Ajari Anak Soal Table Manner, 5 Tips Ini Dapat Membantumu, Moms!

Ajari Anak Soal Table Manner, 5 Tips Ini Dapat Membantumu, Moms!

font size A Ǎ

Walaupun masih berusia dini, namun mengajari anak soal table manner merupakan sesuatu hal yang tidak boleh dilewatkan, moms. Sopan santun akan sangat berguna untuk diajari, sehingga Si Kecil memiliki tata krama yang baik di kemudian hari.

Table manner tidak hanya soal sopan santun ketika makan di luar rumah, lho. Namun, hal ini juga penting saat makan di rumah maupun makan bersama teman-temannya. Dengan mengajari table manner, berarti moms juga sudah memberikan bekal bagi Si Kecil dalam melakukan interaksi sosial.

Mengajari anak soal sopan santun di meja makan mungkin sesuatu yang sedikit tricky, ya. Untuk memudahkan moms, berikut ini 5 tips dalam mengajari anak soal table manner yang bisa diterapkan.

 

 

#1 – Rapi dan Bersih Sebelum Makan

Ajari Anak Soal Table Manner, 5 Tips Ini Dapat Membantumu, Moms!

Credit Image - id.theasianparent.com

Penting bagi anak untuk selalu datang dengan keadaan bersih dan rapi saat hendak makan. Baik itu makan pagi, makan malam, maupun makan siang. Ini menjadi langkah utama dalam mengajari anak soal table manner, moms.

Misalnya, ajari anak untuk selalu mandi sebelum makan malam atau mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini tidak hanya sekadar menandakan rasa hormat pada orang yang menyiapkan makan atau siapa pun yang turut hadir dalam meja makan tersebut. Namun, juga penting dilakukan agar menjadi kebiasaan bagi anak untuk selalu mengingat bahwa kebersihan itu sangat penting.

 

#2 – Ingatkan Selalu Soal Sopan Santun

Bagi Si Kecil yang masih berusia balita, mengajari table manner mungkin membutuhkan sedikit perjuangan, karena usianya yang masih kecil. Tapi, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tak mengajari sopan santun anak di meja makan, moms!

Untuk balita, penting bagimu agar selalu mengingatkan Si Kecil dalam mengingatkan anak menjaga perilakunya. Hal ini sama saja dengam memberitahu anak apa yang moms harapan dari dirinya – dan apa konsekuensi yang akan diberikan ketika anak tidak mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan.

 

#3 – Keterampilan Berbicara

Ajari Anak Soal Table Manner, 5 Tips Ini Dapat Membantumu, Moms!

Credit Image - klasika.kompas.id

Dalam mengajari anak soal table manner, kamu juga perlu memerhatikan keterampilan berbicara. Bisa saja, anak berbicara hal yang buruk – dan biasanya terjadi ketika anak mulai memasuki usia sekolah. Untuk itu, orangtua bisa menjelaskan pembicaraan apa yang cocok dan jawaban yang dapat diberikan.

Biarkan anak berlatih seni percakapan dan mendengarkan secara aktif di rumah. Ini akan melatih anak untuk mengembangkan keterampilan berbicaranya. Beri tahu anak jangan mengajukan pertanyaan yang pada akhirnya akan berujung pada jawaban ya atau tidak, karena akan segera mengakhiri percakapan.

 

#4 – Terus Latihan

Untuk anak usia yang baru saja akan menginjak usia sekolah, suka memilih makanan, menghabiskan makanan dengan lambat, dan suka mencari perhatian adalah hal yang biasa. Dalam hal ini, kunci untuk menanamkan etiket meja yang baik adalah latihan.

Saat anak lupa, moms bisa ingatkan Si kecil untuk menerapkan table manner yang sudah diajari. Dan, ketika anak melakukan table manner dengan benar sesuai dengan yang telah diajarkan, jangan lupa puji dan ucapkan terima kasih, ya.

 

#5 – Berikan Contoh

Ajari Anak Soal Table Manner, 5 Tips Ini Dapat Membantumu, Moms!

Credit Image - alodokter.com

Jika moms khawatir anak akan melupakan table manner yang sudah diajarkan karena terpengaruh oleh temannya yang lain, maka kamu bisa mengingatkan dengan memberi contoh yang baik. Contoh bisa menjadi pengaruh yang baik untuk anak, lho.

Dalam urusan ini, teman mungkin memiliki pengaruh, namun orangtua juga punya pengaruh yang tidak kalah kuatnya. Untuk itu, pastikan moms sudah memberikan contoh yang baik terlebih dahulu, sehingga Si Kecil bisa mengikutinya. Ingatlah, anak merupakan seorang peniru ulung, moms!

Biar momen mengajari anak soal table manner semakin maksimal, pastikan moms juga memenuhi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Dengan demikian, anak bisa semakin fokus dalam mempelajari berbagai hal baru di kehidupannya, ya.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, moms juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk anak. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, gimana? Sekarang moms sudah mengetahui beragam tips mudah dalam mengajari table manner pada anak, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!