Catat! Ini 6 Table Manner yang Perlu Diajarkan pada Anak

Catat! Ini 6 Table Manner yang Perlu Diajarkan pada Anak

font size A Ǎ

Urusan tata krama di meja makan – atau sering juga disebut sebagai table manner merupakan salah satu hal penting yang perlu diajari kepada anak sejak ia berusia dini, moms. Kalau Si Kecil sudah memahaminya, kebiasaan tersebut pun bakal menguntungan dirinya di masa mendatang.

Table manner dapat diajarkan dengan memerhatikan serta meniru kebiasaan orangtua. Ingatlah, tata krama bukanlah naluri, seperti berjalan, lho. Jadi, moms wajib mengajari anak soal batasan dan perilaku yang tepat di meja makan.

Lantas, sudahkah moms mulai mengajari kebiasaan ini? Jika belum, berikut 6 hal terpenting yang wajib diajarkan kepada anak sedini mungkin. Yuk, simak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Mencuci Tangan Sebelum Pergi ke Meja Makan

Catat! Ini 6 Table Manner yang Perlu Diajarkan pada Anak

Credit Image - id.theasianparent.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau tangan yang bersih dapat membuat anak tetap sehat. Dan, hal ini pun menjadi table manner yang perlu diajari sejak ia berusia dini, lho. Moms bisa menjelaskan kepada Si Kecil bahwa kuman di tangannya dari bermain atau memegang perabotan rumah bisa masuk ke tubuh, jika ia menggunakan tangan kotor itu untuk makan.

Agar kebiasaan ini mudah dilakukan, kamu dianjurkan mengajarinya dengan cara yang menyenangkan. Seperti, meletakkan bangku kecil di kamar mandi atau di dekat wastafel dapur.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, durasi cuci tangan yang tepat adalah 20 detik. Selama waktu tersebut, moms bisa mencontohkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar sambil menyanyikan lagu favorit anak, agar kebiasaan ini lebih menyenangkan untuk dilakukan.

 

#2 – Hindari Berbicara Ketika Mulut Penuh

Meja makan seringkali jadi momen komunikasi bagi orangtua dan anak. Moms mungkin sering mengajak anak berbicara apapun pada saat makan, mulai dari kejadian menarik di hari itu atau sekadar menanyakan kabar anak.

Momen ini juga bisa mengajarkan anak untuk menjawab pertanyaan ketika mulut sudah kosong dari makanan.

Jelaskan dengan lembut bahwa tidak ada yang mau melihat makanan di mulutnya saat ia makan, serta mengobrol dengan mulut yang masih penuh makanan bisa berisiko menyemburkan makanan kemanapun.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengajari anak untuk tidak menyela perkataan orang lain dan menanyakan sesuatu dengan sopan. Kebiasaan baik ini penting buat anak di masa depan lho, tak hanya di meja makan, namun di situasi lainnya!

 

#3 – Ucapkan Tolong dan Terima Kasih

Catat! Ini 6 Table Manner yang Perlu Diajarkan pada Anak

Credit Image - popmama.com

Table manner berikutnya yang perlu moms ajari pada anak, yakni ucapan tolong dan terima kasih. Perlu diketahui, meja makan juga bisa menjadi momen untuk mengajari anak mengenai sikap sopan, lho.

Misalnya saja, Ketika anak ingin mengambil lauk yang terlalu jauh untuknya, ajari anak untuk mengatakan “tolong”. Kebiasaan ini dapat menunjukkan rasa hormat kepada orang yang makan dengannya.

Selain itu, ajarkan juga untuk mengucapkan terima kasih menunjukkan rasa syukur. Kedua perilaku ini seringkali hilang dalam masyarakat, sehingga penting untuk mengajari anak sejak usia dini, karena kebiasaan ini pasti akan terbayar di masa depannya.

 

#4 – Tunggu Sampai Semuanya Selesai Makan

Tentu rasanya akan canggung jika makan sendirian di meja makan, bukan? Hal ini tentunya juga perlu diajarkan pada Si Kecil sejak dini. Minta anak untuk tidak perlu terburu-buru pergi usai makan – dan tunggulah sampai setidaknya sebagian besar orang sudah selesai makan.

Makan malam tentu tidak harus lama, justru akan ada momen di mana keluarga dapat saling mengobrol membicarakan harinya. Jika kamu memiliki anak yang mudah gelisah, berlatihlah untuk diam di meja makan selama setidaknya 10 menit pertama waktu makan.

 

#5 – Menaruh Serbet di Pangkuan

Catat! Ini 6 Table Manner yang Perlu Diajarkan pada Anak

Credit Image - halodoc.com

Table manner yang satu ini juga tidak boleh dilupakan, lho. Tapi, memangnya mengapa serbet perlu ditaruh di pangkuan? Pasalnya, benda tersebut akan digunakan untuk menyeka mulut dan tangan anak dengan hati-hati, serta melindungi pangkuan anak dari tumpahan makanan.Tak hanya itu, serbet di pangkuan juga melatih anak bahwa ia perlu duduk diam di meja.

Untuk permulaan, moms bisa membuat ini menjadi sedikit “permainan”, jika anak bisa duduk sambil makan tanpa menjatuhkan serbet di pangkuannya, maka anak adalah pemenangnya. Ia bisa mendapatkan makanan penutup sebagai hadiahnya.

 

#6 – Menggigit Makanan Sesuai Ukuran Mulut

Tak jarang anak ingin melakukan hal yang lucu untuk menarik perhatian orang lain di sekitarnya. Benar, kan? Nah, hal seperti mengambil makanan dengan gigitan besar yang tidak sesuai untuk ukuran mulutnya kerap kali dilakukan.

Selain dapat membuat anak tersedak, cara ini juga tidak sopan dilakukan di meja makan, moms.

Anak akan kesulitan menggigit, hingga mungkin batuk dan menyemburkan makanannya ke piring orang lain. Maka itu, ajari anak untuk memotong makanannya hingga mendapatkan ukuran yang sesuai untuk ukuran mulutnya.

Biar momen mengajari anak soal table manner semakin maksimal, pastikan moms juga memenuhi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Dengan demikian, anak bisa semakin fokus dalam mempelajari berbagai hal baru di kehidupannya, ya.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, moms juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk anak. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Gimana, moms? Mengajari anak mengenai table manner tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Kamu bisa mulai menerapkan keenam hal di atas terlebih dahulu, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – parapuan.co


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!