6 Penyebab Kinerja Karyawan Menurun, Bikin Tak Produktif Juga, Lho

6 Penyebab Kinerja Karyawan Menurun, Bikin Tak Produktif Juga, Lho

font size A Ǎ

Kinerja karyawan seringkali menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah perusahaan. Kalau kerja para karyawannya sudah baik, maka perusahaan pun dapat berkembang dengan pesat. Begitu juga sebaliknya, bisa dipastikan umur perusahaan tidak bisa bertahan lama.

Setiap perusahaan pastinya ingin pekerjanya memberikan kinerja yang maksimal, benar, kan? Tapi sayangnya, ada beragam hal yang justru bisa menurunkan kinerja karyawan, lho. Akhirnya, sejumlah penyebab tersebut akan membuat pekerja tidak produktif.

Lantas, apa saja penyebab menurunnya kinerja karyawan? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Tidak Mendapatkan Apresiasi

6 Penyebab Kinerja Karyawan Menurun, Bikin Tak Produktif Juga, Lho

Credit Image - glints.com

Alasan pertama mengapa kinerja karyawan bisa menjadi menurun adalah karena tidak mendapatkan apresiasi yang layak. Karyawan yang telah bekerja keras dengan penuh loyalitas, tentu mengharapkan apresiasi dari bosnya. Bentuk apresiasi bisa bermacam-macam, mulai dari kenaikan jabatan atau gaji, bonus, hingga hanya sekadar pujian atau ucapan terima kasih.

Jika karyawan tidak mendapatkan salah satu dari apresiasi tersebut, setelah bekerja keras dengan penuh loyalitas, tentu akan membuat mereka sangat kecewa dan merasa bahwa kerja kerasnya tidak dihargai. Tentu hal tersebut bisa membuat mereka kehilangan semangat untuk bekerja lebih baik lagi, sehingga kinerjanya menjadi menurun.

 

Tekanan Kerja yang Tinggi

Selanjutnya, tingkat tekanan dalam sebuah perusahaan juga bisa menjadi faktor yang menurunkan kinerja karyawan.Tekanan di dalam pekerjaan merupakan hal yang umum terjadi, agar target perusahaan dapat tercapai. Namun, tekanan yang terlalu tinggi dapat membuat karyawan menjadi tertekan hingga mengalami stres, lho.

Dalam kondisi tertekan hingga mengalami stres, akan membuat seseorang kesulitan untuk berkonsentrasi dan berpikir dengan optimal, hingga akhirnya berujung pada penurunan kinerja. Selain itu, tekanan kerja yang tinggi membuat karyawan menjadi tidak nyaman dan tak jarang juga yang memilih menyerah dengan menyerahkan surat pengunduran diri. 

 

Gaji yang Tidak Kunjung Naik

6 Penyebab Kinerja Karyawan Menurun, Bikin Tak Produktif Juga, Lho

Credit Image - tribunnews.com

Tak bisa dipungkiri, tujuan utama dari bekerja, yaitu memperoleh gaji. Unsur tersebut paling penting, sebab setiap individu bekerja untuk mendapatkan uang – dan mampu memenuhi kebutuhan harian masing-masing.

Namun, jika perusahaan tak kunjung memberikan kenaikan pada gaji karyawan, atau sering terlambat dari waktu semestinya, tentu akan membuat karyawan kecewa dan merasa kesal. Tentu hal tersebut bisa membuat karyawan menjadi tidak bersemangat dalam bekerja, hingga akhirnya pekerjaan yang dilakukan pun cenderung asal-asalan.

 

Lingkungan Kerja yang Tak Kondusif

Lingkungan kerja yang kondusif, tentu akan membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja hingga akhirnya bisa meningkatkan produktivitas. Kalau sudah begini, kinerja karyawan pun dijamin makin meningkat, ya?

Sebaliknya, kalau tidak ada kenyamanan dalam bekerja, hal ini bisa menurunkan tingkat produktivitas karyawan di perusahaan, lho. Untuk itu, pemilik perusahaan harus bisa menciptakan lingkungan kerja yang kondusif agar para karyawannya bisa lebih produktif dalam bekerja.

 

Karyawan Tak Bebas Mengeluarkan Pendapat

6 Penyebab Kinerja Karyawan Menurun, Bikin Tak Produktif Juga, Lho

Credit Image - glints.com

Dengan tidak memiliki ruang untuk mengeluarkan pendapat, para karyawan akan kesulitan untuk mengeluarkan ide dan mengeksplorasi kemampuan mereka karena takut tidak sesuai dengan kriteria perusahaan.

Selain itu, karyawan juga akan merasa diintimidasi dengan peraturan yang ada, karena mereka tidak diberi kesempatan untuk mengeluarkan pendapatnya, jika terdapat peraturan yang membuat mereka merasa tidak nyaman. Kedua hal tersebut bisa memicu penurunan kinerja karyawan, karena membuat mereka merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja yang terkesan kaku dan tidak kondusif tersebut.

 

Kurang Stamina – Akhirnya Karyawan Jadi Kurang Produktif

Demi memberikan kinerja yang maksimal, tentu saja diperlukan stamina serta energi tubuh yang cukup. Jika tidak, karyawan akan mudah merasa lelah, kurang produktif, dan akhirnya hasil pekerjaan pun tidak optimal.

Untuk mengatasinya, kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kinerja karyawan bakal terus meningkat – dan hasil kerja bisa maksimal, kan? Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Itulah keenam penyebab kinerja karyawan yang gampang menurun. Apakah kamu tengah merasakannya? Jika iya, yuk, segera cari cara guna mengatasinya, ya!

 

 

Featured Image – appsensi.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!