7 Tips Tingkatkan Kekebalan, Cara Agar Tidak Sakit di Masa Pandemi!

7 Tips Tingkatkan Kekebalan, Cara Agar Tidak Sakit di Masa Pandemi!

Sistem kekebalan tubuh diketahui memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, kamu mesti menjaganya dengan baik – karena, ini merupakan salah satu cara agar tidak sakit. Tentunya setiap individu ingin terus sehat hingga masa tua nanti, kan?

Daya tahan menjadi pelindung utama sejak pertama kali patogen berbahaya, seperti kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Guna meningkatkannya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Mudahnya, kamu disarankan menjalani gaya hidup sehat.

Apa saja gaya hidup sehat yang bisa diterapkan? Berikut ini 7 di antaranya. Yuk, simak selengkapnya di sini!

 

 

#1 – Perbanyak Makan Sayur dan Buah

7 Tips Tingkatkan Kekebalan, Cara Agar Tidak Sakit di Masa Pandemi!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Cara agar tidak sakit selama musim pandemi, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit.

Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral.

 

#2 – Cukupi Waktu Istirahat

Menjaga kesehatan tubuh tentu tidak akan lengkap kalau kamu kurang waktu istirahat, lho. Menurut Cheri Mah, pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan paling mendasar dalam penerapan gaya hidup sehat.

Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan, mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan.

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Jadi, pastikan kamu sudah menjalani tips ini – yang merupakan salah satu cara agar tidak sakit yang penting!

 

#3 – Hindari Stres

7 Tips Tingkatkan Kekebalan, Cara Agar Tidak Sakit di Masa Pandemi!

Credit Image - kumparan.com

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Kamu perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Jika kamu merasa stres, cobalah untuk berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang dikerjakan. Tenang, hal ini lumrah dilakukan, ya. Kemudian, tenangkan dirimu sambil mengambil napas dalam-dalam, dan hembuskan secara perlahan.

Atau, kurangi stres dengan melakukan aktivitas lainnya yang kamu senangi, seperti membaca, menulis jurnal, dan melakukan hobi. Yang penting, buatlah dirimu berasa lebih nyaman dengan cara yang disukai.

 

#4 – Rajin Berolahraga

Aktivitas yang padat memang seringkali membuatmu tidak sempat untuk berolahraga. Padahal, kegiatan yang satu ini termasuk salah satu cara penting dalam memulai gaya hidup sehat, lho. Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran, berolahraga di rumah saja sudah cukup. Jika ingin mendapat udara segar, bisa juga dengan jogging atau jalan kaki setiap pagi. Intinya, buatlah tubuhmu aktif bergerak setiap harinya, ya.

Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, rutin melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga kamu jadi merasa lebih bugar.

Kalau kamu tak sempat untuk berolahraga, cobalah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar berjalan-jalan, baik sebelum maupun sesudah makan siang. Selain itu, lakukan pula stretching agar tubuh tidak kaku, ya. Perubahan kecil seperti ini dapat membuatmu makin bugar – dan pastinya gaya hidup sehat pun bisa diterapkan secara maksimal.

 

#5 – Hindari Rokok dan Alkohol

7 Tips Tingkatkan Kekebalan, Cara Agar Tidak Sakit di Masa Pandemi!

Credit Image - tirto.id

Cara agar tidak sakit berikutnya, yaitu memerhatikan hindari rokok dan juga alkohol, ya. Pasalnya, keduanya tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh, apalagi kalau kamu terpapar dalam jangka waktu panjang.

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

 

#6 – Kurangi Asupan Gula

Siapa di sini yang masih gemar konsumsi banyak makanan tinggi gula, seperti cupcake, es krim, maupun aneka dessert lainnya? Sejumlah makanan tersebut masih boleh dimakan, kok. Asalkan, dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Jadi, sebisa mungkin kurangi makanan manis demi menjaga gaya hidup sehat, ya.

Bukan tanpa alasan, asupan gula terlalu tinggi dapat memicu penyakit berbahaya, seperti diabetes. Kalau sudah begini, risiko terkena berbagai penyakit kronis lainnya semakin meningkat, lho. Untuk mengurangi gula, alih-alih mengonsumsi minuman kemasan, ada baiknya kamu makan potongan buah segar, yang tentunya sehat dan rendah gula.

 

#7 – Rutin Minum Multivitamin

7 Tips Tingkatkan Kekebalan, Cara Agar Tidak Sakit di Masa Pandemi!

Credit Image - liputan6.com

Dalam penerapan gaya hidup sehat, memenuhi kebutuhan vitamin juga penting diperhatikan, apalagi di masa pandemi. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Atau, buat kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, maka direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah ketujuh cara agar tidak sakit yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!