Tak bisa dipungkiri, olahraga merupakan salah satu aktivitas yang mesti rutin dilakukan. Bukan tanpa alasan, tetapi kegiatan ini memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk menguatkan sistem kekebalan, lho.

Selain itu, olahraga pun berperan penting untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, mempertahankan berat badan ideal, rutin berolahraga setiap minggunya?

Nah, perlu diketahui, setidaknya ada 5 jenis olahraga yang dinobatkan sebagai jenis aktivitas fisik paling menyehatkan di dunia. Penasaran? Yuk, segera simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Berenang

Credit Image - halodoc.com

Berenang merupakan salah satu olahraga yang rendah stres, namun memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya berenang dapat memacu semua aktivitas pada setiap anggota tubuh.

Olahraga ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan membangun otot. Selain itu, rajin berenang dapat menjaga berat badan kamu agar tetap normal karena aktivitas berenang banyak membakar kalori, lho!

 

#2 – Tenis

Tahukah kamu bahwa bermain tenis selama satu jam sudah sama dengan membakar 600 kalori? Tidak heran, kalau tenis menempati urutan teratas dalam daftar aktivitas aerobik terbaik. Untuk itu, kamu sangat direkomendasikan rutin melakukan olahraga yang satu ini, ya!

Gerakan seperti sprint kecil, pivot, slam, dan servis dalam tenis membuat kamu menyalurkan kekuatan dan mengharuskan kamu mengerahkan energi dalam ledakan singkat namun kuat. Bermain tenis sangat efektif dalam mengembangkan kebugaran dan memperluas kapasitas paru-paru.

 

#3 – Bersepeda

Credit Image - republika.co.id

Selain berenang, bersepeda merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan dan dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Aktivitas ini juga dikenal sebagai salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan.

Bersepeda dapat membakar kalori dalam tubuhmu dan melatih kekuatan otot kaki. Selain itu, bersepeda juga dapat kamu merasa lebih bahagia dan membuat otakmu jauh lebih sehat. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang rajin melakukannya selama 3 bulan pertama memiliki volume otak tiga tahun lebih muda dari orang-orang seusianya.

 

#4 – Lari

Lari merupakan salah satu olahraga sederhana, namun memiliki dampak yang menakjubkan bagi tubuh. Menurut hasil penelitian, mereka yang berlari secara teratur cenderung tidak mengalami keropos tulang seiring bertambahnya usia dibandingkan dengan mereka yang tidak berlari secara teratur atau tidak sama sekali.

Hal ini karena tulang tumbuh dan menjadi lebih kuat dengan menanggapi aktivitas fisik. Selain itu, lari juga bagus untuk kesehatan mental dan fisiologis secara keseluruhan karena selama berlari, tubuh kita melepaskan hormon endorfin yang mampu mengatasi stres.

Wah, lari memiliki segudang manfaat baik, kan? Jadi, jangan tunda lagi untuk mulai melakukannya, ya!

 

#5 – Basket

Credit Image - sehatq.com

Bola basket bukan hanya merupakan permainan yang sangat melelahkan untuk dimainkan, tetapi juga dapat memperkuat kesehatan kamu di berbagai tingkatan, lho.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga basket dapat meningkatkan kecerdasan spasial, mendorong kemampuan pengambilan keputusan, mengurangi stres, meningkatkan kemampuan koordinasi, dan mengembangkan kepercayaan diri.

Selain itu, basket juga merupakan salah satu olahraga yang membakar cukup banyak kalori. Untuk setiap jam kompetisi bola basket, orang dengan berat 75 kilogram dapat membakar sekitar 600 kalori, sementara orang dengan berat sekitar 113 kilogram dapat membakar hingga 900 kalori.

Rajin berolahraga memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam urusan mental, nih. Tentu saja, kamu ingin tubuh tetap dalam kondisi prima sampai hari tua nanti, kan? Nah, biar makin maksimal, pastikan juga kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Kebutuhan kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active, lho.

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat, ya!

 

Jadi, itulah kelima jenis olahraga yang diklaim sebagai aktivitas fisik paling menyehatkan di dunia. Apakah kamu sudah rutin melakukan salah satunya?

 

 

Featured Image – marketwatch.com

Source – idntimes.com