Ini Lho 3 Vitamin yang Berperan Sebagai Imun Booster, Termasuk Vitamin C!

Ini Lho 3 Vitamin yang Berperan Sebagai Imun Booster, Termasuk Vitamin C!

Meningkatnya kasus Covid-19, terlebih infeksi varian terbaru, yakni Omicron memang menyebabkan kecemasan akan terpapar varian tersebut. Apalagi, kondisi cuaca yang tidak menentu membuat penyakit lebih mudah menular – mengingat, musim peralihan lebih mudah melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Agar tidak tertular berbagai macam penyakit, termasuk virus corona, kamu memerlukan imun booster yang bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh, lho. Selain dengan menerapkan pola makan sehat, rajin olahraga, serta mendapatkan waktu tidur yang cukup, kamu disarankan mengonsumsi sejumlah jenis vitamin.

Setidaknya ada tiga vitamin yang berperan sebagai imun booster – dan wajib kamu peroleh asupannya setiap hari. Apa saja vitamin yang dimaksud tersebut? Berikut informasi lengkapnya.

 

 

#1 – Vitamin C

Ini Lho 3 Vitamin yang Berperan Sebagai Imun Booster, Termasuk Vitamin C!

Credit Image - harappaimpex.com

Vitamin C merupakan mikronutrien yang esensial bagi manusia. Vitamin ini berperan untuk menyembuhkan luka, dan merupakan antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas berbahaya pada tubuh manusia.

Konsumsi vitamin C pun diperlukan untuk membentuk kolagen yang dibutuhkan di berbagai sistem tubuh, seperti saraf, sistem kekebalan, tulang, dan darah.

Sementara dalam hal meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat merangsang aktivitas produksi sel darah putih, yang meliputi limfosit dan fagosit. Kedua komponen ini diperlukan untuk menghasilkan antibodi.

Namun, tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C. Oleh sebab itu, nutrisi ini harus didapatkan dari makanan atau suplemen. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber makanan yang paling banyak mengandung vitamin C, seperti:

  • Berbagai jenis jeruk, seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali
  • Kiwi
  • Paprika
  • Stroberi
  • Tomat
  • Brokoli
  • Kubis
  • Kembang kol

 

#2 – Vitamin D

Ini Lho 3 Vitamin yang Berperan Sebagai Imun Booster, Termasuk Vitamin C!

Credit Image - thefishsite.com

Vitamin D merupakan vitamin yang unik karena dapat diproduksi oleh kulit hanya dengan bantuan paparan sinar matahari.

Menurut Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutics, vitamin D yang diproduksi di kulit dapat bertahan setidaknya dua kali lebih lama di dalam darah dibandingkan dengan vitamin D yang kamu konsumsi dari makanan maupun suplemen.

Meski begitu, asupan vitamin D yang kita dapatkan sebaiknya tidak hanya dari satu sumber saja. Selain dari berjemur di bawah sinar matahari langsung, pastikan tubuhmu mendapatkan asupan vitamin D dari makanan seperti ikan yang kaya akan minyak, seperti salmon, mackerel, dan herring, serta suplemen.

Asupan vitamin D yang cukup dapat membantu mengatur kalsium dan fosfat dalam tubuh. Kedua nutrisi ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Selain itu, vitamin D juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini turut berperan penting untuk meningkatkan respon imun, dan bersifat anti-inflamasi – atau peradangan yang mana sangat penting untuk pertahanan imunitas tubuh.

Bahkan, kekurangan vitamin D sering kali diasosiasikan dengan gangguan terkait kekebalan, seperti penyakit autoimun dan gangguan pernapasan.

 

#3 – Zinc

Ini Lho 3 Vitamin yang Berperan Sebagai Imun Booster, Termasuk Vitamin C!

Credit Image - nutritionadvance.com

Selama ini, zinc dikenal sebagai mineral yang berkontribusi dalam pembentukan struktur protein dan mengatur gen.

Nutrisi satu ini bisa didapatkan dari daging merah, hati ayam, susu dan keju. Maka dari itu, siapa pun yang menerapkan diet vegan rentan mengalami kekurangan zinc akibat berhenti mengonsumsi produk hewani. Tak perlu khawatir, asupan zinc tetap bisa didapatkan dari suplemen tambahan, kok.

Di masa pertumbuhan dan kehamilan, zinc juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak dan ibu hamil. Pasalnya, kekurangan zinc dapat menyebabkan beberapa masalah seperti gangguan pertumbuhan, malnutrisi, dan diare.

Selain itu, zinc juga berperan sebagai anti-virus, lho. Apakah kamu sudah mengetahui hal yang satu ini? Artinya, zinc dapat meningkatkan fungsi sel kekebalan untuk melawan infeksi virus atau mengurangi kemampuan replikasi virus.

 

#4 – Manfaat Mengonsumsi Vitamin Imun Booster

Pandemi Covid-19 memang membuat siapa pun menyadari pentingnya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, terutama nutrisi dengan efek imunomodulator – alias mampu memicu respon sistem kekebalan. Efek ini dapat mendukung pertahanan kekebalan alami tubuh jika terjadi infeksi virus atau lainnya.

Melansir penelitian University of São Paulo, beberapa nutrisi mikronutrien yang diyakini dapat memicu fungsi kekebalan dan mengurangi risiko infeksi adalah vitamin C, vitamin D, dan zinc. Aktivitas imunomodulasi ketiganya telah terbukti kuat dapat bekerja dengan baik. Bahkan, kekurangan asupan ketiga nutrisi tersebut dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Untuk memperoleh ketiga asupan nutrisi ini, selain mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan vitamin tersebut, kamu juga disarankan meminum multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk anak, kamu bisa berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D. Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah ketiga jenis vitamin yang berperan sebagai imun booster, terutama di masa pandemi Covid-19. Yuk, pastikan kamu sudah rutin mengonsumsinya!

 

 

Featured Image – eu.wholefoodsmarket.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!