5 Tips Menjaga Suasana Hati, Tetap Positif Jelang Tahun Baru!

5 Tips Menjaga Suasana Hati, Tetap Positif Jelang Tahun Baru!

font size A Ǎ

Menyambut tahun baru dengan pikiran yang positif tentu menjadi hal yang tak boleh dilewatkan, Enervoners. Meski suasana hati tidak bisa selalu stabil – dan ada berbagai peristiwa yang bisa mengubah perasaan dari positif menjadi negatif, namun pastikan kamu berusaha untuk terus optimis, ya.

Ingatlah bahwa ketika kamu terlalu pasrah dan membiarkan segala hal yang tidak diharapkan mengganggu suasana hati, maka kebahagiaan akan menjauh, lho. Tentu saja, kamu tidak ingin ini terjadi, kan?

Nah, demi menyongsong tahun baru dengan pemikiran yang lebih positif, berikut ini 5 tips yang bisa diterapkan untuk mempertahankan suasana hati yang baik sepanjang hari. Apa saja?

 

 

#1 – Menjaga Keseimbangan Dalam Hidup

5 Tips Menjaga Suasana Hati, Tetap Positif Jelang Tahun Baru!

Credit Image - sehatq.com

Ada banyak sekali keseimbangan yang perlu kamu jaga. Seperti kapan kamu harus bekerja dan kapan waktunya untuk beristirahat. Ini juga sama seperti kapan waktunya untuk berusaha sekuat tenaga serta kapan kamu berdoa – dan menyerahkan segala urusan kepada Tuhan.

Demikian pula waktu untuk diri sendiri dan waktu bersama teman perlu sama-sama disediakan. Bahkan keseimbangan antara tugasmu menjadi pendengar dengan saatnya kamu berbicara juga wajib dijaga supaya unek-unekmu dapat keluar.

Suasana hati yang memburuk merupakan tanda adanya keseimbangan dalam kehidupan yang terganggu. Lekas cari tahu apa yang menjadi masalahnya, ya!

 

#2 – Hindari Memikirkan Banyak Hal

Pikiran yang aktif memang lebih baik daripada kemampuan berpikir yang tidak dimaksimalkan. Namun, bukan berarti segala hal perlu kamu pikirkan, ya! Sama seperti tubuh yang bisa mengalami kelelahan, pikiranmu juga.

Tetaplah membatasi masalah-masalah yang perlu dipikirkan. Jika kamu mencoba memikirkan segalanya, kepalamu akan terasa sangat penuh. Kamu menjadi tidak dapat bersantai sedikit saja, lho. Di awal tahun mendatang, pastikan kamu menghindari kebiasaan ini, ya.

 

#3 – Ambil Sisi Positif dari Rasa Lelah

5 Tips Menjaga Suasana Hati, Tetap Positif Jelang Tahun Baru!

Credit Image - klikdokter.com

Agar suasana hatimu tak mudah memburuk, kamu memang perlu menjaga diri dari kelelahan yang berlebih. Akan tetapi, tentu saja kamu tetap harus beraktivitas, ya?

Misalnya, bekerja dari pagi sampai sore selama lima hari dalam sepekan. Belum lagi, kalau ada kegiatan ekstra yang harus diikuti. Di titik inilah, kamu tak dapat lagi menyalahkan aktivitasmu sebagai perusak suasana hati, nih.

Kesibukan yang terlalu tinggi memang perlu diatur ulang. Namun, kamu pun harus mampu melihat sisi positif dari kelelahanmu selepas beraktivitas. Seperti, meski capek bekerja, soal uang kini tak lagi menjadi masalah bagimu.

 

#4 – Tetap Mensyukuri Hal yang Ada di Kehidupan

Memang sih, suasana hati yang buruk dapat menyebabkan rasa syukur ikut menurun. Contoh sederhananya, yaitu ketika kamu mulai membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Wah, sebaiknya hindari pemikiran yang satu ini!

Kehidupanmu jadi terlihat kurang memuaskan sedangkan kehidupan orang lain tampak sempurna. Muncul rasa iri, sedih, bahkan marah pada kehidupan yang dirasa tak adil. Teruslah mengingatkan diri buat bersyukur bahkan dalam kondisi sesulit apa pun.

 

#5 – Rutin Memperoleh Asupan Vitamin

5 Tips Menjaga Suasana Hati, Tetap Positif Jelang Tahun Baru!

Credit Image - halodoc.com

Tahukah kamu bahwa ada jenis vitamin yang bisa menjaga suasana hati? Ya, ini berkaitan dengan vitamin B kompleks, lho. Seperti diketahui, vitamin tersebut terdiri dari 8 jenis, yaitu yaitu vitamin B1 (tiamin)vitamin B2 (riboflavin)vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Lebih spesifik – gabungan vitamin tersebut memang dapat meningkatkan suasana hati dan energi dalam tubuh. Tapi, dari kedelapan vitamin B kompleks, terdapat empat jenis vitamin yang benar- benar berpengaruh pada mood seseorang, lho.

Dimulai dari vitamin B3 atau niasin yang memiliki peran dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Kemudian, ada juga vitamin B6 yang dikenal perannya untuk fungsi tubuh, fisik, dan psikologis. Vitamin B6 sangatlah penting, karena vitamin ini juga dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi.

Vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang. Sehingga, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Kemudian, vitamin B9 juga tidak kalah pentingnya dalam produksi sel baru di dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi.

Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Yang terakhir, vitamin B12 juga berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu mendongkrak mood, sekaligus membentuk energi positif di dalam tubuh.

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin B Kompleks harian, termasuk vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Untuk memperoleh sejumlah asupan vitamin B kompleks tersebut, kamu direkomendasikan untuk meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta berperan sebagai mood booster.

Dan, kandungan vtamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Sudah siap menyambut tahun baru dengan diri yang lebih positif? Yuk, segera terapkan sejumlah tips di atas, Enervoners!

 

 

Featured Image – nypost.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!