Siapapun pasti tidak ada yang ingin terserang penyakit maag atau yang dikenal sebagai gastritis. Karena ketika seseorang terserang penyakit maag, maka akan timbul rasa tidak nyaman dan aktivitas pun jadi terganggu. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk tetap waspada dan mengetahui gejala- gejala sakit maag sehingga bisa melakukan kegiatan dengan nyaman.

Secara umum, sakit maag ditandai dengan radang atau luka pada dinding lambung yang dapat menyebabkan rasa kembung dan perih di ulu hati. Pada beberapa orang, gejala penyakit maag juga bisa ditandai dengan menurunnya napsu makan, timbul rasa mual dan ingin muntah.

Namun, bagi kamu yang menderita penyakit maag, tidak perlu khawatir bahwa penyakit ini akan selalu mengganggu kegiatanmu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terserang penyakit maag, berikut ulasannya.

1. Jaga pola makan sebaik mungkin

Credit: Alodokter

Ketika kamu memiliki penyakit maag, usahakan agar pola makan sehari- harimu dilakukan secara teratur pada yang sama agar asam lambung tidak mudah naik. Karena, penyakit maag lebih rentan muncul pada orang yang tidak memiliki jam makan teratur. Kamu juga bisa makan lebih sering dengan porsi kecil, agar perut selalu terisi sehingga mengurangi terjadinya refluks asam lambung.

2. Pastikan pola makanmu terdiri dari makanan yang seimbang dan menyehatkan

Credit: Kumparan

Dalam hal ini, kamu harus mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dalam satu hari. jadi, usahakan agar kamu tidak mengonsumsi karbohidrat dan lemak saja, namun juga mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran.

3. Hindari makanan dan minuman yang bisa memicu maag

Credit: Medicaltoday.com

Kamu perlu menghindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti makanan yang terlalu pedas atau asam, minuman yang mengandung kafein seperti kopi, alcohol, bawang, peppermint, cokelat, buah jeruk atau jus, dan tomat.

Jenis makanan dan minuman seperti ini bisa sangat mudah merangsang produksi asam lambung, sehingga dapat menyebabkan luka pada lambung. Selain itu, sebaiknya cukupi kebutuhan air putih untuk membantu tubuh agar tetap bisa beraktivitas dengan maksimal. Usahakan untuk mengonsumsi 1-3 gelas air putih saat bangun tidur, sebelum makan dan sebelum tidur.

4. Miliki management stress yang baik

Credit: Gottman.com

Memiliki management stress yang baik dan lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, pastikan kamu melakukan olahraga yang ringan sehingga tidak membebankan kondisi tubuh yang memiliki sakit maag.

Kamu bisa melakukan jalan kaki sekitar 30 menit setiap harinya. Atau melakukan gerakan ringan di bawah sinar matahari saat pagi hari. Selain itu, pastikan juga tubuh selalu mendapatkan istirahat yang cukup yaitu 6-8 jam setiap hari.

5. Menjaga berat badan yang sehat

Credit: Hello Sehat

Kelebihan berat badan dapat menambah berat berlebih di sekitar daerah perutmu. Ini akan menempatkan lebih banyak tekanan pada perut dan menghambat kelancaran pencernaan. Selain itu, tekanan ini juga bisa meningkatkan asam pada lambungmu.

Selain kelima cara diatas, kamu juga sebaiknya mengonsumsi Enervon secara rutin setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh. Kamu tidak perlu khawatir, Enervon aman bagi lambung dan tidak menimbulkan efek samping karena Enervon mengandung vitamin dasar yang dibutuhkan tubuh seperti Vitamin C dan Vitamin B Kompleks.

 

Featured Image - Hello Sehat