6 Penyebab Hidung Mampet Tapi Tidak Pilek, Termasuk Covid?

6 Penyebab Hidung Mampet Tapi Tidak Pilek, Termasuk Covid?

Pernahkah kamu mengalami hidung mempet tapi tidak pilek? Ya, kondisi yang satu ini dapat mengganggu, lho. Tak hanya flu, masalah tersebut bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya. Dengan demikian, penting mengenali penyebabnya, sehingga daapt melakukan tindakan yang tepat.

Dilansir dari Mayo Clinic, hidung tersumbat terjadi ketika hidung dan jaringan serta pembuluh darah di sekitarnya membengkak karena ada cairan berlebih. Hidung tersumbat mungkin terjadi bersamaan dengan cairan yang keluar dari hidung – alias meler.

Lalu, bagaimana kalau hidung mampet tapi tidak pilek? Mungkin saja kamu mengalami 6 kondisi berikut ini.

 

 

#1 – Alergi

6 Penyebab Hidung Mampet Tapi Tidak Pilek, Termasuk Covid?

Credit Image - sehatq.com

Penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek pertama, yaitu alergi. Nah, kondisi tersebut menimbulkan berbagai macam gejala, termasuk hidung berair dan tersumbat. Apakah kamu pernah mengalami kondisi ini?

Biasanya, gejala alergi yang dialami dapat memengaruhi saluran udara, sinus, saluran hidung, kulit, hingga sistem pencernaan kamu. Meski demikian, hal ini tergantung dari zat yang memicu munculnya alergi.

 

#2 – Sleep Apnea

Jika kamu mengalami gangguan tidur serius yang menyebabkan berhenti bernapas berulang kali, hal ini berisiko membuat hidung tersumbat tapi tidak berhubungan dengan pilek. Untuk itu, perhatikan penyebab yang satu ini, ya.

Gangguan tidur yang kerap dialami tersebut dikenal juga sebagai sleep apnea. Selain hidung tersumbat, gejala lain sleep apnea adalah mengorok dengan keras – serta sering merasa lelah meski telah tidur semalaman.

 

#3 – Polip Hidung

6 Penyebab Hidung Mampet Tapi Tidak Pilek, Termasuk Covid?

Credit Image - alodokter.com

Selain yang telah disebutkan, hidung tersumbat juga merupakan gejala dari polip hidung, lho. Kondisi ini sendiri merupakan pertumbuhan daging non-kanker pada lapisan hidung atau sinus. Ukuran polip hidung yang mungkin tidak menimbulkan gejala.

Akan tetapi, jika polip hidung berukuran besar, dapat membuat saluran hidung tersumbat, menimbulkan masalah pernapasan, hingga kehilangan indra penciuman. Jadi, jangan sampai kamu menanggap sepele kondisi tersebut.

 

#4 – Hay Fever

Kondisi yang satu ini juga menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek, lho. Masalahnya, gejala dari hay fever – atau rinitis alergi memang sering disalah artikan dengan flu, karena kemiripannya.

Bedanya, penyebab flu adalah virus. Berbeda dengan rinitis alergi yang disebabkan oleh respons alergi dari paparan lingkungan, baik di dalam maupun luar ruangan. Lantas, pernahkah kamu mengalami penyebab yang satu ini?

 

#5 – Benda Asing di Hidung

6 Penyebab Hidung Mampet Tapi Tidak Pilek, Termasuk Covid?

Credit Image - cnnindonesia.com

Penyebab hidung mampet tapi tidak pilek atau flu lainnya adalah terdapat benda asing yang tertinggal di dalam hidung. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak atau orang dengan penyakit mental atau mengalami disabilitas.

Sepertinya, kondisi tersebut cukup sering dialami. Apakah kamu juga pernah? Nah, perawatan untuk kondisi tersebut cukup sederhana, kok, yakni dengan benda asing yang terdapat di dalam hidungmu. Untuk itu, tak perlu khawatir, ya!

 

#6 – Penyebab Lainnya

Selain berbagai kondisi di atas, hidung tersumbat yang tidak berhubungan dengan pilek atau flu juga bisa muncul akibat hal lain, seperti:

  • stres
  • gangguan tiroid
  • merokok
  • perubahan hormon
  • konsumsi obat-obatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi, depresi, hingga kejang
  • makanan, khususnya makanan pedas
  • alkohol

Ada beragam penyebab hidung mampet padahal tidak sedang flu atau pilek. Itu sebabnya, penanganan untuk masing-masing kondisi hidung tersumbat tersebut tentu tidak sama. Namun, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman, seperti meniup hidung secara perlahan, hindari pemicu alergi, hingga meminum banyak air untuk mencairkan lendir di dalam hidung.

Selain itu, yang pasti kamu juga disarankan untuk tetap menjaga kekebalan tubuh, sehingga berbagai risiko penyakit dapat dihindari. Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah deretan penyebab hidung mampet tapi tidak pilek yang kerap terjadi. Apakah kamu pernah merasakan kondisi tersebut? Yuk, perhatikan kembali sejumlah penyebabnya, ya!

 

 

Featured Image – telisik.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!