6 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Tertarik Menggelutinya?

6 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Tertarik Menggelutinya?

Tak hanya soal minat dan kemampuan yang dimiliki, namun memilih jurusan kuliah juga menyangkut soal prospek kerja, lho. Bukan rahasia lagi kalau banyak yang memilih jurusan yang banyak peluang kerja. Apakah kamu setuju?

Meski demikian, terkadang jurusan yang diinginkan seseorang tidak selaras dengan minat dan bakat pribadi yang miliki. Akhirnya, hal tersebut menyebabkan banyak yang semakin bingung dalam memilih jurusan kuliah.

Tapi, terlepas dari perkara tersebut, setidaknya ada 6 jurusan yang banyak peluang kerja – dan wajib kamu ketahui. Apa saja? Yuk, simak informasinya di sini.

 

 

#1 – Sains Data

6 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Tertarik Menggelutinya?

Credit Image - pintaria.com

Pertama, sains data menjadi jurusan yang banyak peluang kerja. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ahli pengolahan data. Perusahaan membutuhkan lulusan sains data yang mampu mengolah data menjadi informasi. Karena perannya yang penting, tak mengherankan jika gaji di bidang ini juga besar.

Gaji seorang ahli sains data berada pada kisaran Rp 15.000.000 sampai Rp 40.000.000. Cukup fantastis, bukan? Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Sains Data, di antaranya adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

 

#2 – Informatika

Tidak hanya ahli sains data, perusahaan-perusahaan besar juga banyak membutuhkan ahli teknologi informasi (IT). Seperti diketahui, perkembangan IT sudah meluas ke berbagai bidang kehidupan.

Bahkan, hampir semua perusahaan telah memanfaatkan IT untuk mengembangkan bisnis. Karena peran penting ahli IT dalam kinerja perusahaan inilah seorang ahli IT bisa memiliki gaji yang besar. Gaji seorang ahli IT bisa mencapai antara Rp 15.000.000 sampai Rp 27.000.000.

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Informatika, antara lain UNM, Universitas Telkom (Telkom-U), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (BINUS), dan Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute).

 

#3 – Bisnis Digital

6 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Tertarik Menggelutinya?

Credit Image - sasanadigital.com

Saat ini, sektor digital telah merambah berbagai bidang, tak terkecuali dunia bisnis. Karena itu dibutuhkan kemampuan yang bisa menguasai bidang bisnis digital agar sebuah perusahaan bisa terus berkembang. Tak heran, kalau bisnis digital menjadi jurusan yang banyak peluang kerja, ya.

Sumber daya manusia (SDM) di bidang bisnis digital pun mendapatkan gaji yang cukup besar, yaitu pada kisaran Rp 10.000.000 sampai Rp 35.000.000. Adapun perguruan tinggi yang membuka jurusan bisnis digital, antara lain BINUS, UNM, Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Prasetiya Mulya dan BRI Institute.

 

#4 – Manajemen

Manajemen merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling diminati. Hal itu wajar mengingat lulusan manajemen banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di berbagai bidang. Perusahaan pun menawarkan gaji yang cukup besar untuk SDM unggul di bidang manajemen dengan kisaran gaji Rp 10.000.000 sampai Rp 25.000.000.

Rata-rata perguruan tinggi di Indonesia juga sudah membuka jurusan manajemen, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), ITB, dan UNM.

 

#5 – Teknik Perminyakan

6 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Tertarik Menggelutinya?

Credit Image - alvindocs.com

Selain sulit, jurusan teknik perminyakan dikenal sebagai salah satu jurusan yang memiliki potensi masa depan cerah bagi lulusannya. Bekerja di sektor perminyakan memiliki kisaran gaji yang cukup besar, yaitu antara Rp 10.000.000 sampai Rp 40.000.000.

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan teknik perminyakan, antara lain ITB, Universitas Trisakti dan Universitas Pertamina. Dengan range gaji yang ditawarkan tersebut, teknik perminyakan menjadi salah satu jurusan yang punya banyak peluang kerja. Apakah kamu termasuk yang kuliah dijurusan ini?

 

#6 – Ilmu Komunikasi

Seperti manajemen, ilmu komunikasi juga termasuk jurusan yang banyak diminati di perkuliahan. Hal ini karena lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang bekerja di banyak bidang mulai dari urusan administratif hingga iklan.

Tak heran, jurusan ilmu komunikasi dapat ditemukan di banyak perguruan tinggi, di antaranya UGM, ITB, UI, Universitas BSI, dan lainnya. Kisaran gaji lulusan ilmu komunikasi juga cukup besar, yaitu antara Rp 6.000.000 sampai Rp 12.000.000.
 

Wah, beragam jurusan yang punya banyak peluang kerja di atas memang menggiurkan, ya? Namun, agar seluruh kegiatan, termasuk bekerja bisa dilakukan dengan maksimal, pastikan kamu sudah menjaga stamina dengan baik.

Menjaga stamina bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Nah, itulah keenam jurusan yang banyak peluang kerja. Apakah kamu tertarik menggeluti salah satu jurusan di atas? Atau justru kamu termasuk yang berkecimpung di dalamnya?
 


Featured Image – mediaperawat.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!