Seperti diketahui, kasus Covid-19 tengah menjadi perhatian banyak negara, termasuk Indonesia. Pasalnya, varian terbaru tersebut memiliki tingkat mutasi tinggi, sehingga proses penularannya pun semakin cepat. Dengan ditemukannya Omicron di Indonesia, maka masyarakat juga harus makin waspada.

Selain waspada, mengenali beragam gejala Covid terbaru juga tak kalah pentingnya. Dengan demikian, jika kamu – atau orang di sekitar terpapar, penanganan tepat dapat segera dilakukan. Gejala Omicron pun punya tanda-tanda yang khas, lho.

Sejak pertama kali dilaporkan, dokter yang menangani varian ini, yaitu Angeliquee Coetzee menginformasikan bahwa Omicron tidak memiliki gejala yang berat, namun berbeda dibanding lainnya. Lantas, apa saja gejala Covid terbaru ini?

Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

Gejala Omicron yang Sering Dialami

Credit Image - sehatq.com

Ada pun berbagai gejala Covid terbaru yang masih tergolong ringan ini dapat berupa:

  • Nyeri otot
  • Kelelahan ekstrem
  • Tidak enak badan
  • Sakit kepala

Deretan gejala tersebut terbilang berbeda, meskipun masih tergolong ringan jika dibandingkan dengan kasus yang sebelumnya. Sementara itu, WHO memastikan bahwa varian ini dapat memicu reinfeksi – artinya, bagi yang sudah pernah terpapar, maka ada risiko terjangkit kembali.

Risiko reinfeksi pun lebih tinggi pada varian Omicron dibandingkan varian yang lainnya. Infeksi varian ini juga diduga lebih tinggi pada usia muda – dan bagi mereka yang belum memperoleh dosis vaksinasi Covid-19.

 

Gejala Khasnya di Malam Hari

Berikutnya, ada pula gejala Covid terbaru yang biasanya hanya muncul di malam hari. Ungkapan ini diperoleh dari data awal penelitian. Seorang dokter umum Unben Pillay menyebut satu gejala yang mungkin muncul di malam hari yakni berkeringat (night sweats). Dalam briefing bersama Departemen Kesehatan Afrika Selatan, ia berkata gejala tersebut dilaporkan oleh pasien Omicron.

Hal ini merupakan kondisi tubuh berkeringat hingga baju dan tempat tidur basah, padahal kamar sejuk. Melansir Express, Pillay juga menyebut ada pasien gejala Omicron di malam hari yang datang dengan batuk kering, demam, dan nyeri tubuh. Namun, bagi yang sudah vaksin cenderung memiliki kondisi gejala lebih ringan.

Sementara itu Angelique Coetzee, dokter umum yang berbasis di Pretoria, mengatakan banyak pasien yang dia temui menunjukkan gejala tidak biasa. Ditemukan pasien mengalami kelelahan parah, dan tidak ada yang melaporkan kehilangan kemampuan mengecap atau mencium.

Meski informasi tentang varian Omicron masih tipis, varian ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Vaksin masih menjadi salah satu elemen penting untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19 selain dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas.

Dengan adanya informasi tersebut, bisa dikatakan bahwa vaksin memang dapat memberikan dampak perlindungan. Di Afrika Selatan, di mana varian Omicron terdeteksi, sebanyak 87 persen pasien dirawat di rumah sakit termasuk pasien yang tidak divaksin. Gejala Omicron di malam hari ini harus diwaspadai dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat dan vaksinasi Covid-19. 

 

Dapat Menyebabkan Ruam pada Kulit

Credit Image - health.kompas.com

Gejala Covid terbaru juga bisa diperhatikan dari ruam yang muncul di bagian kulit. Dari penelitian, disebutkan ada dua jenis ruam yang tengah diamati pada pasien positif, yaitu ruam berupa benjolan gatal dan tipe biang keringat.

Ruam jenis gatal-gatal biasanya muncul dalam bentuk benjolan di kulit, datang dan pergi dalam waktu yang relatif singkat. Gejala Covid terbaru berupa ruam biasanya dimulai pada telapak tangan atau telapak kaki yang terasa sangat gatal. Ruam seperti ini bisa muncul sejak awal terinfeksi dan bisa juga berlangsung lama setelahnya.

Selain itu, ruam kulit juga dapat berupa tipe biang keringat maupun cacar air yang muncul di area kecil – dan terasa gatal serta memiliki benjolan merah. Gejala Covid terbaru ini bisa ditemukan di mana saja di area tubuh, tapi umumnya muncul di siku, lutut, punggung, dan kaki.

Pada pasien Omicron, gejala Covid terbaru ini pun bisa bertahan selama berhari-hari – bahkan, selama beberapa minggu. Begitu yang disebutkan oleh laporan aplikasi Zoe Covid. Penelitian mtersebut memperingatkan bahwa gejala kulit ini sering terjadi ketika tidak ada gejala lain yang terkait dengan Covid-19.

Faktanya, 21 persen pengguna aplikasi melaporkan ruam sebagai satu-satunya gejala virus corona yang sedang berlangsung. Selanjutnya, 17 persen mengalami ruam sebagai gejala awal mereka yang dapat membantu mengenali infeksi Omicron sejak dini.

 

Lantas, Apa yang Bisa Dilakukan?

Langkah paling efektif yang dapat dilakukan individu untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron, yaitu:

  • Menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain
  • Memakai masker yang sesuai
  • Membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi
  • Hindari ruang yang berventilasi buruk atau ramai
  • Menjaga tangan tetap bersih
  • Mendapatkan vaksin segera

Biar perlindungan diri semakin optimal, kamu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Nah, itulah beragam gejala Covid terbaru, baik umum maupun yang khas. Untuk itu, tetap waspadai sejumlah indikasi di atas, ya!

 

 

Featured Image – japantimes.co.jp