Apakah sekarang kamu tengah tim kerja. Ingat, bekerja sama yang baik sangat diperlukan, lho.

Dimana pun kamu bekerja, perusahaan pasti akan menekankan setiap orang untuk bisa bekerja sama. Hal ini dapat membantu kamu lebih dekat dengan rekan kerja, bisa mendapat perspektif yang berbeda, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Lalu, gimana caranya bekerja sama di tempat baru? Kali Enervon bakal kasih 7 tipsnya – yang juga bisa membuatmu mudah betah di kantor terbaru. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Mulailah Dengan Baik

Credit Image - kompasiana.com

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Akan sulit bagimu untuk bekerja sama jika belum kenal siapa yang akan jadi partner di lingkungan kerja baru. Berkenalan adalah tahap paling awal kamu membawa diri ke tempat baru, tentu butuh cara yang tepat supaya kamu diterima masuk ke tempat itu.

Setelah tahu dengan siapa kamu bakal berhubungan intens di kantor, jangan lupa untuk meminta kontak kerja mereka, ya. Biasanya tim di kantor baru juga akan menentukan waktu untuk pertemuan internal dan memberi info lebih detail soal posisi dan tanggung jawabmu.

Selain itu, jika diajak untuk kegiatan bersama seperti makan siang, tidak ada salahnya untuk ikut bergabung, lho, supaya bisa mengetahui rekan kerjamu lebih baik.

 

#2 – Bertanya Soal Target

Tiap perusahaan tentu punya target yang sudah ditentukan, lalu dibagi ke masing-masing divisi sesuai fungsinya. Tentunya, akan ada tuntutan supaya target tersebut tercapai. Sebagai anak baru, apapun posisinya, kamu perlu tahu target yang diharapkan. Oleh karena itu, ketika ada penjelasan soal target, simaklah dengan baik.

Hal ini dapat membantumu untuk mengetahui siapa saja orang-orang yang akan bekerja sama denganmu. Baik dari divisi sendiri maupun yang lain. Lalu, cobalah untuk membangun relasi harmonis dengan orang dari divisi lain supaya kamu bisa bekerja dengan nyaman dan target pekerjaanmu tercapai.

 

#3 – Dengarkan Metode Terbaik Versi Senior

Credit Image - generali.co.id

Saat menjelaskan soal target, biasanya partner kerja juga akan menjelaskan ke staf baru tentang gaya bekerja timnya. Nah, pastikan selalu dengarkan dan cermati informasinya sebelum kamu dapat bekerja sama dengan rekan kerja.

Jika tidak diberitahu preference tim ketika bekerja, ada baiknya kamu bertanya supaya tidak salah bersikap saat mengerjakan pekerjaan. Setelah itu, coba untuk beradaptasi dengan gaya bekerja tim. Kamu juga bisa menanyakan apa yang perlu kamu bantu dan tugas yang bisa dibagi sehingga kamu bisa berkontribusi.

 

#4 – Hindari Memperlakukan Rekan Kerja Layaknya Anak Kecil

Hal yang perlu diperhatikan ketika bekerja sama adalah dengan tidak memberi perlakuan maupun supervisi terlalu ketat seperti anak kecil, termasuk dengan memberikan respect ke seluruh rekan kerja. Sehingga, hal ini menghindari terjadinya konflik di kantor.

Cara lain untuk bisa melakukan kerja sama dengan baik adalah dengan memberi deadline bagi staf maupun atasan pada setiap pekerjaan yang dilakukan. Hal ini memastikan bahwa setiap orang dapat bertindak secara profesional dan juga menghasilkan pekerjaan yang optimal.

Hal ini juga dapat membuatmu terhindar dari sikap supervisi terlalu ketat yang dapat membuat rekan kerja merasa tidak nyaman saat bekerja.

 

#5 – Kelola Emosi Dengan Baik

Credit Image - roomme.id

Bekerja dengan individu lain apalagi dalam jumlah banyak menuntutmu untuk tidak mudah tersulut emosi. Ingat, ini kantor baru dengan tim, atasan, atau bawahan yang belum kamu kenal. Karena itu, cobalah bekerja sama supaya bisa mengenal rekan kerja lebih baik lagi.

Lalu, jika ada rekan kerja yang memiliki pendapat berbeda, jangan tersulut emosi dan kamu musuhi. Justru, lakukan observasi supaya kamu bisa bekerja sama dengan baik bersamannya. Dengan mengatur emosi, kamu juga akan terhindar dari membuat musuh di kantor baru, lho.

 

#6 – Berikan Quality Time Untuk Diri Sendiri

Bekerja sama dengan tim dan kantor baru akan terasa melelahkan. Setuju, kan? Karena itu, berikan ruang untuk diri sendiri supaya bisa bekerja secara optimal.

Carilah ruang atau waktu supaya bisa beristirahat di sela kesibukan hari kerja. Hal ini membantumu untuk recharge dan mengembalikan semangat bekerja. Hal ini penting terlebih jika kamu adalah seseorang dengan kepribadian introvert.

Mencari waktu untuk diri sendiri dapat membantumu untuk bisa tetap bekerja secara maksimal di lingkungan kantor yang baru.

 

#7 – Pastikan Stamina Selalu Terjaga

Credit Image - greatdayhr.com

Beradaptasi di lingkungan baru memang bisa menghabiskan banyak tenaga, lho. Agar kegiatan bekerja tak terhambat, pastikan kamu sudah menjaga stamina dengan baik – salah satunya dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral.

Kedua nutrisi ini bisa diperoleh dari multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu tersebut mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang membantu menjaga stamina, sehingga tubuhmu tidak mudah lelah. Pastinya, Enervon Active juga dapat mempertahankan kekebalan agar tetap kuat, ya.

Selain itu, multivitamin Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya, lho.

Untuk memperoleh produk Enervon Active kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Itulah ketujuh tips agar mudah bekerja sama dengan tim di kantor baru. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – blog.ivoji.id