5 Tanda Strict Parents, Apakah Moms Juga Milikinya?

5 Tanda Strict Parents, Apakah Moms Juga Milikinya?

Menjadi orangtua memang bukan tugas yang mudah – dan tentunya memerlukan tanggung jawab besar. Hal ini akan semakin sulit apalagi setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Dari sini, tidak heran kalau banyak yang menjadi strict parent.

Strict parents adalah gaya pengasuhan ketat yang dipercaya banyak orang dapat membentuk perilaku anak dan menjadikannya orang hebat. Namun sayangnya, pola asuh tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan mental anak, lho.

Kalau dari sisi psikologis, strict parents adalah orangtua yang menempatkan standar tinggi dan suka menuntut anak. Biasanya, rangtua yang menganut gaya pengasuhan ini dapat bersifat otoritatif atau otoriter.

Apakah moms termasuk seorang strict parenst? Gaya asuh anak ini dapat ditandai dengan berbagai ciri-ciri. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Mengutamakan Disiplin Tanpa Kasih Sayang

5 Tanda Strict Parents, Apakah Moms Juga Milikinya?

Credit Image - parenting.co.id

Seperti diketahui, kedisiplinan merupakan modal terbesar yang harus diajarkan pada anak. Tentunya hampir semua orangtua mengajarkan cara terbaik agar anak-anaknya dapat tumbuh menjadi pribadi yang disiplin.

Sayangnya, bagi para strict parents, kedisiplinan tersebut tidak diikuti dengan kasih sayang yang seimbang. Itulah yang menyebabkan anak jadi mudah membangkang perintah orangtua. Apakah moms punya ciri-ciri yang satu ini?

 

Kerap Memberi Hukuman Fisik

Sejak dahulu, tak sedikit orangtua yang kerap salah kaprah dalam mendidik anak-anaknya, lho. Selain itu, tidak sedikit juga yang mendidik anak dengan melibatkan kekerasan di dalamnya. Tentu saja hal tersebut sangat tidak dibenarkan, moms.

Ingatlah, orangtua harus memerhatikan hal ini dengan baik agar tidak selalu melibatkan hukuman fisik selama mendidik anak. Jika terlalu banyak melibatkan hukuman fisik, justru anak akan tumbuh menjadi pribadi yang temperamental.

 

Suka Menuntut dan Mengontrol Anak

5 Tanda Strict Parents, Apakah Moms Juga Milikinya?

Credit Image - id.theasianparent.com

Memang, setiap orangtua memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap anak-anaknya. Tapi yang membedakan, yaitu respons orangtua dalam mengarahkan anak untuk memperoleh impian tersebut, moms.

Sayangnya, para strict parents justru hanya cenderung gemar menuntut dan mengontrol anak semata. Hal yang disayangkan adalah ekspektasi yang dibebankan pada anak justru tidak diikuti dengan cara membimbingnya dengan baik.

 

Enggan Memberikan Opsi pada Anak

Setiap anak memiliki hak untuk berpendapat – hingga melakukan berbagai hal, asalkan kegiatan tersebut masih bersifat positif. Tetapi, anak yang berada di dalam pola asuh dari strict parents justru memiliki keterbatasan ruang gerak. Hal ini disebabkan anak seakan selalu diberikan opsi yang terbatas.

Dengan demikian, anak yang diasuh dengan gaya otoriter tersebut tidak bisa bebas berekspresi dengan baik. Hal tersebut bisa memberikan dampak yang buruk, seperti anak akan kesulitan dalam memecahkan persoalannya sendiri.

 

Sulit Memercayai Anak

5 Tanda Strict Parents, Apakah Moms Juga Milikinya?

Credit Image - popmama.com

Tak bisa dipungkiri, orangtua pasti memiliki kekhawatiran tersendiri yang berkaitan dengan masa depan Si Kecil. Namun, hal yang disayangkan adalah ketika kamu terlalu khawatir, bahkan tidak bisa memercayai anak.

Padahal, orangtua memiliki peran penting untuk dapat percaya terhadap apa yang dilakukan anak, lho. Meski begitu, tetap kontrol anak dengan baik melalui pengawasan yang tepat, ya. Dengan demikian, pola asuh strict parents dapat dihindari.

Menerapkan gaya asuh strict parents hanya dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mental Si Kecil, moms. Kalau mental sudah terganggu, maka kondisi kesehatan fisik pun bisa ikut terganggu.

Untuk menjaga kesehatan sekaligus tumbuh kembang anak, kamu perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin.

Sebagai pelengkap, moms juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Bagaimana, nih? Sekarang moms sudah mengetahui sejumlah ciri-ciri dari strict parents, ya. Lantas, apakah kamu termasuk yang menerapkannya?

 

 

Featured Image – fimela.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!