Saat ini, penularan virus corona varian Omicron semakin masif. Angka positifnya pun terus meningkat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Salah satu gejala umum yang sering dialami pasien terinfeksi varian Omicron, yaitu batuk-batuk.

Kondisi tersebut terkadang tidak berhenti, kemudian menyebabkan rasa sesak – atau nyeri pada bagian dada. Spesialis kesehatan paru-paru dr Rania Imaniar, SpP, dari Rumah Sakit Universitas Indonesia menjelaskan cara meminimalisir rasa sesak dada akibat batuk pada pasien Omicron.

Berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

Gejala Umum Varian Omicron

Credit Image - halodoc.com

Varian Omicron bisa menyebabkan berbagai gejala, namun ini masih tergolong ringan. Ada pun sejumlah indikasi tersebut, yaitu:

  • Nyeri otot
  • Kelelahan ekstrem
  • Tidak enak badan
  • Sakit kepala

Deretan gejala tersebut terbilang berbeda, meskipun masih tergolong ringan jika dibandingkan dengan kasus yang sebelumnya. Meski demikian, batuk juga seringkali dirasakan. Sementara itu, WHO memastikan bahwa varian ini dapat memicu reinfeksi – artinya, bagi yang sudah pernah terpapar, maka ada risiko terjangkit kembali.

 

Cara Mengatasi Gejala Batuk Akibat Omicron

Bagi pasien Omicron yang mengalami gejala batuk, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk membantu meredakannya. Jadi, ketika batuk, cobalah membungkukkan badan, kemudian di bagian perut taruh di bantal.

Misalnya, posisi sedang duduk agak bungkuk, perut ditaruh bantal, kemudian kamu batuk sambil siku menekan ke bantal yang ada di perut. Belajar cara batuk yang benar dapat membantu mengurangi rasa sesak napas.

Jika batuk yang juga disertai nyeri di tenggorokan, seseorang bisa berkumur dengan campuran air hangat dan garam. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.

 

Waspadai, Varian Omicron Punya Mutasi Tinggi

Credit Image - alodokter.com

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa varian Omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan – tepatnya tanggal 9 November silam. Dengan teridentifikasinya varian tersebut, maka WHO pun memasukan Omicron ke dalam variant of concern.

Disebut juga sebagai VoC, ini merupakan varian yang menjadi perhatian karena memiliki tingkat penularan yang tinggi, virulensi tinggi, serta disebut bisa menurunkan efektivitas diagnosis, serta vaksin yang tersedia.

Berdasarkan informasi dari CDC di Eropa, varian Omicron berpotensi dapat lolos dari kekebalan vaksin, bahkan disebut lebih mudah menular dibanding varian Delta – yang sebelumnya sempat mendominasi kasus Covid-19 di dunia.

Yang menjadi kekhawatiran saat ini, yakni varian Omicron diketahui memiliki jumlah mutasi yang sangat tinggi, hingga melebihi 30 sel kunci protein spike.

Jumlah mutasi tersebut tidak biasa, apalagi kalau dibandingkan dengan varian Covid-19 lainnya yang sudah bermunculan. Dengan tingginya jumlah mutasi, para ilmuwan pun khawatir bahwa Omicron bisa mudah menular – dan mengurangi kekebalan imun.

 

Yuk, Terus Lakukan Protokol Kesehatan!

Diketahui, varian Omicron sudah terdeteksi di Indonesia, untuk itu, terus lakukan protokol kesehatan – dan jaga selalu kesehatan tubuh. Mencegah lebih baik dari mengobati, lho.

Pastikan kamu sudah disiplin dalam rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, hingga membatasi mobilitas – apalagi kalau bukan karena urusan yang mendesak.

Biar perlindungan diri semakin optimal, kamu disarankan untuk Enervon-C.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama, lho!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon-C, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah informasi mengenai cara mengatasi rasa sesak dada karena batuk akibat varian Omicron.

 

 

Featured Image – ernearmetx.com

Source – detik.com