Sering Dialami, Ini 6 Tips Mudah Atasi Perut Terasa Begah

Sering Dialami, Ini 6 Tips Mudah Atasi Perut Terasa Begah

font size A Ǎ

Masalah perut terasa begah kerap kali dialami, apalagi kalau kamu habis makan dalam porsi yang terlalu banyak. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena penyebab perut kembung tidak terlalu berat, kok. Apakah kamu pernah merasakannya? Ada sejumlah cara mudah membuatnya cepat membaik.

Perut terasa begah terjadi apabila ada gas yang menumpuk di dalam pencernaan, seperti usus dan lambung. Kondisi ini dapat disebabkan oleh masuknya udara dari luar – atau meningkatnya produksi gas di dalam usus.

Nah, untuk mengatasi perut terasa begah, ada 6 tips yang bisa dilakukan. Apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

#1 – Sengaja Sendawa atau Buang Angin

Sering Dialami, Ini 6 Tips Mudah Atasi Perut Terasa Begah

Credit Image - diadona.id

Jika kamu sering menahan buang angin atau sendawa, sebaiknya ubah kebiasaan ini agar perut tidak lagi kembung. Buang angin dan sendawa merupakan cara alami tubuh untuk meredakan perut kembung dengan cara menghilangkan kelebihan gas di dalam perut.

Jadi, bila perut sudah terasa tidak nyaman, cepat-cepat cari kesempatan untuk menjauhkan diri dari orang sekitar untuk buang gas. Untuk membuat perut terasa lebih lega, kamu juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dengan buang air besar, ya.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba sendawa – yang mampu mengeluarkan gas yang tertahan di dalam perutmu.

 

#2 – Kompres Air Hangat

Selanjutnya, mengatasi perut terasa begah bisa dilakukan dengan mengompres air hangat. Kalau kamu sedang punya banyak waktu luang di rumah, tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini untuk mengatasi perut kembung. Cukup siapkan waslap atau kain bersih, baskom, dan air hangat.

Rendam waslap atau kain bersih dalam satu baskom air hangat, lalu peras kelebihan airnya. Tempelkan kompres hangat tersebut selama 10 – 15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram.

Suhu hangat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah yang membawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, sehingga bisa mengurangi sakit perut, kembung, serta mengeluarkan kelebihan gas.

 

#3 – Lebih Banyak Bergerak

Sering Dialami, Ini 6 Tips Mudah Atasi Perut Terasa Begah

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Saat perut terasa begah karena kembung, jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi ini menjadi berlarut-larut. Lekas bangkit dari duduk, kemudian cobalah berjalan kaki sebentar kira-kira 10 – 15 menit saja.

Olahraga ringan membantu mengendurkan otot usus dan memperlancar pengeluaran gas. Kiat mengatasi perut kembung yang satu ini juga bisa melancarkan pembuangan feses. Dengan begitu, gas yang menyebabkan kembung akan ikut keluar saat buang air besar.

 

#4 – Beri Pijatan pada Perut

Perut terasa begah juga bisa diatasi dengan memberikan pijatan pada bagian perut. Langkah ini dapat membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan sekaligus menghilangkan gas di dalam perut. Berikut ini caranya:

  1. Letakkan kedua tangan tepat di atas tulang pinggul sebelah kanan.
  2. Pijat perlahan dengan gerakan memutar disertai tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk.
  3. Lakukan pijatan dengan mengarah ke perut bagian atas, kemudian ke tulang rusuk sebelah kiri.
  4. Lanjutkan dengan membawa pijatan tangan tersebut ke bagian bawah menuju tulang pinggul sebelah kiri.
  5. Ulangi cara yang sama seperlunya.

Pijatan pada perut memang diyakini bisa meredakan ketidaknyamanan karena perut kembung. Akan tetapi, jika kondisi kamu tidak kunjung membaik atau pijatan malah memperparah kembung, sebaiknya hentikan pijatan dan pilih perawatan lainnya.

 

#5 – Makan Secara Perlahan

Sering Dialami, Ini 6 Tips Mudah Atasi Perut Terasa Begah

Credit Image - alodokter.com

Kamu dianjurkan untuk makan secara perlahan jika tidak ingin keluhan perut kembung semakin bertambah parah. Pasalnya, kebiasaan makan terlalu cepat dapat memicu masuknya banyak udara ke dalam saluran pencernaan.

Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan perut terasa kembung, penuh, dan begah. Guna mengatasi perut yang kembung dan begah, usahakan untuk selalu mengunyah makanan dengan cara perlahan hingga makanan menjadi halus.

Selain itu, cobalah biasakan diri untuk mengunyah sekitar 30 hitungan. Pastikan mulut kamu tertutup selama mengunyah dan tidak makan sambil berbicara. Kedua hal ini juga akan mencegah masuknya lebih banyak udara ke dalam lambung. Kalau sudah begini, perut terasa begah mudah dicegah, lho.

 

#6 – Menghindari Minuman Bersoda

Jenis minuman soda – maupun minuman berkarbonasi dapat memperparah penumpukan gas di dalam lambung dan usus. Hal ini disebabkan karena bir, soda, dan minuman berkarbonasi mengandung sejumlah gas karbon dioksida di dalamnya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan perut terasa begah.

Karbon dioksida dapat menimbulkan gelembung dalam saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut kembung. Selain itu, kandungan pemanis buatan dalam beragam minuman tersebut juga dapat membuat perut semakin terasa tidak nyaman.

Jika perut terasa begah, cobalah menerapkan sejumlah langkah di atas untuk mengatasinya. Akan lebih baik lagi kalau kamu memang menghindari berbagai penyebabnya – karena, hal ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Biar kondisi tubuh bisa terjaga secara maksimal, kamu juga dianjurkan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Nah, itulah sejumlah cara mudah untuk mengatasi perut terasa begah. Jika kamu tengah mengalaminya, yuk terapkan tips di atas!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!