5 Tips Aman Bepergian Keluar Negeri, Tetap Aman dan Nyaman!

5 Tips Aman Bepergian Keluar Negeri, Tetap Aman dan Nyaman!

font size A Ǎ

Apakah dalam waktu dekat ini kamu berencana untuk bepergian keluar negeri? Mengingat, pembatasan berbagai negara sudah mulai dilonggarkan, tak heran banyak orang yang berniat untuk melakukan traveling.

Ketika bepergian ke tempat yang berbeda, penting sekali untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri, lho. Nah, biar perjalanan lebih aman serta terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan.

Berikut ini 5 tips aman bepergian, termasuk keluar negeri. Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Riset Perjalanan

5 Tips Aman Bepergian Keluar Negeri, Tetap Aman dan Nyaman!

Credit Image - cloudinesia.com

Sebelum kamu bepergian, pastikan kamu sudah melakukan riset mengenai kota atau negara tujuan bepergianmu. Tentukan tempat menginap yang tempat dan kenalilah lingkungan seperti apa yang akan kamu tuju. Langkah ini paling penting diterapkan – dan jangan sampai terlewat, ya!

Hal ini berguna supaya kamu dapat mengetahui dan beradaptasi dengan baik terhadap situasi lingkungan dan kebudayaan yang ada di sana. Kamu bisa melakukannya dengan membaca ulasan wisatawan, blog dari traveler, atau berkonsultasi dengan penduduk setempat.

 

#2 – Hindari Menarik Perhatian

Jangan menarik perhatian pada diri sendiri dengan mengenakan pakaian yang mencolok atau perhiasan berlebih. Hal ini karena dapat memicu para penipu atau perampok untuk bertindak jahat pada dirimu.

Berpakaianlah sewajarnya. Selain itu, kamu bisa juga membawa alat-alat pelindung diri yang dapat membantu kamu di saat terjadi hal yang tidak menyenangkan selama bepergian.

Selain itu, ketika bepergian kamu juga dianjurkan tetap berkomunikasi dengan keluarga maupun teman, lho. Jadi, terlepas dari keberadaanmu, tak hanya menghindari menarik perhatian, kamu juga perlu menjaga kontak dengan orang terdekat.

Hal tersebut dilakukan agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan, setidaknya kerabat bisa mengetahui lokasi terakhir yang mungkin dapat membantumu dalam keadaan genting.

 

#3 – Buat Salinan Dokumen Penting

5 Tips Aman Bepergian Keluar Negeri, Tetap Aman dan Nyaman!

Credit Image - id.usembassy.gov

Pastikan kamu memiliki banyak salinan dokumen perjalanan dan kartu kredit. Pisahkan dokumen yang asli dari salinan saat bepergian. Tinggalkan setumpuk salinan lain di rumah atau dengan teman tepercaya.

Kamu mungkin memerlukan paspor, SIM, atau bentuk identifikasi lainnya kapan saja. Dokumen yang dipindai paling baik disimpan secara online, tetapi kamu juga harus mencetak salinannya. Hal ini supaya jika kamu pulang, maka kamu tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan dokumentasi yang tepat.

 

#4 – Jangan Lupa, Amankan Kamar Hotel

Hotel memang memiliki protokol keamanan yang ketat, tetapi kamu masih perlu mengambil langkah-langkah untuk membuat kamarmu lebih aman. Pastikan untuk selalu mengunci pintu, jendela, dan kunci gerendel sebelum pergi. Ada jammer yang bisa diletakkan di bawah pintu sebagai lapisan perlindungan ekstra.

Saat kamu tidak berada di kamar, buatlah seolah-olah kamu berada di sana dengan memasang tanda di pintu dan tutup tirai atau jendela. Bahkan jika ada yang mengaku dari petugas hotel, jangan biarkan orang asing masuk ke kamarmu, kecuali jika seseorang telah diperintahkan untuk datang ke kamarmu sebelumnya atas pesanan kamu sendiri.

 

#5 – Tetap Jaga Kesehatan Fisik

5 Tips Aman Bepergian Keluar Negeri, Tetap Aman dan Nyaman!

Credit Image - travel.okezone.com

Kondisi kesehatan menjadi hal yang terpenting saat bepergian. Pastikan saat traveling badanmu dalam kondisi fit dan bugar. Apabila kamu merasa kurang fit sehari sebelum waktu pergi, disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan. Karena jika kamu memaksakan badanmu untuk tetap pergi, dikhawatirkan kondisimu semakin memburuk karena kurang istirahat.

Saat solo traveling, kamu hanya bisa mengandalkan dirimu sendiri. Oleh karena itu jangan sampai kamu jatuh sakit saat traveling.

Selain itu, selama bepergian pastikan kamu juga membawa perbekalan vitamin, termasuk berupa multivitamin yang dapat membantu menjaga kebugaran dan imunitas. Dengan demikian, tubuh tidak rentan sakit.

Tapi, suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon secara rutin.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

 

Nah, itulah kelima tips bepergian aman dan nyaman, apalagi kalau kamu akan traveling keluar negeri. Jangan lupa untuk diterapkan, ya!

 

 

Featured Image – kepri.harianhaluan.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!