5 Cara Jitu Meningkatkan Kinerja Karyawan, Perlu Diterapkan, Nih!

5 Cara Jitu Meningkatkan Kinerja Karyawan, Perlu Diterapkan, Nih!

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, setiap perusahaan pasti menginginkan para karyawannya dapat bekerja secara maksimal. Setuju, kan? Apalagi, seiring berkembangnya generasi, maka budaya dan sistem kerja dalam perusahaan pun bakal terus maju.

Bahkan, para ahli memperkirakan di tahun 2025 mendatang sebanyak 75 persen pekerja akan didominasi oleh generasi milenial, lho. Kelompok tersebut umumnya memiliki tingkat kreativitas dan kompetensi yang tinggi. Biar tak ketinggalan, meningkatkan kinerja karyawan menjadi hal yang penting dilakukan.

Dengan kinerja karyawan yang dinamis, tentu saja perusahaan akan bertumbuh secara pesat. Namun, apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan?

Berikut ini 5 di antaranya.

 

 

#1 – Pertimbangkan Jam Kerja Fleksibel

5 Cara Jitu Meningkatkan Kinerja Karyawan, Perlu Diterapkan, Nih!

Credit Image - sleekr.co

Selama ini, sebagian besar perusahaan di Indonesia memberlakukan waktu kerja dari pukul 9 pagi sampai 5 sore. Namun sayangnya, ternyata hal tersebut bisa saja menjadi penghambat kinerja karyawan, lho. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba jam kerja yang lebih fleksibel, nih.

Menurut studi yang dilakukan OnePoll, mereka mengklaim adanya peningkatkan kinerja karyawan yang jauh lebih tinggi ketika karyawan berkerja dari jarak jauh dan tidak dituntut wajib bekerja di kantor dalam waktu tertentu, daripada saat perusahaan menerapkan sistem kerja tradisional.

Tak hanya itu, terdapat juga manfaat lain seperti kurangnya tekanan berlebih ketika di kantor. Karyawan pun bisa lebih memiliki waktu istirahat yang terkontrol karena waktu yang fleksibel. Hal ini tentu bisa menurunkan tingkat stres karyawan, sekaligus menghasilkan kinerja yang baik.

 

#2 – Bebas Berpendapat

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah memberikan ruang untuk bebas mengutarakan pendapat. Ingatlah bahwa pekerja tidak harus selalu menerima tugas, kritik, dan saran dari atasannya saja, lho.

Tapi, karyawan, apalagi generasi milenial juga ingin pendapatnya didengarkan dan diapresiasi. Ketika sedang melakukan pertemuan meeting atau evaluasi perusahaan, gunakan gaya komunikasi dua arah. Ide-ide yang diberikan karyawan pun terkadang menjadi solusi tak terpikiran bagi perusahaan.

 

#3 – Ciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

5 Cara Jitu Meningkatkan Kinerja Karyawan, Perlu Diterapkan, Nih!

Credit Image - intipesan.com

Hilangkan kesan atau suasana kantor yang kaku seperti adanya cubicle. Alih-alih demikian, kamu bisa membuat konsep open office. Nah, karyawan menjadi lebih bebas dan mudah berinteraksi secara santai tanpa ada batas sekat antar meja.

Lebih baik lagi jika membuat sudut menarik di kantor, yang bisa digunakan untuk berbicara santai, bahkan brainstorming. Selain itu, kalau ada anggaran lebih, pertimbangan juga untuk membuat fasilitas olahraga atau makan siang gratis berkonsep food court.

Kalau sudah begini, kinerja karyawan bakal meningkat, lho. Pasalnya, mereka akan memiliki kebanggaan sendiri ketika bekerja dengan konsep perusahaan yang “kekinian”.

 

#4 – Jadilah Mentor, Bukan Sekedar Bos

Mulai sekarang, yuk, katakan tidak dengan gaya kepemimpinan yang kaku, otoriter, dan terlalu tradisional. Mengapa demikian? Jika perusahaan masih menerapkannya, tidak heran kinerja karyawan bisa terus menurun.

Para pekerja akan memberikan respon kurang baik ketika atasan memiliki gaya kepemimpinan bossy. Bahkan, mereka bisa hilang respect, dan membuatnya dengan segera meninggalkan perusahaan. Untuk itu, cobalah menjadi mentor agar karyawan bisa terus berkembang.

Misalnya, lakukan diskusi, apresiasi hal yang sudah dicapai dan sama-sama koreksi jika ada hal yang harus diperbaiki. Dengan berinteraksi seperti ini, akan menciptakan image profesional dan kamu pun mendapatkan respect dari karyawan.

 

#5 – Menjaga Stamina Agar Kinerja Terus Meningkat

5 Cara Jitu Meningkatkan Kinerja Karyawan, Perlu Diterapkan, Nih!

Credit Image - klikdokter.com

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kinerja karyawan bakal terus meningkat – dan hasil kerja bisa maksimal, kan? Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Wah, bagaimana? Berbagai cara untuk meningkatkan kinerja karyawan di atas tak sulit untuk dilakukan, ya? Mulai sekarang, yuk terapkan tips tersebut!

 

 

Featured Image – karirgogo.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!