Punya Pekerjaan Full Time Tapi Butuh Penghasilan Tambahan? Lakukan 5 Tips Ini Saja!

Punya Pekerjaan Full Time Tapi Butuh Penghasilan Tambahan? Lakukan 5 Tips Ini Saja!

font size A Ǎ

Banyaknya kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi membuat banyak karyawan yang ingin menggeluti penghasilan tambahan. Menjalani kegiatan ini memang penting bagi sebagian orang, asalkan kamu bisa membagi waktu secara baik dengan pekerjaan utamamu, ya.

Masalah bisa saja terjadi ketika kamu tidak dapat menerapkan manajemen waktu, sehingga tugas dari pekerjaan utama – dan pekerjaan tambahan pun tidak bisa diselesaikan dengan maksimal. Mengingat, waktu dan tenaga yang dimiliki juga terbatas.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar tetap bisa memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus mengorbankan pekerjaan utamamu? Berikut ini 5 caranya yang dapat diterapkan.

 

 

#1 – Menjadi Mitra Usaha Patut Dipertimbangkan

Punya Pekerjaan Full Time Tapi Butuh Penghasilan Tambahan? Lakukan 5 Tips Ini Saja!

Credit Image - finance.detik.com

Menjalankan usaha kecil, bisanya tidak membutuhkan banyak dana untuk beroperasi, dikarenakan cangkupan pasarnya yang memang belum luas. Namun, tidak sedikit pebisnis yang ingin memperluas usahanya – yang tentu membutuhkan modal tambahan.

Dengan begitu, kamu dapat membantu pebisnis tersebut, lho, yaitu dengan menjadi salah satu rekan bisnis. Kamu bisa menjadi mitra pasif untuk menginvestasikan sebagian dana yang kamu miliki untuk digunakan dalam bisnis tersebut.

Nantinya, pembagian keuntungan dapat disesuaikan dengan kesepakatan yang sudah ditentukan bersama dengan mitra bisnis. Dari sini, penghasilan tambahan bisa diperoleh – dan pekerjaan utamamu tak akan terganggu!

 

#2 – Pekerja Lepas

Setiap keahlian yang kamu miliki merupakan sebuah aset untuk menghasilkan pundi-pundi keuangan yang lebih besar, lho. Kamu dapat menjual berbagai kemampuan yang dimiliki sebagai jasa bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Misalnya, kalau kamu memiliki kemampuan di bidang menulis, maka dapat menjual jasa menulis artikel untuk blog atau platform lainnya. Atau jika kamu memiliki kemampuan di bidang desain grafis, kamu juga dapat menjual jasa desain.

Nah, bayaran yang diperoleh juga akan bergantung pada jam terbang yang kamu miliki. Intinya, semakin bagus portfolio yang dimiliki, maka semakin besar upah yang harus dibayar oleh klien agar bisa mendapatkan jasa kamu.

Kalau kamu tertarik menjalani cara mendapat penghasilan tambahan ini, cobalah mencari berbagai pekerjaan freelance melalui internet, ya.

 

#3 – Bangun Passive Income dari Blog

Punya Pekerjaan Full Time Tapi Butuh Penghasilan Tambahan? Lakukan 5 Tips Ini Saja!

Credit Image - howmoneyindonesia.com

Tahukah kamu bahwa saat ini pekerjaan menjadi blogger sudah menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan? Bukan hanya sebagai sumber penghasilan utama – namun menulis blog juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan tambahan, kok.

Dengan mengembangankan hobi yang kamu miliki dalam menulis dan beberapa hal lain seperti kuliner, traveling, teknologi, atau hal lainnya kamu berpeluang mendapatkan passive income melalui hal ini.

Cukup dengan berbekal tulisan yang menarik mengenai hobi, kamu pun bisa membuat blog dikunjungi oleh banyak pengunjung. Setelahnya, kamu bisa mulai menjual jasa iklan – atau menulis artikel yang mempromosikan suatu produk atau jasa.

Apapun aktivitas yang kamu lakukan di blog dapat menjadi sesuatu yag menghasilkan uang dengan mudah, ya. Tapi, kamu harus konsisten dalam memberikan konten-konten menarik, sehingga penghasilan tambahan dari blog pun bisa dinikmati secara maksimal!

 

#4 – Menjadi Penjual Online

Dalam memperoleh penghasilan tambahan, kamu juga harus berusaha terus mengamati tren yang tengah berkembang. Cobalah terus mengikuti tren yang ada – dan carilah keuntungan yang besar dari hal tersebut.

Seperti, salah satu tren yang ada saat ini adalah berjualan online, baik melalui media sosial maupun marketplace yang ada. Nah, kamu dapat memanfaatkan tren ini untuk menjadi penjual online untuk beberapa produk.

Cara mendapat penghasilan tambahan yang satu ini memang menggiurkan, ya?

 

#5 – Punya Kemampuan IT? Manfaatkan Hal Ini!

Punya Pekerjaan Full Time Tapi Butuh Penghasilan Tambahan? Lakukan 5 Tips Ini Saja!

Credit Image - vokasi.co.id

Yang terakhir, bagi dirimu yang punya kemampuan IT, apalagi dalam hal apps developer, website, maupun programming – maka jangan sia-siakan skill yang satu ini, dan segera manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Kamu dapat menjual jasa kamu kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Tak berhenti sampai situ saja, kamu bisa memperoleh upah yang cukup besar dalam mengerjakan pekerjaan IT, lho. Jadi, apakah kamu memiliki skill ini?

Menjalani pekerjaan lainnya untuk memperoleh penghasilan tambahan wajar saja dilakukan, asalkan kamu tetap bisa membagi waktu dengan baik, ya. Selain itu, menjaga kesehatan tubuh agar tak mudah lelah juga perlu, lho. Sehingga, kedua pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara maksimal.

Untuk itu, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian tak bakal terganggu, ya.

 

Itulah kelima tips mudah memperoleh penghasilan tambahan, ketika kamu memang memiliki pekerjaan utama. Tertarik menerapkannya?

 

 

Featured Image – aturpundi.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!