Orang sehat tidak hanya sekedar bebas dari penyakit fisik, tetapi kesehatan mental juga menentukan kesehatan manusia secara utuh. Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan adalah kondisi fisik, mental, dan sosial yang lengkap.

Kesehatan mental adalah hal yang mendasar bagi kemampuan manusia untuk berpikir, berkembang, berekspresi, berinteraksi, dan menikmati hidup. Inilah alasan kenapa kamu harus menjaga kesehatan mentalmu.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, di antaranya adalah riwayat gangguan mental dalam keluarga, pengalaman hidup, gaya hidup, serta beban pikiran. Riwayat kekerasan, baik secara fisik atau verbal, dan tuntutan sosial ekonomi merupakan hal- hal yang sering menjadi penyebab terjadinya gangguan pada kesehatan mental.

Credit: Tribunnews

Tanda- tanda yang bisa menunjukkan ketika seseorang memiliki risiko terhadap gangguan kesehatan mental yaitu sebagai berikut:

  • Menunjuukan perubahan kepribadian.
  • Mengalami kecemasan, amarah, dan perubahan suasana hati.
  • Menarik diri dari lingkungan sosial
  • Melakukan hal- hal berbahaya dan hilangnya kemampuan dalam mengurus diri.
  • Merasa putus asa dan kewalahan

Cara menjaga dan memperbaiki kesehatan mental

1. Mengelola stress

Credit: Alodokter

Stress memang sulit untuk dihindari, tapi bisa diatasi. Kamu bisa mengelola stress dengan melakukan jalan santai di luar ruangan, berolahraga, melakukan meditasi, bertukar pikiran dengan sahabat, atau menulis buku harian. Hal- hal ini bisa membantu pikiranmu jadi lebih tenang.

3. Tetapkan tujuan yang realistis

Credit: eacpe.org

Tetapkan tujuanmu dengan realistis, baik tujuan pribadi maupun yang berhubungan dengan pekerjaan. Memahami apa tujuan hidupmu akan membuat kamu lebih terarah dalam menentukan cara mencapai tujuan tersebut.

4. Berkumpul dengan orang yang mendukungmu

Credit: Medcom.id

Orang yang punya hubungan sosial yang sehat terbukti mengalami lebih sedikit gangguan kesehatan. Menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan teman dekat atau keluarga dapat membantumu melepaskan rasa penat. Kamu bisa meluapkan emosi, atau berbagi cerita sehingga kamu bisa mendapatkan saran serta dukungan dari mereka.

5. Melakukan hal baru

Credit: Lifestyle Okezone

Rutinitas yang begitu- begitu saja dapat membuatmu mudah stress. Cobalah untuk melakukan hal- hal baru, seperti sekedar mengganti rute perjalanan dari kantor ke rumah, atau memperbarui penampilan. Melakukan hal baru dapat menyegarkan pikiranmu, dan membuat kamu jadi lebih semangat dalam menjalani hari.

6. Merawat kesehatan tubuh

Credit: 1health.id

Kesehatan mental tentu sangat bergantung pada caramu merawat diri. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat, istirahat, berolahraga, minum air putih yang cukup, dan menghindari berbagai kebiasaan buruk, seperti kurang tidur, merokok, atau sering mengonsumsi alcohol.

Jika kondisimu belum juga membaik dengan cara- cara ini, kamu bisa meminta bantuan kepada psikolog atau psikiater. Dengan bantuan professional, masalahmu dapat diketahui dan ditangani secara tepat, sehingga kesehatan mentalmu dapat kembali pulih.

 

Featured Image - Unsplash.com/@christnerfurt