Apa yang ada terbayang di pikiranmu kalau mendengat kata buah dan sayuran? Pasti kamu langsung teringat pada warna dan kandungan vitamin maupun mineral di dalamnya. Memang, kedua jenis makanan tersebut kaya akan nutrisi penting bagi fungsi tubuh.

Dengan tingginya kandungan nutrisi tersebut, tidak heran kalau banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak akan memberikan manfaat lebih banyak. Namun sayangnya, hal tersebut tak sepenuhnya benar, lho.

Ingat, semua yang berlebihan tentu tidak baik dan bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Ini termasuk dalam mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat – yang kalau dikonsumsi terlalu banyak justru menjadi tidak sehat.

Apa saja jenis makanan sehat yang tergolong dalam kelompok tersebut? Berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

Pisang

Credit Image - kenyannews.co.ke

Pisang adalah salah satu buah dengan nilai gizi dan serat yang tinggi. Berbagai macam manfaat kesehatan sering dikaitkan dari buah berbentuk melengkung dan berwarna kuning ini. Jika pisang dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, buah ini tidak menimbulkan efek samping apa pun. 

Dilansir Live Science, sebaliknya, saat dikonsumsi secara berlebihan, pisang dapat menyebabkan sakit kepala dan kantuk. Ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam amino, triptofan, dan magnesium yang dikonsumsi, terlebih lagi jika pisang terlalu matang.

Selain itu, pisang merupakan buah yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jadi, makan terlalu banyak pisang dan tidak menjaga kebersihan gigi dengan benar dapat menyebabkan kerusakan gigi. Untuk tetap dapat menikmati manfaatnya, mengonsumsi dua buah pisang dalam sehari dianggap dalam jumlah yang sehat.

 

Keju

Tergolong ke dalam makanan dengan tingginya kandungan garam dan lemak jenuh membuat keju menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, lho. Tingginya kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan asam lambung.

Saat mengonsumsi lebih banyak lemak daripada yang dibutuhkan tubuh, kelebihan lemak tersebut akan diubah menjadi lemak di tubuh. Tetapi memiliki terlalu banyak lemak di tubuh, terutama di sekitar pinggang, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Meskipun keju yang kita konsumsi memiliki garam dan lemak jenuh yang tinggi, bukan berarti kita harus berhenti untuk menikmati keju. Keju juga kaya akan kalsium, protein, dan mengandung probiotik. Cara memakannya adalah kuncinya nikmati keju dalam jumlah sedang saja, ya.

 

Oatmeal

Credit Image - honestdocs.id

Oatmeal merupakan makanan yang akan selalu masuk ke dalam daftar makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi. Terlebih lagi jika kamu berniat untuk melakukan diet tinggi serat dan memulai untuk memiliki gaya hidup sehat. Walaupun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, tapi bukan berarti oatmeal tidak memiliki kekurangan.

Dilansir Duke Student Affairs, diet tinggi serat memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan kadar kolesterol, insulin dan stabilitas gula darah. Meskipun begitu, disarankan agar mengonsumsi sebanyak 25 gram hingga 38 gram serat per hari, lebih dari ini dapat menyebabkan efek negatif.

Serat dapat mengikat mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc, yang membatasi penyerapannya. Selain itu, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, yang mungkin termasuk kembung, sembelit, dan kenaikan berat badan.

 

Nasi

Siapa di sini yang tak merasa kenyang kalau tak makan nasi? Memang, nasi memiliki rasa yang enak sekaligus mengenyangkan. Namun, nasi tak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan, ya. Mengonsumsi nasi putih yang lebih banyak dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Sebuah studi dalam jurnal Diabetes Journals tahun 2020, menjelaskan bahwa nasi putih biasanya memiliki glycemic Index dan glycemic load yang tinggi, sehingga menghasilkan kadar glukosa darah dan insulin yang tinggi. Ini mungkin salah satu alasan mengapa nasi putih dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Meski nasi putih sering kali dikaitkan dengan tingginya risiko diabetes tipe 2, nasi putih belum tentu buruk. Kandungan seratnya yang rendah dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

 

Brokoli

Credit Image - eatthis.com

Brokoli mengandung tiosianat, senyawa yang menyebabkan produksi hormon tiroid meningkat. Akibatnya, kita mungkin akan mengalami kerontokan rambut, penambahan berat badan, kelelahan, dan gondok.

Alasan lain mengapa seseorang harus menghindari terlalu banyak makan brokoli, yakni dapat mengakibatkan masalah dengan buang air besar. Brokoli kaya akan serat yang baik jika dimakan dalam jumlah sedang. Jika kita makan terlalu banyak serat, maka tubuh kita tidak membuat banyak enzim untuk mencernanya.

Walaupun beberapa makanan yang ada di atas tergolong makanan yang tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini bukan berarti kamu harus benar-benar menghindari makanan tersebut, kok.

Mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, pastikan kamu memakannya dalam jumlah yang tepat, ya, apalagi berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan di atas.

Yang tidak kalah pentingnya, dalam menjaga kondisi tubuh tetap bugar, kamu perlu mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah kelima jenis makanan sehat yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah tepat, ya!

 

 

Featured Image – food.detik.com