Tulang Punggung Keluarga Rentan Stres, Gimana Cara Mengatasinya?

Tulang Punggung Keluarga Rentan Stres, Gimana Cara Mengatasinya?

Untukmu yang termasuk tulang punggung keluarga – semangat, ya! Memang, tugas yang satu ini tidak mudah dilakukan, lho. Mengingat, di zaman sekarang, tulang punggung tidak hanya suami atau ayah saja, tetapi bagimu yang masih single pun bisa mesti menjalani tugas tersebut.

Beratnya menjadi tulang punggung keluarga seringkali membuatmu resah – sampai akhirnya stres berkepanjangan. Hati-hati, kalau stres dibiarkan dalam waktu lama, kondisi fisik bisa ikut terpengaruh, termasuk menurunkan kekebalan tubuh. Kalau sudah begini, penyakit bakal mudah menyerang, kan?

Nah, guna mengatasi rasa stres pada tulang punggung keluarga, berikut ini tips yang bisa diterapkan. Yuk, simak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

Tetap Lakukan Self Care

Tulang Punggung Keluarga Rentan Stres, Gimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - gramedia.com

Meski lebih dulu harus mengutamakan anggota keluarga lainnya, seperti anak maupun orangtua, tapi ingatlah bahwa setiap tulang punggung keluarga juga harus memedulikan dirinya sendiri, ya. Cara ini dapat mengurangi rasa stres, lho.

Selain itu, melakukan self care sesekali bukanlah hal yang buruk, kok. Sederhananya, kamu bisa meluangkan waktu untuk membaca novel di waktu senggang, melakukan hobi, maupun pergi ke salon sebentar. Kegiatan ini menyenangkan untuk dilakukan, ya?

 

Memiliki Skala Prioritas

Biasanya, saking sibuknya tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah, kamu seringkali tidak bisa memikirkan hal yang penting – dan yang mesti dilakukan terlebih dahulu. Biar kamu tak rentan stres, pastikan sudah memiliki skala prioritas, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Jika belum memiliki skala prioritas, yuk, segera susun hal tersebut. Perhatikan mana hal yang lebih penting dan mana yang lebih urgent. Dalam hal ini, ada yang penting dan urgent, ada pula yang penting namun tidak urgent. Jadi, perhatikan kembali hal-hal yang masuk ke dalam kelompok tersebut, ya.

 

Jadikan Beban Sebagai Kekuatan

Tulang Punggung Keluarga Rentan Stres, Gimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - kompasiana.com

Jujur saja, menjadi seorang tulang punggung keluarga memang tugas yang melelahkan. Benar, kan? Meski demikian bukan berarti kamu tidak ikhlas dalam menjalaninya, kok. Lagipula ini juga sudah menjadi hal yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Memang, terkadang yang membuat stres semakin menjadi, yaitu karena kamu menanggap tugas ini sebagai beban. Untuk mengatasinya, cobalah jadikan hal tersebut sebagai sumber kekuatan. Melihat anggota keluarga hidup berkecukupan tentu membuatmu bahagia, kan?

 

Mencari Dukungan

Berjuang seorang diri merupakan sesuatu yang melelahkan, benar, ya? Begitulah yang biasanya dirasakan oleh tulang punggung keluarga. Rasa lelah tersebut akhirnya berubah menjadi stres yang berkepanjangan – dan bisa memengaruhi kondisi fisik maupun mental, lho.

Nah, untuk itu, cobalah berbagi beban bersama dan bagikan kepada orang lain, khususnya dengan orang terdekat. Ceritakan hal ini kepada pasangan, keluarga, maupun sahabat. Dan, jika kamu merasa tidak sanggup, tak ada salahnya untuk meminta bantuan, kok!

 

Tetap Berikan Perlindungan Diri

Tulang Punggung Keluarga Rentan Stres, Gimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - health.detik.com

Stres akibat menjadi tulang punggung keluarga bisa membuatmu jatuh sakit, lho. Kalau sudah begini, kamu tak bisa mencari nafkah maupun melindungi anggota keluarga lainnya, ya. Untuk itu, pastikan kamu tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh – yang merupakan investasi hingga masa tua nanti.

Makanya, demi memastikan kamu tetap kuat secara fisik maupun psikis untuk menjalankan peran sebagai tulang punggung keluarga, bersenang-senanglah sesekali. Buat dirimu rileks agar energimu kembali penuh dan kamu siap menjalani segudang aktivitas.

Menjaga energi tubuh selama menjadi tulang punggung keluarga juga sangat disarankan dengan rutin mengonsumsi multivitamin – guna memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, lho. Kedua nutrisi ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Apakah kamu termasuk tulang punggung keluarga? Jika iya, yuk, terapkan kelima tips di atas agar tetap terhindar dari stres – yang mampu menurunkan kondisi kesehatan tubuhmu!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!