnya dari varian Omicron, pastikan moms tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi makanan yang dikonsumsinya. 

Menjaga asupan gizi anak bisa membantu menjaga kesehatan kekebalan tubuh. Namun, agar imunitas makin maksimal, berikan asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin andalanmu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup bisa membantu menjaga imun tubuh anak, membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, serta memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan. Pastikan moms selama pandemi memberinya asupan vitamin yang cukup agar kekebalan imun tubuhnya tetap terjaga, ya!

 

Meski terdengar egois, namun membujuk anak agar tetap mau menghabiskan waktu liburan di rumah merupakan langkah tepat, moms. Ingatlah bahwa pandemi belum berakhir, lho. Jadi, melindungi keluarga menjadi hal terpenting yang perlu dilakukan.

 


Featured Image – tamansariprospero.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!