Deretan Cara Agar Tidak Sakit Batuk Selama Musim Peralihan, Wajib Diterapkan!

Deretan Cara Agar Tidak Sakit Batuk Selama Musim Peralihan, Wajib Diterapkan!

Memasuki musim peralihan, batuk kerap kali jadi penyakit langganan yang dialami banyak individu. Tak hanya itu, batuk bisa disertai oleh flu – keduanya bisa muncul bersamaan karena ekstra lendir yang diproduksi paru ketika sudah naik sampai ke tenggorokan.

Untuk itu, melakukan sejumlah cara agar tidak sakit batuk selama musim pancaroba tidak boleh dilewatkan, lho. Pasalnya, batuk yang dibiarkan begitu saja pun bisa menimbulkan rasa tidak nyaman ketika beraktivitas.

Lantas, apa saja cara agar tidak sakit batuk yang disarankan? Berikut ini 6 di antaranya. Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Rajin Mencuci Tangan

Deretan Cara Agar Tidak Sakit Batuk Selama Musim Peralihan, Wajib Diterapkan!

Credit Image - halodoc.com

Cara agar tidak sakit batuk yang pertama, yakni memerhatikan kebersihan bagian tangan. Bagian tersebut mampu menjadi rumah bagi kuman penyebab penyakit. Tercatat, terdapat kurang lebih 5 ribu bakteri yang hidup di permukaan tangan. Oleh karena itu, seseorang bisa saja rentan jatuh sakit kalau jarang cuci tangan.

Cuci tangan adalah salah satu cara paling jitu untuk mencegah penularan batuk, lho. Namun caranya tentu tidak cukup hanya dengan membasuh menggunakan air. Kamu perlu menerapkan langkah mencuci tangan yang benar, yaitu dengan menggosokkan telapak tangan dengan sabun selama 60 detik, atau 30 detik dengan hand sanitizer berbasis alkohol.

Salah satu tips sederhana lainnya adalah tidak berjabat tangan dengan orang yang sakit karena terdapat kemungkinan bahwa orang yang batuk dan bersin akan menutup mulut dengan kedua telapak tangan kamu.

Untuk itu, hindari berjabat tangan dengan orang yang sakit batuk atau pilek untuk mencegah penularan batuk.

 

#2 – Hindari Menyentuh Wajah

Mencegah tertular batuk selama musim pancaroba juga bisa dilakukan dengan tidak menyentuh wajah. Sayangnya, cara agar tidak sakit yang satu ini masih kerap dilupakan, lho. Padahal, kebiasaan ini tak baik buat kesehatan tubuh, apalagi kalau belum mencuci tangan.

Virus dapat memasuki tubuh melalui lapisan mukosa di mata, hidung, dan mulut. Itu sebabnya, kamu tidak dianjurkan untuk menyentuh wajah Anda karena Anda tidak tahu apakah di tanganmu terdapat virus penyebab batuk.

Jika ada teman atau anggota keluarga di rumah yang sedang sakit, ada baiknya kamu membatasi interaksi langsung dengan orang tersebut. Selain itu, kamu bisa meminta mereka memakai masker ketika sakit dan beristirahat dulu sampai benar-benar pulih.

 

#3 – Gunakan Masker

Deretan Cara Agar Tidak Sakit Batuk Selama Musim Peralihan, Wajib Diterapkan!

Credit Image - pontas.id

Virus batuk dapat menular dari orang yang sakit ke orang sehat dengan mudah lewat tetesan air liur saat berbicara, batuk, atau bersin. Tetesan liur yang mengandung virus ini bisa terhirup langsung oleh hidung atau menempel di tangan hingga akhirnya masuk ke tubuh.

Virus yang ukurannya kecil, memang tetap dapat lolos jika kamu memakai masker biasa, seperti surgical mask. Namun, penggunaan masker setidaknya dapat mengurangi paparan virus, dan merupakan cara mencegah penyakit yang lebih baik ketimbang tidak pakai masker sama sekali.

 

#4 – Konsumsi Makanan Bergizi

Menjaga pola makan teratur dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imun sebagai cara mencegah penularan virus yang menyebabkan batuk. Lengkapilah kebutuhan gizi harian kamu dengan asupan nutrisi seperti antioksidan yang didapatkan melalui vitamin C dan mineral.

Selain itu, dari sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi jamur dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Orang yang makan jamur shitake yang dimasak setiap hari selama satu bulan menunjukkan adanya peningkatan produksi sel limfosit T yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, jamur bisa menjadi makanan yang baik untuk mencegah gejala batuk dan flu.

Dan, cara agar tidak sakit batuk lainnya yang juga berkaitan dengan pola makan, yakni mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah sejumlah gejala flu dan batuk, lho.

 

#5 – Istirahat yang Cukup

Deretan Cara Agar Tidak Sakit Batuk Selama Musim Peralihan, Wajib Diterapkan!

Credit Image - klikdokter.com

Beraktivitas boleh, tapi sebisa mungkin jangan sampai memforsir tubuh tanpa rehat sama sekali. Selain membuat kamu cepat stres, kesibukan tanpa batas akan membuat tubuhmu kekurangan waktu tidur. Kesibukan berlebihan sering kali memicu kurangnya jam tidur. Kurangnya jam tidur memicu stres yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan akibat turunnya kinerja sistem imunitas tubuh.

Studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam hampir tiga kali lebih rentan terhadap pilek dibandingkan dengan orang yang tidur cukup delapan jam sehari.

Jadi, cara agar tidak sakit batuk lainnya yang juga wajib dilakukan, yaitu memastikan kamu sudah mendapatkan waktu tidur cukup – yang menjadi salah satu cara mencegah tertular penyakit, termasuk batuk. Tidur cukup akan membantu tubuh mengisi ulang stamina untuk keesokan hari. Dengan demikian, kamu bisa lebih kebal dari berbagai macam penyakit.

 

#6 – Mendapatkan Asupan Vitamin C Untuk Tingkatkan Imunitas

Menghindari tertular batuk juga perlu dilakukan dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam hal ini, imunitas tubuh bisa didongkrak dengan rutin mendapatkan asupan vitamin C – yang bisa diperoleh dari buah-buahan, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, buah berries, dan nanas.

Tak hanya itu, vitamin C juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active, lho.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah keenam cara agar tidak sakit batuk yang bisa diterapkan, terutama selama musim peralihan. Tak hanya menghindari batuk, tapi sejumlah tips tersebut juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, lho.

 

 

Featured Image – honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!