Sebelum Psikotes Kerja, Yuk, Siapkan Dirimu Dengan 5 Trik Ini!

Sebelum Psikotes Kerja, Yuk, Siapkan Dirimu Dengan 5 Trik Ini!

font size A Ǎ

Kata psikotes kerja pasti sudah tidak terdengar asing, setuju? Ya, kegiatan yang satu ini termasuk serangkaian pengujian yang dilakukan untuk mengetahui kondisi psikologis sekaligus karakter seseorang. Biasanya, hal ini dilakukan perusahaan ketika merekrut karyawan baru.

Memang, psikotes kerja terdengar mudah untuk dijalani. Tapi jangan salah, nyatanya kegiatan ini membutuhkan persiapan yang matang agar kamu bisa menjalaninya dengan lancar. Lantas, apakah dalam waktu dekat kamu akan melakukan psikotes kerja?

Kalau begitu, pastikan kamu sudah menyimak 5 tips berikut ini – dan segera diterapkan, ya. Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Mempelajari Berbagai Jenis Pertanyaan

Sebelum Psikotes Kerja, Yuk, Siapkan Dirimu Dengan 5 Trik Ini!

Credit Image - suara.com

Meskipun psikotes kerja adalah tes yang unik, bukan berarti kamu tidak melakukan persiapan dengan mempelajari jenis-jenis pertanyaannya sama sekali. Beberapa psikotes kerja adalah gabungan dari beberapa metode psikotes yang tujuannya berbeda.

Ada tes yang bertujuan mengetahui tingkat kecerdasan dan juga bakatmu, lalu ada juga tes yang bertujuan untuk mengetahui kepribadianmu. Untuk itu, pastikan kamu sudah menyiapkan diri dengan mengerjakan latihan soal psikotes kerja.

Cari tahu di internet ataupun buku-buku yang menyediakan contoh soalnya. Dari situ, kamu bisa mulai mempelajarinya satu per satu, ya.

 

#2 – Gunakan Alat yang Bisa Membantu

Nantinya, ketika tengah menjalani psikotes kerja, kamu juga sebaiknya membawa berbagai alat yang bisa membantu. Pertama, kamu harus mempersiapkan alat tulis dengan lengkap. Kamu mungkin tidak pernah mengetahui kapan diperbolehkan menggunakan pulpen atau pensil ketika psikotes kerja.

Selain itu, penting pula untuk mempersiapkan kertas kosong. Karena, hal ini akan berguna sebagai catatan ketika kamu mengerjakan jenis soal hitung-hitungan. Meski biasanya perusahaan sudah menyediakannya untuk peserta, tidak ada salahnya untuk membawa sendiri sebagai cadangan, lho.

 

#3 – Manfaat Waktu Sebaik Mungkin

Sebelum Psikotes Kerja, Yuk, Siapkan Dirimu Dengan 5 Trik Ini!

Credit Image - glints.com

Waktu adalah barang langka yang harus diperhatikan saat menjalani psikotes kerja. Jadi, sebisa mungkin kamu jangan menyia-nyiakan waktu yang diberikan oleh perusahaan untuk mengerjakan psikotes kerja. Lalu, apa yang bisa dilakukan?

Misalnya, cobalah mengerjakan soal-soal psikotes kerja, tetapi  dengan menggunakan stopwatch untuk mengukur waktu pengerjaanmu. Dilansir dari Verywell Mind, pada umumnya seseorang bisa mengerjakan soal pilihan ganda dalam kurun waktu 30-60 detik.

Meski begitu, setiap soal pasti memiliki jenis yang berbeda-beda. Latihlah dirimu dalam mengerjakan psikotes kerja sesuai dengan waktu yang biasanya diberikan oleh perusahaan. Misalnya, biasanya perusahaan memberikan waktu 2 jam untuk mengerjakan psikotes. Nah, kamu bisa mencari contoh soal psikotes, lalu mengerjakannya sembari memasang stopwatch.

 

#4 – Bangun Rasa Percaya Diri

Kepercayaan diri disinyalir menjadi salah satu hal yang penting dalam mengerjakan psikotes kerja, lho. Bagaimana tidak? Sering kali orang-orang merasa kecewa karena tidak dapat menjawab satu pertanyaan.

Alhasil, saat mencoba untuk melangkah ke pertanyaan selanjutnya, ia terlihat tidak fokus dan tidak bisa berpikir logis. Dilansir dari Psychology Today, apa pun yang kamu lakukan, jangan pernah berkecil hati saat tidak bisa menjawab satu pertanyaan. Intinya, tetap percaya diri bahwa kamu dapat menyelesaikan semua pertanyaan, meski tidak berurutan.

 

#5 – Jangan Lupa, Persiapkan Fisik dengan Baik

Sebelum Psikotes Kerja, Yuk, Siapkan Dirimu Dengan 5 Trik Ini!

Credit Image - dikes.badungkab.go.id

Persiapan yang satu ini dinilai sangat penting dan harus dimaksimalkan dengan baik sebelum menghadapi psikotes kerja. Karena, ketika psikotes berlangsung, kamu harus bisa menjaga tingkat fokus guna mengerjakan setiap soal dengan batasan waktu yang sudah ditentukan.

Dalam hal ini, ada baiknya kamu menghindari begadang di malam hari sebelum jadwal tes berlangsung. Pastikan kondisi tubuh sudah benar-benar bugar, ya. Selain itu, kamu juga harus sarapan terlebih dahulu di pagi harinya, sehingga stamina tetap terjaga selama menjalani psikotes kerja.

Dan, yang tidak kalah pentingnya, untuk menjaga tingkat fokus dan stamina, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian, termasuk psikotes kerja tidak akan terganggu, ya.

 

Gimana, nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tips sukses dalam mengerjakan psikotes kerja. Bagimu yang akan menjalani kegiatan tersebut dalam waktu dekat, yuk, coba terapkan sejumlah trik di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – gramedia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!