5 Manfaat Memasak Makan Malam Untuk Keluarga, Sudah Tahu?

5 Manfaat Memasak Makan Malam Untuk Keluarga, Sudah Tahu?

font size A Ǎ

Moms, tahukah kamu bahwa memasak makan malam untuk keluarga bisa mendatangkan banyak manfaat baik, termasuk buat kesehatan? Ya, bahkan semakin sering kamu melakukannya bersama pasangan dan Si Kecil, maka hal ini semakin baik, lho.

Di zaman serba instant, tidak sedikit keluarga yang justru lebih memilih membeli makanan dari luar, padahal nutrisi dan kebersihannya belum terjamin. Selain itu, banyak juga yang lebih senang memilih menu praktis, seperti fast food yang berbahaya bagi kesehatan jangka panjang.

Nah, alih-alih makan sembarangan, ada baiknya memasak makan malam untuk keluarga sendiri di rumah, lho. Hal ini bakal memberikan berbagai dampak baik. Apa saja? Menurut Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut ini 5 di antaranya.

 

 

#1 – Keluarga Jadi Mengonsumsi Makanan Sehat

5 Manfaat Memasak Makan Malam Untuk Keluarga, Sudah Tahu?

Credit Image - doktersehat.com

Sebuah survei di tahun 2000 yang dilakukan oleh Harvard Medical School, Amerika Serikat menunjukkan, anak di usia 9-14 tahun yang terbiasa makan malam di rumah – apalagi bersama keluarga akan lebih sering mengonsumsi buah dan sayur, ketimbang minuman bersoda maupun makanan junk food.

Tak hanya itu, memasak makan malam untuk keluarga juga memungkinkanmu makan bersama dengan anggota keluarga lainnya, kan? Hal inilah yang membuat orangtua dan anak mampu menjalin komunikasi lebih baik.

 

#2 – Terhindar dari Beragam Masalah Kesehatan

Riset yang dilakukan oleh University of Minnesota of Public Health di Amerika menunjukkan, anak-anak yang makan bersama keluarga cenderung terhindar dari berbagai masalah kesehatan, seperti depresi dan gangguan makan.

Bisa dikatakan bahwa memasak makan malam untuk keluarga – dan menyantapnya bersama-sama merupakan waktu paling baik untuk berbincang demi menjaga hubungan dan komunikasi. Namun sayangnya, karena berbagai alasan makan bersama dengan keluarga dalam satu meja terkadang dilupakan, bahkan tak lagi menjadi keharusan.

Padahal menghabiskan waktu makan bersama keluarga di rumah setiap hari di satu meja, punya banyak manfaat, moms. Dikutip dari Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ini adalah manfaat meluangkan waktu makan bersama orangtua dan anak-anak di rumah.

 

#3 – Menghindari Anak dari Perilaku Buruk

5 Manfaat Memasak Makan Malam Untuk Keluarga, Sudah Tahu?

Credit Image - ibudanbalita.com

Manfaat membuat makan malam untuk keluarga – dan makan malam bersama juga bisa menghindari sang buah hati dari perilaku tidak terpuji, moms. Sudahkah kamu mengetahui manfaat baik yang satu ini?

Menurut laporan Asosiasi Keamanan Medis Masyarakat CASA Amerika Serikat, makan malam dengan keluarga di rumah, setidaknya lima kali dalam seminggu, secara drastis menurunkan keinginan anak untuk merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan terlarang.

 

#4 – Terhindar dari Stres

Pada tahun 2008, para peneliti di Brigham Young University, AS, melakukan studi terhadap pekerja dan menemukan bukti bahwa makan bersama keluarga bisa membantu mengurangi ketegangan akibat stres di kantor.

Jadi, bagi moms dan pasanganmu yang memiliki pekerjaan cukup berat, atau tengah lelah maupun jenuh dengan pekerjaan sehari-hari, maka cobalah luangkan waktu untuk makan malam bersama keluarga. Cara ini ampuh untuk mengurangi rasa stres yang kerap dialami, lho.

 

#5 – Menciptakan Kebersamaan Keluarga

5 Manfaat Memasak Makan Malam Untuk Keluarga, Sudah Tahu?

Credit Image - liputan6.com

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition Education and Behavior, AS, menunjukkan dengan makan bersama akan terbangun kebersamaan antar anggota keluarga. Kesempatan ini bisa digunakan menjadi ajang anggota keluarga untuk berbagai pengalaman sehari-hari.

Bahkan, hal ini juga berkaitan erat dengan kesehatan mental. Dari kebersamaan keluarga yang baik, maka anak-anak pun cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik pula. Anak yang makan dengan orangtuanya secara teratur mampu menyesuaikan diri, memiliki perilaku yang baik, hingga kemampuan berkomunikasi yang terus meningkat.

Menjaga kesehatan keluarga nyatanya dapat dimulai dengan membuat makan malam untuk keluarga, hingga menyantapnya bersama-sama, moms. Namun, yang tidak kalah pentingnya, pastikan anggota keluarga sudah memperoleh asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Untuk orangtua – maupun dewasa, disarankan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Pastinya, kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan fungsi otakmu, ya. Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks pada  Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Dan untuk anak-anak, moms bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah beragam manfaat baik dari menyiapkan makan malam untuk keluarga di rumah. Sudahkah moms rutin melakukan hal yang satu ini?

 

 

Featured Image – gramedia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!