5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Bisa Bikin Makin Produktif!

5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Bisa Bikin Makin Produktif!

font size A Ǎ

Padatnya aktivitas harian kerap kali membuatmu kekurangan waktu istirahat. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini dapat menurunkan kondisi tubuh, termasuk melemahkan sistem kekebalan. Untuk itu, menerapkan berbagai cara guna meningkatkan kualitas tidur penting dilakukan, lho.

Pasalnya, kualitas tidur juga berpengaruh terhadap produktivitas. Beberapa orang mungkin rela mengorbankan waktu istirahat untuk begadang agar pekerjaan cepat selesai, padahal ini bisa membuatmu kurang produktif.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar waktu tidur bisa tercukupi setiap malamnya, sehingga produktivitas tak terganggu? Berikut ini 5 tipsnya.

 

 

#1 – Jadwalkan Waktu Bangun dan Tidur di Jam yang Sama

5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Bisa Bikin Makin Produktif!

Credit Image - jovee.id

Usahakan pergi dan bangun tidur pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di weekend. Orang dewasa pada umumnya butuh 7-8 jam tidur tiap malam. Maka, jadwalkan waktu tidur dan bangun pagi kamu supaya mencukupi durasi tersebut.

Jangan lupa sesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari. Sebagai contoh, kamu biasanya bangun dan siap-siap kerja mulai pukul 6 pagi. Nah, hitung mundur 8 jam dari waktu bangun pagi itu untuk tahu jam berapa sebaiknya kamu sudah memejamkan mata.

Artinya, sekitar pukul 10 malam kamu harusnya sudah harus tidur. Luangkan 30-60 menit sebelum beranjak tidur untuk menyelesaikan segala urusan kantor maupun pribadi, agar pikiranmu lebih tenang.

 

#2 – Buat Suasana Kamar Lebih Nyaman

Kamar yang sejuk, sepi, dan remang-remang sangat ideal untuk membuatmu lebih cepat tidur. Sebab, hormon melatonin yang memicu ngantuk akan dilepaskan oleh otak lebih banyak saat kondisi sekitar tubuh gelap dan dingin.

Nantinya, tak juga akan pelan-pelan menurunkan suhu tubuh untuk membuat badanmu rileks dan siap-siap istirahat. Melansir Healthline, tidur di kamar yang terang, berisik, dan gerah membuat otak menganggapnya masih siang.

Oleh karena itu, biasakanlah juga untuk tidak nonton TV, main laptop, atau pegang HP di atas tempat tidur. Sinar dari layar sama-sama dapat “menipu” otak, sehingga justru meningkatkan hormon adrenalin untuk membuatmu terus melek.

Kalau kamu memang butuh tidur pakai lampu, gunakanlah lampu tidur khusus yang sinarnya memang tidak terlalu terang, ya.

 

#3 – Jernihkan Pikiran Sebelum Pergi Tidur

5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Bisa Bikin Makin Produktif!

Credit Image - riliv.co

Sisa-sisa stres, kecemasan, kekhawatiran, bahkan kemarahan yang kamu rasakan sepanjang hari bisa terbawa sampai malam kalau terus dibiarkan. Akibatnya, kamu jadi makin susah tidur nyenyak kalau pikiran sedang kalut.

Melepas stres sebelum tidur bisa jadi cara paling ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur kamu sepanjang malam. Hal ini bisa diterapkan dengan melakukan hobi, seperti buku. mendengarkan podcast, sampai bermeditasi atau melakukan yoga.

Lakukanlah segala hal yang kamu bisa untuk membuat badan dan pikiran rileks. Tidur dengan badan yang santai dan hati yang damai akan membuatmu bahagia dan semangat bangun pagi, lho!

 

#4 – Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa jadi salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran untuk bantu meningkatkan kualitas tidurmu. Hasil dari berbagai studi melaporkan, mandi atau berendam di air hangat 90 menit sebelum waktunya tidur bisa membantumu tidur lebih cepat dan pulas.

Kontak kulit dengan air hangat akan mengirimkan sinyal ke otak untuk menurunkan suhu tubuh. Ketika tubuh “mendingin”, otak melepaskan melatonin sehingga kamu jadi siap untuk tidur. Penurunan suhu tubuh juga membantu otot-otot serta saraf jadi lebih rileks dan siap beristirahat.

 

#5 – Konsumsi Vitamin dan Mineral Tertentu

5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Bisa Bikin Makin Produktif!

Credit Image - honestdocs.id

Tahukah kamu bahwa ada sejumlah vitamin dan mineral yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur? Ya, ada vitamin C, vitamin B kompleks, serta zinc.

Memiliki peran untuk jaga kekebalan tubuh, vitamin C pun dikenal sebagai nutrisi yang bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Dikutip dari sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 – dalam Jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya, punya kecenderungan alami masalah sulit tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C – berkaitan erat dengan insomnia.

Selain it, vitamin B, lebih tepatnya vitamin B6 dapat membantu mengurangi stres yang kamu rasakan – dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Dan, zinc juga dapat membantu mengatasi susah tidur. dapat membantu mengurangi stres yang kamu rasakan – dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Nah, cobalah rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin B6, seperti pisang, yogurt, atau oat – kamu bisa konsumsinya sebelum tidur, lho. Sejumlah makanan ini diyakini membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga lebih segar keesokan harinya.

Tak hanya dari beragam jenis makanan saja, ketiga asupan nutrisi tersebut bisa kamu peroleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Gimana? Kelima tips sederhana di atas dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga produktivitas pun tetap terjaga. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – rctiplus.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!