5 Tips Membuat Makan Malam Bareng Keluarga Makin Seru

5 Tips Membuat Makan Malam Bareng Keluarga Makin Seru

Makan malam bersama merupakan suatu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Tak hanya membuat anggota keluarga bisa semakin dekat satu sama lain, namun kegiatan ini juga bisa memberikan dampak baik lainnya, termasuk mendukung pertumbuhan Si Kecil, lho. Apakah moms sudah mengetahuinya?

Dalam sebuah penelitian yang ditulis oleh Diane Beals, Ed.D dari Universitas Tusla dan Patton Tabors, Ed.D dari Harvard menjelaskan bahwa percakapan makan malam bisa mengajarkan anak untuk memperkaya kosa kata. Manfaat ini diperoleh dari kebiasaan mengobrol.

Tak sekedar ketika makan saja, namun moms bisa mendekatkan diri dengan anak ketika membuat makan malam untuk keluarga, lho. Sejumlah tips berikut ini juga bisa menjadikan momen tersebut makin seru. Penasaran, apa saja yang bisa dilakukan?

Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini, moms!

 

 

Sesuaikan Waktu Makan Malam Dengan Anggota Keluarga

5 Tips Membuat Makan Malam Bareng Keluarga Makin Seru

Credit Image - aura.tabloidbintang.com

65 persen keluarga dengan anak di bawah enam tahun biasanya akan menerapkan makan malam bersama selama lima hari atau satu minggu. Namun, persentasenya akan turun menjadi 50 persen untuk keluarga yang memiliki anak berusia 12 hingga 17 tahun.

Menurut Dr. Ben Silliman, Ph.D., spesialis kehidupan keluarga di Layanan Perluasan Koperasi Universitas Wyoming, makan bersama sesering mungkin dapat menjadi solusi untuk mendekatkan seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, makan malam perlu dibuat semaksimal mungkin agar dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan. 

Bahkan satu malam dalam seminggu saja mampu memberi kesempatan pada anggota keluarga agar lebih terhubung. Maka dari itu, penting sekali untuk membuat jadwal makan malam bersama agar tercipta hubungan yang harmonis.  

 

Sesekali Bisa Makan di Restoran

Mungkin moms tidak ingin selalu menghabiskan banyak uang untuk membawa keluarga ke restoran mewah, tetapi sesekali makan di restoran cepat saji bisa menjadi solusi ketika sedang terdesak, lho. Hal ini juga bisa memberikan suasana baru – sehingga, anggota keluarga tak bosan.

Makan di restoran cepat saji pun dapat memberikan suasana baru untuk keluarga, apalagi seringkali disukai anak-anak, karena mereka bisa bepergian. 

Dr. William Doherty, Ph.D., seorang penulis The Intentional Family mengatakan bahwa makan malam di tempat umum membuat perilaku anggota keluarga menjadi lebih baik, bahkan menciptakan pengalaman makan malam menjadi lebih menyenangkan. Menurutnya makan malam di luar rumah bisa menciptakan banyak percakapan baru yang menarik. 

 

Siapkan Makan Malam Bersama-Sama

5 Tips Membuat Makan Malam Bareng Keluarga Makin Seru

Credit Image - kumparan.com

Menyiapkan sesuatu yang nikmat di dapur dan merapikan meja makan keluarga memang menjadi sebuah aktivitas saat sedang menyiapkan makan malam. Jika moms ingin membuat suasana baru yang lebih menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk berbagi tugas dengan anggota keluarga yang lain. 

Pasangan dan anak-anak dapat diberikan tugas, namun tetap sesuaikan dengan kemampuan Si Kecil, ya. Beberapa pekerjaan yang bisa dibagi seperti mengatur meja makan, menuang minuman atau mencuci piring. 

Tak bisa dipungkiri, makan malam bersama keluarga tidak akan terasa menyenangkan, apabilan hanya ada satu anggota keluarga saja yang bekerja dan terbebani.

 

Jka Waktu Malam Tak Teratur, Maka Gantilah di Waktu Lainnya

Tom Price dengan istrinya, Susan Crites Price menulis sebuah buku tentang Bantuan Orangtua yang Bekerja. Dalam buku tersebut, ia menyarankan variasi waktu ketika sedang menjalani makan malam. Misalnya, jika Ayah tidak pulang sampai jam 20:00, maka moms dan anak-anak baru akan menikmati makan malam bersama sampai adanya hidangan penutup.

Selain itu, kamu juga bisa memilih waktu, seperti makan siang – atau sarapan agar lebih efektif. Dengan demikian, keluarga dapat duduk dan menikmati hidangan bersama. Cara ini bisa kamu terapkan apabila jadwal makan malam keluarga tidak teratur.

 

Budaya Keluarga Tak Harus Dibangun Dengan Makan Malam Saja

5 Tips Membuat Makan Malam Bareng Keluarga Makin Seru

Credit Image - parenting.co.id

Makan malam bersama bukanlah satu-satunya cara agar budaya keluarga dapat diciptakan. Hal terpenting yang bisa dirasakan, yakni agar anggota keluarga bisa berupaya untuk berkumpul bersama secara teratur.

Selain itu, bisa fokus berbicara dengan anggota keluarga lain tanpa terganggu oleh TV, telepon atau video game. Mendekatkan hubungan anggota keluarga tidak harus dilakukan dengan cara yang mewah dan rumit, kok. Makan malam bersama keluarga yang menyenangkan pun bisa dilakukan dari hal-hal sederhana. 

Menjaga kesehatan keluarga nyatanya dapat dimulai dengan membuat makan malam untuk keluarga, hingga menyantapnya bersama-sama, moms. Namun, yang tidak kalah pentingnya, pastikan anggota keluarga sudah memperoleh asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Untuk orangtua – maupun dewasa, disarankan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Pastinya, kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan fungsi otakmu, ya. Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks pada  Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Dan untuk anak-anak, moms bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Itulah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk membuat momen makan makan keluarga menjadi lebih seru. Yuk, mulai diterapkan, moms!

 

 

Featured Image – food.detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!