Deretan Skill yang Tak Bisa Digantikan Oleh Teknologi, Apa Saja?

Deretan Skill yang Tak Bisa Digantikan Oleh Teknologi, Apa Saja?

font size A Ǎ

Seperti yang sudah diketahui, di zaman sekarang ini teknologi semakin berkembang pesat. Beriringan dengan hal tersebut, sudah banyak sekali beragam keahlian manusia yang akhirnya tergantingan dengan teknologi. Ya, bisa dibilang beberapa profesi berpotensi punah.

Meski demikian, nyatanya teknologi tak selalu mampu menggantikan skill yang dimiliki manusia, kok. Tapi, kalau kamu ingin terus beradaptasi dengan dunia kerja yang cepat berevolusi, pastikan kamu sudah mengasah beragam kemampuan berikut ini, ya.

Lantas, apa saja sih skill yang tak bisa digantikan teknologi tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

Rasa Empati

Deretan Skill yang Tak Bisa Digantikan Oleh Teknologi, Apa Saja?

Credit Image - alodokter.com

Skill pertama yang tidak bisa tergantikan teknologi adalah empati. Seberapa canggih pun teknologi berkembang di masa depan, kecerdasan buatan tidak akan dapat mempelajari bagaimana manusia mengolah empati.

Empati sendiri merupakan salah satu hal yang membuatmu menjadi manusia, lho. Meskipun robot atau teknologi lainnya akan bisa melakukan pekerjaan seperti manusia, mereka hanya mengikuti program yang sudah dibuat.

Robot tak bisa membuat keputusan di luar itu. Terlebih lagi, robot juga tidak bisa menunjukkan emosi dan memahami manusia sedalam itu menggunakan empati.

 

Kreativitas

Sekali lagi, skill ini tidak akan tergantikan teknologi karena tidak bisa direplikasi kecerdasan buatan. Ingatlah bahwa kreativitas dan imajinasi hanya dimiliki manusia, ya. Cuma manusia yang mampu menciptakan penemuan baru, ide-ide menarik, dan karya seni.

Memang, saat ini sudah ada beberapa kecerdasan buatan yang mampu mempelajari bagaimana caranya menghasilkan karya seni. Akan tetapi, pada akhirnya akan ada batas kreativitas dari teknologi tersebut.

Sementara itu, kreativitas dibutuhkan di banyak pekerjaan, bukan hanya yang berhubungan dengan seni. Jadi, mengasah hal ini sangat penting. Walaupun ada beberapa orang yang terlahir dengan kreativitas lebih, namun kamu masih tetap bisa mengasahnya, kok!

 

Manajemen Teknologi

Deretan Skill yang Tak Bisa Digantikan Oleh Teknologi, Apa Saja?

Credit Image - trainingkomputer.co.id

Nah, supaya kamu bisa cepat mempelajari teknologi-teknologi baru yang akan terus bermunculan, skill manajemen teknologi juga sangat dibutuhkan. Pasalnya, meskipun, misalnya pekerjaan akuntan menghilang karena teknologi, mesin-mesin masih butuh manusia untuk memantau kerjanya.

Dengan skill manajemen teknologi, kamu akan tetap punya kesempatan memiliki posisi di dunia kerja modern. Selain itu, semakin cakap kamu dengan teknologi, akan semakin cepat juga kamu belajar toolstools baru. Karena, bukan tak mungkin suatu hari kamu bisa mendapat kesempatan bekerja di bidang teknologi, lho.

 

Komunikasi

Kamu pasti setuju kalau komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang tidak dapat diambil alih oleh teknologi – alias dibuat menjadi automatisasi. Pasalnya, setiap komunikasi yang terjadi sehari-hari memiliki skenario yang berbeda.

Nah, yang wajib kamu ketahui, komunikasi efektif juga termasuk dalam seni, lho. Hanya manusia yang bisa mengambil keputusan paling tepat dalam sebuah komunikasi. Selain itu, komunikasi juga melibatkan pengolahan emosi yang kompleks. Tentu saja, hal ini terlalu sulit dilakukan oleh mesin, kan?

 

Penilaian         

Deretan Skill yang Tak Bisa Digantikan Oleh Teknologi, Apa Saja?

Credit Image - qubisa.com

Penilaian yang dimaksud adalah seperti penilaian atau pengambilan keputusan yang dilakukan seorang hakim di persidangan. Jadi, tidak semua dalam kehidupan ini bersifat hitam dan putih. Tetapi, setiap aspek membutuhkan proses pikir yang lebih panjang, sehingga bisa mendapat keputusan terbaik.

Selai itu, hal ini juga berlaku untuk resolusi konflik, negosiasi, argumentasi, dan hal serupa lainnya. Dalam berbagai profesi, hal-hal tersebut tentu sering ditemukan dan perlu diselesaikan oleh manusia.

 

Perencanaan – Penyusunan Strategi

Kemampuan terakhir yang tak bisa tergantikan oleh teknologi adalah soal perencanaan dan penyusunan strategi. Terkadang, mesin yang cerdas seakan-akan terlihat mampu Menyusun strategi. Padahal, teknologi hanya mengacu pada perintah-perintah yang disusun oleh kode.

Tindakan yang diambil oleh mesin hanya berdasarkan aturan logis saja. Untuk menyusun rencana dan strategi, dibutuhkan manusia yang mampu mengevaluasi variabel-variabel yang terlibat dalam suatu permasalahan. Tidak hanya itu, manusia juga mampu mengambil keputusan yang tepat jika dihadapkan kendala.

Agar kamu bisa terus bersaing dalam dunia kerja, pastikan sudah mengasah beragam kemampuan tersebut, ya. Biar proses belajar skill semakin maksimal, kamu juga harus menjaga tubuh dalam keadaan prima, lho. Kalau tidak, kegiatan belajar pun dapat terganggu. Benar, kan?

Untuk itu, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – multivitamin yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang membantu menjaga stamina, sehingga tubuhmu tidak mudah lelah. Pastinya, Enervon Active juga dapat mempertahankan kekebalan agar tetap kuat, ya.

Selain itu, multivitamin Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya, lho.

Untuk memperoleh produk Enervon Active kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Wah, itulah keenam skill yang nyatanya tidak bisa tergantikan oleh teknologi. Mulai sekarang, yuk, latih terus sejumlah kemampuan di atas!

 

 

Featured Image – edukatama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!