6 Strategi Belanja Hemat Selama Pandemi, Biar Kantong Tak Gampang Bolong!

6 Strategi Belanja Hemat Selama Pandemi, Biar Kantong Tak Gampang Bolong!

font size A Ǎ

Meskipun ekonomi di Indonesia sudah mulai meningkat sejak pandemi berlangsung, namun bukan berarti kamu boleh langsung boros – atau justru makin sering menghambur-hamburkan uang, ya. Pasalnya, menahan keinginan untuk berbelanja merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, lho.

Selain itu, ada juga kebutuhan tak terduga yang membutuhkan budget tinggi, seperti membeli gadget untuk mendukung sekolah anak, atau belanja kebutuhan pribadi yang memang sudah waktunya dibeli, termasuk kebutuhan lainnya.

Biar kantong tak gampang bolong, kamu sangat disarankan menerapkan strategi belanja, sehingga kebutuhan tetap bisa terpenuhi tanpa harus menimbulkan masalah finansial. Lantas, apa saja cara tersebut?

 

 

Anggarkan Budget Belanja Bulanan

6 Strategi Belanja Hemat Selama Pandemi, Biar Kantong Tak Gampang Bolong!

Credit Image - journal.sociolla.com

Prinsip utama agar penghasilan kamu tidak terkuras untuk belanja ialah dengan menetapkan budget maksimal belanja, misalnya sebesar 10% per bulan. Artinya, kamu hanya boleh menghabiskan maksimal sejumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan.

Mengalokasikan budget ini penting untuk menghindarimu dari belanja impulsif. Dengan mengalokasikan sepersepuluh dari gaji untuk belanja, kamu masih punya 90% lain yang bisa digunakan untuk – 30%-40% biaya bulanan, 30% untuk investasi, proteksi, dan tabungan, serta 20%-30% untuk membayar cicilan kredit jika ada.

 

Menentukan Prioritas, Belanja Sesuai Kebutuhanmu

Jika ternyata keperluan yang ingin kamu beli lebih besar dari 10% budget yang telah dianggarkan, maka saatnya dirimu membuat skala prioritas. Misalnya, kalau kamu masih menerapkan kebijakan bekerja dari rumah, tentu saja kebutuhan internet pun bertambah. Nah, hal ini lebih penting dibanding membeli berbelanja.

Selain itu, jika kamu memiliki hobi yang membutuhkan banyak pengeluaran, seperti bersepeda – dan berniat untuk membeli sepeda baru, maka tangguhkan keinginan tersebut agar bisa membeli kebutuhan yang lebih mendesak.

 

Kurangi Memesan Makanan Melalui Aplikasi Online

6 Strategi Belanja Hemat Selama Pandemi, Biar Kantong Tak Gampang Bolong!

Credit Image - startup.info

Cara menghemat pengeluaran yang pertama adalah mengurangi intensitas memesan makanan lewat online. Bayangkan jika kamu memesan makanan untuk 3 kali waktu makan dalam sehari. Pasti butuh uang yang tidak sedikit untuk membayar pesanan makanan-makanan tersebut, kan?

Sebagai gantinya kamu bisa memasak sendiri di rumah. Terlebih jika di dalam rumah terdapat banyak anggota keluarga. Selain lebih hemat, memasak makanan sendiri di rumah bisa membuatmu lebih sering makan makanan sehat yang baik untuk meningkatkan imun di masa pandemi ini.

 

Manfaatkan Diskon dari Online Shop

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk berhemat adalah memanfaatkan diskon ketika berbelanja. Beberapa online shop memberikan diskon ketika berbelanja. Kamu bisa manfaatkan diskon tersebut untuk berbelanja hal-hal yang penting dan benar-benar dibutuhkan kamu butuhkan sekarang ini.

Hal penting yang kamu ingat adalah jangan terbuai dengan diskon sehingga kamu memborong segala macam barang. Bukannya berhemat, kamu malah kalap belanja dan tidak jadi menghemat uang. Belilah seperlunya saja, ya.

 

Tetap Sisihkan Pengeluaran Untuk Dana Darurat

6 Strategi Belanja Hemat Selama Pandemi, Biar Kantong Tak Gampang Bolong!

Credit Image - ekrut.com

Di sela-sela pengeluaran, kamu perlu menyisihkan sebagian uang yang dikhususkan sebagai dana darurat. Dana darurat yang terkumpul bisa menjadi uang cadangan jika kamu mengalami keadaan darurat seperti harus diberhentikan dari pekerjaan. 

Skenario terburuknya, ketika diberhentikan dari pekerjaan kamu bisa menggunakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan. Namun, kalau mengalami kondisi tersebut, jangan lupa untuk segera sumber penghasilan baru sebelum dana darurat habis.

 

Menjaga Kesehatan Guna Hemat Pengeluaran

Menjaga kesehatan di masa pandemi merupakan langkah tepat dalam menghemat pengeluaran. Sebab, sakit di masa pandemi bisa membuatmu mengeluarkan uang ekstra karena selain perawatan di klinik kesehatan, kamu juga perlu melakukan serangkaian tes untuk memastikan kamu tidak terjangkit virus Covid-19.

Kamu bisa menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, makan makanan sehat, istirahat cukup, dan kelola stres dengan baik. Kegiatan-kegiatan tersebut mampu meningkatkan imun sehingga kamu tidak gampang sakit.

Selain itu, lengkapi hidup sehatmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah keenam strategi untuk berbelanja secara hemat selama pandemi. Yuk, diterapkan agar kondisi keuangan tetap terjaga!

 

 

Featured Image – lifepal.co.id

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!