Inisiatif Adalah Hal Penting, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Inisiatif Adalah Hal Penting, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

font size A Ǎ

Enervoners, apakah kamu sudah memiliki kemampuan inisitatif? Jangan salah, hal tersebut penting dimiliki dalam dunia kerja. Bisa dikatakan bahwa insitiatif adalah hal yang wajib diterapkan oleh setiap karyawan maupun bagimu yang tengah mencari pekerjaan.

Karena, setiap perusahaan menginginkan ide-ide kreatif yang muncul dari karyawannya tanpa harus diminta terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kemampuan yang satu ini? Dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Inisiatif Adalah…

Inisiatif Adalah Hal Penting, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Credit Image - glints.com

Menurut Youth Employment, kemampuan inisiatif adalah melakukan sesuatu atau bekerja tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan. Secara sederhana, seseorang dengan kemampuan ini sudah pasti banyak akal atau resourceful.

Dengan kemampuan ini, seseorang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya. Ketika menunjukkan inisiatif di dalam dunia kerja, kamu akan memecahkan suatu masalah yang mungkin tidak terlalu diperhatikan orang lain, terus mencari ide-ide yang bagus, dan lain-lain.

Pada dasarnya, kemampuan inisiatif juga termasuk ke dalam kemampuan manajemen diri, lho. Kemampuan ini sendiri dapat dikembangkan secara sendiri secara perlahan-lahan. Dengan inisiatif, dipastikan produktivitas kerjamu akan meningkat dan kemungkinan besar orang-orang di lingkungann akan menyukai sosok kepribadianmu.

 

Pentingnya Memiliki Inisiatif di Dunia Kerja

Inisiatif Adalah Hal Penting, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Credit Image - femina.co.id

Nah, kalau sudah mengetahui pengertiannya, kini kamu juga harus mengenali berbagai alasan mengapa inisiatif penting dimiliki dalam dunia kerja. Apa saja? Berikut ini 3 di antaranya.

1. Disukai oleh rekan kerja dan atasan

Alasan kenapa kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh karyawan adalah ia berpotensi disukai oleh rekan kerja bahkan dengan atasannya sendiri. Pasalnya, orang dengan skill inisiatif yang tinggi akan selalu berusaha untuk mencari ide-ide terbaiknya dalam suatu proyek.

Tidak hanya itu, orang dengan inisiatif akan berusaha untuk mencari jalan keluar dari setiap masalah, dan itu ia lakukan tanpa perlu ada perintah dari atasannya.

 

2. Kesempatan promosi jabatan

Tak bisa dimungkiri, dengan kemampuan inisiatif, kamu berpotensi untuk mendapatkan promosi jabatan dari perusahaanmu, lho. Sebab, mereka menilai bahwa kamu memiliki kualitas yang mumpuni dari setiap inisiatif yang kamu eksekusi dengan baik.

 

3. Memudahkanmu dalam bekerja

Inisiatif adalah hal yang penting, ya. Orang dengan kemampuan tersebut akan selalu berusaha untuk keluar ketika terjebak dalam suatu kondisi. Misalnya, tidak tahu apa-apa terkait proyek yang ditawarkan oleh atasan. Kemudian, berinisiatif untuk terus bertanya kepada atasan serta mencari tahu cara agar membuat proyek tersebut berjalan dengan lancar.

Selain memudahkan dalam bekerja, kemampuan ini juga penting dimaksimalkan saat melakukan kolaborasi dengan departemen lain.

 

Bagaimana Cara Untuk Meningkatkannya?

Inisiatif Adalah Hal Penting, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Credit Image - woop.id

Untuk meningkatkan kemampuan yang satu ini, kamu bisa menerapkan sejumlah tips di bawah ini, lho.

1. Membuat rencana karier

Dilansir dari Mind Tools, penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki rencana karier yang panjang cenderung memiliki inisiatif yang tinggi. Memiliki tujuan karier yang jelas akan membantumu dalam meningkatkan rasa inisiatif secara pribadi, terlebih saat hendak mengambil keputusan untuk mewujudkannya.

Misalnya, kamu ingin menjadi fotografer profesional.  Nah, untuk mewujudkan hal tersebut secara tidak langsung kamu akan mengambil inisiatif demi inisiatif dalam proses menjalaninya. Seperti, memiliki inisiatif untuk mengikuti kelas online, bertanya kepada profesional, dan sebagainya.

 

2. Membangun rasa percaya diri

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan inisiatif adalah dengan membangun rasa percaya diri. Saat menunjukkan ide dalam tim, terkadang ada rekan kerja yang tidak setuju dengan hal tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap ide tersebut agar rasa inisiatif kian tumbuh untuk mewujudkannya.

 

3. Siap dalam menghadapi tantangan

Dalam dunia kerja, tantangan terkadang datang secara tidak terduga.  Oleh karena itu, saat tantangan tersebut datang, bersiaplah untuk menghadapinya agar dapat meningkatkan kemampuan inisiatif. Sebab, kunci untuk sukses dalam menghadapi tantangan adalah dengan terus berinisiatif untuk bertanya, membangun ide, dan lain-lain.

Selain itu, menurut Indeed, ketika kamu berhasil menghadapi tantangan dengan baik, hal tersebut akan menjadi inspirasi bagi rekan kerjamu yang lainnya. Tidak hanya meningkatkan inisiatif, tantangan juga dapat membuatmu jadi lebih berpikir kritis.

 

4. Tetap Jaga Energi Untuk Tingkatkan Kemampuan Diri

Memangnya, apa hubungan energi dengan proses meningkatkan kemampuan diri? Jangan salah, kalau kamu sudah memiliki stamina yang cukup, maka berbagai kegiatan pun bisa dilakukan dengan mudah dan lancar, lho. Hal ini termasuk dalam meningkatkan kemampuan inisiatif, ya.

Pastikan kebutuhan vitamin dan mineral udah terpenuhi dengan baik, ya. Kedua nutrisi ini punya peran penting dalam menjaga energi. Untuk memperoleh kebutuhan keduanya, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh, sekaligus mengoptimalkan sistem kekebalan agar tidak mudah lelah!

Dan pastinya, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat mengoptimalkan metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini dapat membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Satu lagi nih, kamu juga tidak perlu khawatir untuk minum Enervon Active, karena kandungan non-acidic vitamin C dalam Enervon Active juga aman untuk lambung yang sensitif. Dan, agar manfaatnya semakin terasa, konsumsi Enervon Active dua kali sehari, ya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, inisiatif adalah hal yang penting, ya. Untuk itu, yuk, terus tingkatkan kemampuan tersebut agar semakin sukses dalam dunia kerja!

 

 

Featured Image – karirgogo.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!