Motivasi diri merupakan salah satu hal yang penting bagi karyawan. Selain berdampak pada kinerjanya sendiri, motivasi juga akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Meskipun begitu, masih banyak karyawan yang tidak tahu cara memotivasi dirinya sendiri. Akibatnya, mereka bekerja tanpa semangat. Dan tidak heran karier mereka tidak ada perubahan, atau bahkan kinerjanya merosot dari tahun ke tahun.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? Berikut cara memotivasi diri agar karier kamu menjadi lebih baik lagi.

1. Bayangkan ketika kamu mencapai target

Credit: Woop.id

Ketika kamu mencapai sebuah target yang telah ditetapkan, pasti ada perasaan Bahagia. Terlebih lagi apabila target tersebut merupakan sesuatu yang sulit untuk dicapai. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu membayangkan bagaimana rasanya ketika suatu saat nanti, target- target yang kamu tetapkan tercapai.

Bayangan ini akan membuatmu merasa senang. Dengan membayangkan saja kamu sudah bisa senang, bagaimana jika kamu benar- benar meraih target tersebut.

2. Tuliskan semua cita- cita dan waktu pencapaiannya

Credit: Marketwatch.com

Jika kamu memiliki sebuah cita- cita, tetapkan tanggal atau waktu pencapaiannya. Karena jika tidak ditetapkan, berarti bisa dipastikan kamu belum memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Mulai sekarang, coba tuliskan semua cita- cita dan tujuan kamu, berserta target waktu pencapaiannya. Setelah itu, letakkan di tempat yang mudah terlihat olehmu.

3. Buat target yang realistis

Credit: Nuscimag.com

Tidak ada yang salah dengan optimisme. Akan tetapi, jangan sampai optimisme yang berlebihan justru membutakan mata, hingga lupa pada batas kemampuan diri. Untuk itu, sebaiknya tingkatkan kualitas diri dengan melakukan hal- hal yang berkaitan dengan kemampuan kamu.

Kamu bisa membuat rencana karier beserta cara meraihnya. Asalkan hal tersebut sesuai dengan batas kemampuan yang kamu miliki.

4. Segarkan pikiran kamu

Credit: bbc.co.uk

Setiap orang pasti akan mengalami titik jenuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh rutinitas pekerjaan yang dilakukan sehari- hari. Jika sudah mencapai titik jenuh tertentu, biasanya kamu akan kehilangan motivasi kerja. Karena merasa bosan dengan apa yang kamu kerjakan. Untuk itu, segarkan sejenak pikiranmu. Salah satunya dengan bersantai sejenak. Dengan begitu, pikira akan kembali jernih dan kamu siap kembali bekerja.

5. Terapkan sistem reward and punishment untuk diri sendiri

Credit: Yesgurus.com

Jika kamu ingin selalu memiliki motivasi kerja, terapkan sistem penghargaan (reward) dan hukuman (punishement) untuk diri sendiri. Hal ini akan membuat kamu tetap fokus pada pekerjaan, seberat apapun hal yang kamu kerjakan. Contohnya, jika kamu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan memiliki kualitas yang baik, berilah penghargaan untuk dirimu sendiri. Penghargaan ini bisa berupa nonton film di bioskop atau pergi ke tempat wisata.

Sebaliknya, jika pekerjaan tidak selesai tidak sesuai dengan harapan, jangan segan untuk menghukum dirimu sendiri, seperti kamu tidak boleh membeli baju atau tidak boleh menonton film terbaru di bioskop. Dengan begini, kamu akan selalu termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, kamu juga akan meninggalkan kebiasaan menunda pekerjaan secara perlahan.

 

Featured Image - lawdonut.co.uk