Kelas Parenting Sedang Booming! Apakah Orangtua Wajib Mengikutinya?

Kelas Parenting Sedang Booming! Apakah Orangtua Wajib Mengikutinya?

font size A Ǎ

Parenting adalah sebuah tugas yang tidak mudah dijalani, apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama moms dalam merawat Si Kecil. Pasti kamu pun membutuhkan informasi dan bantuan seputar mengasuh anak yang tepat, baik dari dunia maya, buku, bahkan ikut kelas parenting sekalipun.

Jangan salah, kelas parenting kian digemari banyak orangtua, lho. Mengingat, banyak orangtua muda yang mungkin merasa bingung dalam merawat anak pertamanya. Tetapi, seberapa pentingkah orangtua untuk mengikuti kegiatan tersebut?

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini, moms!

 

 

Apa Itu Kelas Parenting?

Kelas Parenting Sedang Booming! Apakah Orangtua Wajib Mengikutinya?

Credit Image - happinest.id

Sekolah tidak hanya ditempuh anak-anak dan remaja, tapi juga oleh kalangan tertentu. Contohnya sekolah parenting untuk para orangtua. Di setiap kelasnya, orangtua akan mempelajari berbagai jenis pola asuh yang baik, cara komunikasi yang efektif dengan buah hati, serta menghadapi setiap perubahan dan perkembangan anak.

Sekolah parenting mencakup berbagai jenis kelas, contohnya kelas mengasuh bayi, yang meliputi perawatan bayi baru lahir, cara memandikannya, menyusuinya, bahkan pertolongan pertama ketika anak diare – maupun demam. Tentu saja, sejumlah hal tersebut penting untuk diketahui ya, moms?

 

Seberapa Penting Orangtua Mengikuti Kelas Parenting?

Kelas parenting bisa membantu para orangtua, apalagi bagi kamu yang baru pertama kali memiliki anak. Dengan mengikuti kelas tersebut, maka kamu akan lebih percaya diri dan mampu mengatasi rasa khawatir ketika mengasuh bayi.

Selain itu, sekolah parenting juga menyediakan kelas khusus. Kelas ini diperuntukkan bagi orangtua yang memiliki anak dengan masalah medis dan masalah perilaku. Merawat anak dengan kondisi demikian tentu berbeda dengan anak normal. Pasalnya, mereka butuh perhatian ekstra dalam pengasuhannya.

Merawat Si Kecil sering kali pasti membuat sebagain besar orangtua stres dan frustasi. Jika dibiarkan, stres akan berdampak buruk pada kesehatan orangtua. Ini akan berdampak juga pada kualitas hidup anak. Nah, pada kelas ini, nantinya orangtua juga berlatih untuk mengendalikan emosi dan stres yang dihadapi.

Manfaat lain yang bisa didapatkan para orangtua yang ikut kelas parenting adalah terjalinnya hubungan antarorangtua dengan masalah yang sama. Dengan begini, orangtua bisa saling bertukar pikiran dan memberi dukungan satu sama lain dalam mengasuh anak.

 

Jadi, Wajibkah Orangtua Ikut Kelas Tersebut?

Kelas Parenting Sedang Booming! Apakah Orangtua Wajib Mengikutinya?

Credit Image - stlparenteducation.com

Meski sangat membantu, tidak berarti setiap orangtua wajib mengikuti kegiatan ini. Ikut kelas parenting mengharuskanmu menyediakan waktu luang untuk menghadiri setiap kelasnya. Bagi orangtua yang sibuk bekerja, kemungkinan hal ini sulit dilakukan. Kamu perlu menyesuaikan jadwal kelas dengan jam kerja harian.

Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk ikut setiap kelasnya. Jadi, sebelum memutuskan untuk mengikuti kegiatan ini, bicarakan lebih dulu dengan pasangan. Pertimbangkan tersediannya waktu dan biaya yang dimiliki, ya.

Jika waktu dan biaya tidak memadai, kamu tetap bisa, kok, memperdalam pengetahuan dalam mengasuh anak dari buku-buku. Jika masih kurang yakin, buat jadwal konsultasi dengan dokter anak atau psikolog anak untuk membantu kamu dalam mengasuh Si Kecil.

 

Yang Terpenting, Pastikan Moms Sudah Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Mengikuti kelas parenting memang dapat membantu dalam mengasuh anak, sekaligus mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Meski demikian, yang tidak boleh dilupakan, yaitu memastikan kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi dengan baik.

Dalam hal ini, ada beragam komponen yang harus ada dalam menu makanannya, seperti karbohidrat, lemak, protein hewani dan ikan, buah dan sayur, makanan dengan kandungan susu, serta kacang-kacangan.

Untuk memaksimalkan proses pertumbuhan anak dengan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya, pastikan moms sudah memberikan asupan vitamin dan mineral – yang bisa dioptimalkan dengan memberi Si Kecil asupan multivitamin dengan kandungan lengkap.

Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, gimana moms? Sekarang sudah jelas ya bahwa mengikuti kelas parenting boleh saja, tetapi bukan sebuah kewajiban, kok. Kamu mesti tetap menyesuaikan dengan budget – dan juga waktu yang dimiliki.

 

 

Featured Image – childrenswellness.care


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!