Yuk, Kenali Pentingnya Vitamin C Untuk Minimalisir Risiko Gangguan Pernapasan

Yuk, Kenali Pentingnya Vitamin C Untuk Minimalisir Risiko Gangguan Pernapasan

font size A Ǎ

Seperti diketahui, vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh. Ini termasuk antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga kerusakan akibat radikal bebas bisa dihindari.

Selain itu, antioksidan dalam vitamin C juga dapat menurunkan peradangan di dalam tubuh – dan akhirnya meningkatkan sistem kekebalan. Lebih dari ini, vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pernapasan, lho.

Manfaat yang satu ini penting, mengingat masih maraknya penularan Covid-19 yang menyerang saluran pernapasan. Namun, apa peran vitamin C dalam menjaga sistem pernapasan? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Vitamin C Dapat Bantu Hindari Gangguan Pernapasan

Yuk, Kenali Pentingnya Vitamin C Untuk Minimalisir Risiko Gangguan Pernapasan

Credit Image - health.kompas.com

Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa vitamin C tidak menurunkan risiko terkena flu, tetapi membuat kamu lebih cepat sembuh dan membuat gejala-gejala menjadi lebih ringan.

Lalu, ada juga bukti ilmiah yang menyatakan bahwa vitamin C dosis tinggi atau yang disuntikan melalui pembuluh darah dapat menurunkan peradangan pada paru-paru, khususnya pada penyakit respirasi yang parah yang disebabkan oleh H1N1 atau virus lainnya.

Lebih lanjut, dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Chinese Journal of Infection DiseasesShanghai Medical Association menyetujui penggunaan vitamin C dosis tinggi untuk pengobatan pasien dengan Covid-19.

Dosis yang lebih tinggi dibandingkan rekomendasi harian disarankan untuk diberikan melalui vena guna meningkatkan fungsi paru-paru, yang dapat membantu menghindari penggunaan ventilator.

Penelitian lainnya menemukan gabungan vitamin C oral dengan vena membantu pasien yang dirawat di ICU dengan menurunkan waktu rawat sebesar 8 persen, dan menurunkan durasi penggunaan ventilator sebesar 18,2 persen. 

 

Vitamin C Juga Penting Dikonsumsi Selama Pandemi

Yuk, Kenali Pentingnya Vitamin C Untuk Minimalisir Risiko Gangguan Pernapasan

Credit Image - halalcorner.id

Seperti yang sudah dijelaskan, antioksidan yang terkandung di dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Karena itu, penting bagimu untuk mengonsumsi vitamin C secara cukup setiap harinya, apalagi di masa pandemi.

Tak hanya membantu meningkatkan imunitas, vitamin C juga dapat membantu penyerapan zinc. Keduanya merupakan kombinasi terbaik, lho. Mengapa demikian? Karena, jika vitamin C dan zinc dikonsumsi secara bersamaan, maka manfaatnya pun lebih terasa.

Sebagian orang hanya mungkin hanya mengutamakan sumber asupan vitamin C, tanpa memperhatikan asupan zinc. Padahal, asupan zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C, jika dikonsumsi bersamaan.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin C, Konsumsi Sejumlah Sumber Ini

Yuk, Kenali Pentingnya Vitamin C Untuk Minimalisir Risiko Gangguan Pernapasan

Credit Image - jovee.id

Sejatinya, kamu dapat menemukan kandungan vitamin C pada buah dan sayur. Untuk buah kaya akan vitamin C – kamu bisa mengonsumsi:

  • Jeruk
  • Jambu biji
  • Buah lemon
  • Pepaya
  • Kiwi
  • Strawberry
  • Blueberry
  • Nanas
  • Leci
  • Mangga

Sedangkan, untuk sayur kamu bisa temukan kandungan vitamin C pada jenis sayur yang mudah ditemukan seperti berikut:

  • Cabai merah
  • Kangkung
  • Brokoli
  • Kale
  • Paprika merah dan hijau
  • Kubis
  • Bayam
  • Kembang kol

Yang perlu kamu ketahui – kamu mesti memperhatikan proses pengolahan sayuran yang mengandung vitamin C. Jika tidak, kandungan vitaminnya justru dapat hilang. Pastikan, kamu mengolah sayur dengan suhu rendah dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi risiko vitamin C yang terbuang.

Untuk memaksimalkan pencukupan kebutuhan vitamin dan mineral harian, termasuk vitamin C, kamu disarankan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Itulah informasi mengenai manfaat vitamin C untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan. Jadi, pastikan kamu mengonsumsinya setiap hari, ya!

 

 

Featured Image – fimela.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!