Ini 5 Cara Sederhana Redakan Batuk Akibat Covid-19

Ini 5 Cara Sederhana Redakan Batuk Akibat Covid-19

font size A Ǎ

Batuk merupakan salah satu dari gejala virus corona Covid-19 yang paling sering dialami oleh penderitanya. Gejala batuk sendiri adalah refleks tubuh untuk membersihkan debu, dahak, dan iritan lainnya dari paru-paru serta tenggorokan. Seperti diketahui, Corona menyebabkan jenis batuk kering – tapi ada pula beberapa pasien yang merasakan batuk berdahak.

Pada umumnya, batuk dapat hilang dengan sendirinya, jika penyebabnya sudah bisa disembuhkan. Berbeda dengan Covid-19, batuk bisa bertahan sampai dinyatakan sembuh sekalipun. Wah, kondisi ini sangat tidak nyaman, kan?

Nah, berikut ini ada 5 tips sederhana yang dapat membantu meredakan batuk akibat Covid-19 yang bisa dicoba. Yuk, lanjut pembahasannya di bawah, ya!

 

 

#1 – Menerapkan Teknik Kontrol Pernapasan

Ini 5 Cara Sederhana Redakan Batuk Akibat Covid-19

Credit Image - sehatq.com

Cara pertama untuk meredakan batuk adalah dengan melatih pernapasan. Melakukan teknik kontrol pernapasan yang tepat baik untuk menormalkan pola pernapasan dan meningkatkan efisiensi otot-otot pernapasan, termasuk otot diafragma yang memiliki peran besar dalam pernapasan. Ini bertujuan agar pengeluaran energi saat bernapas menjadi lebih sedikit, iritasi pada jalan napas berkurang, mengurangi kelelahan, dan meredakan sesak napas.

Dalam laporan berjudul "Management of post-acute covid-19 in primary care" dalam British Medical Journal menjelaskan bahwa orang yang bergejala batuk harus duduk dalam posisi tertopang dengan baik, serta menarik dan mengembuskan napas dengan perlahan.

Tarik napas melalui hidung, lalu embuskan lewat mulut. Lakukan teknik pernapasan ini dalam kondisi dada dan bahu relaks, serta biarkan perut mengembang. Teknik ini dapat dilakukan sepanjang hari dalam waktu 5–10 menit atau lebih lama.

Beberapa teknik pernapasan untuk meredakan batuk di antaranya pernapasan diafragma, menarik napas panjang dan lambat, pernapasan bibir mengerucut, dan teknik pernapasan dalam yoga.

 

#2 – Tetap Menghidrasi Tubuh

Minum air yang cukup setiap harinya sangatlah penting untuk membantu meredakan batuk  akibat virus corona maupun batuk apa pun. Air dapat membuat tenggorokan menjadi lembap dan nyaman. Minumlah air sedikit demi sedikit sepanjang hari, jangan dilakukan sekaligus, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Bila sudah mulai batuk, minumlah sedikit cairan. Biasanya, hanya diperlukan beberapa teguk saja untuk menghilangkan batuk, tetapi kadang perlu minum lebih banyak untuk mengendalikannya. Dilansir NHS, bila tidak ada air di sekitar kamu, cobalah menelan ludah berulang kali jika sedang batuk. Sebab, menelan ludah dapat memiliki efek yang mirip dengan meneguk air.

Selain itu, disarankan untuk meminum minuman hangat yang dapat membantu melegakan tenggorokan – sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, serta membantu memecah lendir yang ada di bagian tenggorokan atau saluran napas bagian atas.

 

#3 – Berkumur Dengan Air Garam

Ini 5 Cara Sederhana Redakan Batuk Akibat Covid-19

Credit Image - halodoc.com

Seperti diterangkan di laman University of Maryland Medical System, air garam mungkin dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke satu gelas air hangat, aduk, lalu gunakan larutan untuk berkumur. 

Kemudian, usai berkumur dengan campuran air garam tersebut, buanglah – dan jangan ditelan, ya! Setelahnya, disinfeksi wastafel setelah berkumur. Walaupun cara ini belum terbukti secara ilmiah, tetapi banyak orang yang melaporkan kondisinya membaik setelah melakukannya. Jadi, tidak ada salahnya mencoba, lho.

 

#4 – Jika Mengalami Batuk Berdahak, Bisa Lakukan Cara Ini

Dahak merupakan cairan yang diproduksi sebagai bagian dari mekanisme pertahanan normal tubuh. Ini merupakan salah satu cara yang dilakukan paru-paru dan saluran udara agar tetap bersih. Meski telah sembuh dari Covid-19, tubuh mungkin masih memproduksi dahak, napas lebih berisik dari biasanya, dan mungkin sesekali masih merasakan sesak napas.

Menurut keterangan dari National Health Service (NHS), latihan pernapasan akan membantu membersihkan dahak secara efektif dan efisien guna mengatasi batuk berdahak. Ini cara melakukannya:

  1. Duduk tegak dan nyaman.
  2. Tarik napas dalam-dalam perlahan melalui hidung dan tahan di bagian atas selama 3 hitungan (jika bisa), kemudian lepaskan perlahan dari mulut. Ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali sebelum berlanjut ke langkah ketiga.
  3. Bernapas dengan lembut dan santai selama 20-30 detik – atau kontrol pernapasan.
  4. Ulangi langkah kedua dan ketiga sebanyak tiga kali.
  5. Tarik napas dalam-dalam perlahan melalui hidung, kemudian embuskan udara dengan cepat melalui mulut. Lakukan langkah ini sampai terdengar bunyi seperti "huff" saat mengembuskan napas.

Setelah sampai pada tahap kelima, ulangi kembali siklus pernapasan ini sebanyak 3–4 kali, sampai kamu merasa dahaknya telah berkurang atau hilang.

Kadang siklus ini bisa menyebabkan pusing. Bila kamu mengalaminya, berikan waktu yang cukup pada langkah ketiga, yakni saat mengontrol pernapasan menjadi lebih tenang. Kemudian, pada langkah kelima, melakukan "huff" harus dilakukan dengan embusan napas pendek atau tidak terlalu lama. Bila pusing berlanjut, berhenti melakukan siklus pernapasan ini.  

 

#5 – Memperoleh Asupan Vitamin yang Cukup

Ini 5 Cara Sederhana Redakan Batuk Akibat Covid-19

Credit Image - klikdokter.com

Mengatasi batuk juga bisa dilakukan dengan meningkatkan sistem kekebalan, sehingga mampu melawan virus dan bakteri secara maksimal. Dalam hal ini, imunitas tubuh bisa didongkrak dengan rutin mendapatkan asupan vitamin C – yang bisa diperoleh dari buah-buahan, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, buah berries, dan nanas.

Tak hanya itu, vitamin C juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active, lho.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, gimana, nih? Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai cara mudah mengatasi batuk akibat Covid-19, kan? Namun, jika kondisi batuk tak kunjung sembuh – bahkan semakin menyiksa, segera kunjungi fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

 

Featured Image – ciputralife.com

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!